Menikmati Gairah Produktif dengan Metode Flow State

Menikmati Gairah Produktif dengan Metode Flow State 1

Pernahkah kamu mengerjakan suatu kegiatan dengan senang dan tidak merasakan lelah sama sekali, bahkan sampai lupa waktu?

Pasti diantara kamu sudah pernah mengalami Flow State. Akan tetapi, kamu pasti belum paham istilah tersebut.

Flow state berasal dari kata bahasa inggris yakni : Flow artinya mengalir. Sedangkan State artinya keadaan.

Flow State adalah kondisi dimana otak kita sedang fokus maksimal pada satu kegiatan hingga lupa pada sekitar dan waktu. Seolah-olah hanya ada dirimu dengan kegiatan di dunia ini.

Saya beri gambaran. Saat ini kamu sedang merangkai cerita novelmu. Saking asyiknya, kamu tidak sadar bahwa diluar baru saja terdengar suara bayi tetangga yang sedang menangis. Tanpa sadar, kamu merangkai cerita hingga lima lembar halaman. Seolah waktu terasa cepat. Kamu sudah menghabiskan waktu tiga jam ditempat.

Sudah jelas?

Itulah yang disebut dengan Flow State. Setidaknya, kamu sudah pernah mengalaminya. Inti dari flow state sendiri bisa dikatakan bahagia dan produktif.

Flow state memang tidak bisa kita undang dengan segaja. Namun, terkadang flow state datang dengan sendirinya jika kamu benar-benar fokus maksimal pada kegiatan yang sedang kamu lakukan.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan hasil flow state yang memuaskan?

Yang utama, buang semua ekspetasi dari hasil kegiatan. Jika kamu menargetkan ekspetasi, kamu tidak akan mendapatkan kebahagiaan dari kegiatanmu.

Maka dari itu, jika kamu melakukan sesuatu, kamu hanya perlu fokus mengerjakannya, daripada berekspetasi tinggi. Gagal hal yang lumrah. Setidaknya dengan menikmati proses, kamu sudah selangkah mengundang flow state.

tergantung pribadi masing-masing. Ada yang harus fokus di tempat sepi, ada yang harus fokus dengan cemilan yang menemani. Apapun yang kamu kerjakan dengan fokus, ada mengundang Flow state di dalam dirimu.

Metode ini sangat berpengaruh positif untuk kita, yakni :

  1. Fokus maksimal dalam mengerjakan sesuatu
  2. Dapat menyeimbangkan tugas sulit dengan kemampuan diri
  3. Memenuhi puncak performa

Saat tubuh mu dalam keadaan flow state, tubuh akan memproduksi hormon yang dapat menimbulkan perasaan positif, sehingga kita dapat mengerjakan sesuatu dengan konsentrasi penuh serta kenikmatan.

Ketika kamu sudah di puncak performa, kamu bisa mengeluarkan seluruh potensi.

Namun, saya sarankan kepada pembaca, bahwa jangan sering melakukan flow state. Apa akibatnya? faktor utama tidak bisa melakukan flow state adalah rasa bosan.

Jika rasa bosan sudah menyerang, akan berakibat dengan malas. Setelah malas, akan membutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya.

Untuk mengundang flow state, Kamu perlu beberapa langkah, Yaitu :

Yang pertama, meminimalisir gangguan. Sebelum memulai bekerja, ada baiknya jika kita menjauhi semua benda yang dirasa cukup mengganggu. Contoh nya saja handphone.

Untuk itu, non aktifkan notifikasi handphone dan letakkan di tempat yang jauh. Pastikan kamu malas mengambil ketika kamu bekerja. Ini cara yang cukup efektif untuk mengurangi gangguan eksternal.

Bagaimana dengan gangguan internal?

Saya rasa gangguan internal bisa diatasi apabila gangguan tersebut sudah tuntas. Seperti, “apakah kucingku sudah makan hari ini?”, “Diluar mendung, dan aku belum mengangkat jemuran.”

Seharusnya, kegiatan sepele tersebut harus segera dituntaskan.

Yang kedua, bekerjalah di waktu yang tepat. Carilah waktu yang terbaik untuk memulai kerja. Waktu terbaikmu tergantung pribadi individu. Ada yang suka bekerja di malam hari, ada yang suka bekerja di siang hari.

Jangan dipaksa jika terdapat waktu yang bentrok dengan kegiatan lainnya.
Bayangkan, malam-malan menahan kantuk. Tapi mata tetap dipaksa untuk memandangi komputer. Perut lapar, tapi masih asyik duduk bermain game.

Bagaimana bisa kondisi flow state menghampirimu jika kamu saja bekerja di waktu yang salah.

Setelah itu, kerjakan tugas yang kamu rasa cukup penting dengan konsentrasi. Maka flow state akan mengalir di dalam dirimu tanpa kamu sadari.

Itulah makna dari flow State yang sesungguhnya. Apa kamu sudah pernah menyadari?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rakes samansor