Menikah Menambah Rezeki, Apa Benar Begitu? Begini Penjelasan Logisnya


Menikah Menambah Rezeki, Apa Benar Begitu? Begini Penjelasan Logisnya

“Menikah lah dulu nanti ada aja itu rezeki istri, dan rezeki anak, gak usah takut”. Kalian pasti sering mendengar kata kata itu, ya banyak orang tua kita yang beranggapan demikian, mereka berkata seperti itu agar anaknya mau segera menikah dan mengilangkan rasa takut akan ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan setelah menikah dan punya anak nanti

Tapi apakah benar menikah bisa membawa rezeki? Jika kita lihat dari kejadian kejadian yang sudah ada banyak sekali orang orang yang menikah muda dan berujung dengan perceraian, penyebab utamanya karena masalah ekonomi, kepala keluarga yang belum jelas pekerjaannya tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

Jadi darimananya menikah membawa rezeki? Baiklah coba kita telaah darimana para orang tua bisa menyimpulkan seperti itu.

1. Dengan adanya keluarga yang harus dipenuhi kebutuhannya, semangat mencari uang akan terpicu

Menjadi lebih bersemangat menjemput rezeki karena adanya rasa tanggung jawab

Setelah menikah kebutuhan akan bertambah, mulai dari kebutuhan akan tempat tinggal, kebutuhan dapur, jika sudah punya anak akan ada keperluan untuk anak, keperluan sekolah dan lain – lain.

Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi maka rumah tangga tidak dapat berjalan dengan baik.

Inilah yang memberikan dorongan kepada kepala rumah tangga untuk bekerja lebih keras, mencari sumber pendapatan lain, dan juga memulai side hustle untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarganya, bahkan di zaman modern ini sudah banyak para istri yang ikut membantu suaminya mencari rezeki dengan cara bekerja kantoran, maupun ikut menjalankan usaha

2. Menikah akan memperluas relasi dan membuka peluang peluang baru

Semakin banyak relasi, semakin banyak pintu yang bisa dimasuki

Setelah menikah kita akan menjadi anggota keluarga dari pasangan yang akan membuat kita bisa menjangkau kesempatan kesempatan baru, misalnya paman pasangan kita bekerja di sebuah perusahaan dan dengan relasi tersebut kita bisa ikut bekerja di perusahaan yg sama, atau Kakak dari pasangan memilki sebuah usaha dagang dan mau mengajari kita tips dan cara cara berdagang.

3. Menikah memaksa kita menjadi pribadi yang lebih mandiri, lebih kuat, dan harus bisa menopang diri sendiri

Berkeluarga memaksa untuk jadi pribadi yang mandiri

Kita yang selama ini tinggal dengan orang tua dan bergantung kepada mereka kini harus mengurus semuanya sendiri, dari pekerjaan rumah hingga perencanaan finansial.

Hal itu memaksa kita untuk berubah dari pribadi yang manja menjadi pribadi yang dapat diandalkan.

Perubahan dari pribadi manja menjadi pribadi yang mandiri dan dapat di andalkan ini secara tidak langsung dapat memberikan pengaruh terhadap karir dan usaha.

Pribadi yang dapat di andalkan tentu saja dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih baik.

4. Berhubungan langsung dengan masyarakat sekitar

karena sudah punya Kartu keluarga sendiri harus bisa menempatkan diri di masyarakat

Dengan tidak tinggal bersama orang tua kita dipaksa untuk dapat berbaur dengan masyarakat sekitar, belajar menempatkan diri di dalam masyarakat, mengikuti kegiatan kegiatan bersama di masyarakat (sebelumnya di wakilkan oleh ayah/ibu) dan bahu membahu menghadapi masalah bersama.

Hal ini dapat melatih kepekaan sosial dan kemampuan sosial kita yang bisa juga berpengaruh dalam karir maupun pengembangan usaha.


Itulah beberapa alasan logis yang masuk akal mengenai kenapa para orang tua beranggapan bahwa menikah itu menambah rezeki.

Para orang tua mungkin saja tidak dapat menjelaskan kenapa mereka bisa berkata demikian, bisa jadi mereka melihat hal tersebut dari pengalaman generasi mereka sendiri yang menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab setelah menikah.

Yang paling penting adalah orang yang ingin menikah harus menyadari kalau menikah itu bukan hanya sekedar tentang cinta dan hubungan antar lawan jenis, tetapi juga harus sadar bahwa menikah itu dipenuhi dengan tanggung jawab dan kemandirian, jangan hanya melihat segi enaknya saja tetapi juga harus sadar akan sisi sulitnya yang harus dilalui dengan penuh perjuangan serta kerja keras.