Menilik 5 Calon Kuat Pemenang Golden Boy 2021

Menilik 5 Calon Kuat Pemenang Golden Boy 2021 1

Kurang dari empat bulan lagi kalender 2021 akan segera berakhir, 40 besar nominasi peraih European Golden Boy sudah diumumkan. Beberapa nama pemain muda menjadi tulang punggung klub yang dibelanya.

European Golden Boy merupakan penghargaan bagi pemain muda yang berusia dibawah 21 tahun dan dianggap bermain impresif selama satu tahun kalender. Tahun 2020, nama Erling Haaland diumumkan menjadi pemenang penghargaan ini.

Beberapa nama yang ada dalam nominasi untuk tahun ini sebenarnya sudah ada dalam nominasi tahun 2020. Akan tetapi, selama pemain tersebut belum meraih penghargaan tersebut dan masih dalam kriteria, maka bisa dimasukkan dalam nominasi untuk tahun 2021 ini.

Berikut ini penulis merangkum lima nama yang menjadi kandidat kuat untuk meraih penghargaan European Golden Boy 2021.

1. Mason Greenwood

Greenwood mencetak 3 gol dalam 3 laga di Liga Primer Inggris
Greenwood mencetak 3 gol dalam 3 laga di Liga Primer Inggris

Sejak debutnya pada tahun 2019 yang lalu, Mason Greenwood menjelma menjadi sosok pemain yang cukup penting bagi Manchester United. Ole Gunnar Solskjaer melihat Greenwood memiliki potensi yang besar untuk masa depan.

Musim 2020-2021, Mason Greenwood memainkan total 31 pertandingan liga bersama United, 21 kali sebagai starter dan 10 kali sebagai pemain pengganti. Dia banyak mengisi pos sayap kanan, mencatatkan 7 gol dan 2 assist. 

Dalam 3 laga awal Liga Inggris musim ini, Ole memainkannya sebagai striker dan berhasil mencetak 3 gol. Beberapa rekannya memuji kualitas finishing sebagai salah satu yang terbaik dalam skuad Manchester United.

Mason Greenwood yang usianya akan genap 20 tahun pada oktober nanti sudah berhasil melewati rekor Wayne Rooney sebagai teenager dengan gol terbanyak untuk Manchester United di Liga Primer Inggris. Jika performanya terus konsisten hingga akhir tahun 2021, namanya layak diperhitungkan sebagai peraih European Golden Boy.

Tahun lalu, Mason Greenwood masuk dalam nominasi Golden Boy 2020. Greenwood berhasil finish di peringkat 12 dengan hanya meraih 7 vote. 

2. Pedri

Pedri menjadi pemain termuda terbaik dalam gelaran EURO 2020
Pedri menjadi pemain termuda terbaik dalam gelaran EURO 2020

Pedri didatangkan oleh Barcelona dari Las Palmas pada awal musim 2020-2021. Tak perlu banyak waktu, dia langsung menjadi sosok penting dalam skema permainan Blaugrana besutan Ronald Koeman.

Musim lalu dia bermain sebanyak 37 laga di Laliga, 28 kali sebagai starter dan 9 kali sebagai pemain pengganti. Artinya dia hanya satu kali absen membela Barcelona di La Liga. Pedri mencatatkan total 3 gol dan 3 assist di liga untuk Barcelona.

Setelah mengakhiri musim bersama Barcelona, Pedri dipanggil oleh Luis Enrique dalam skuad Spanyol untuk EURO. Dia berhasil mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang bermain untuk Spanyol di kejuaraan eropa dan berhasil membawa La Furia Roja sampai semifinal. Dalam turnamen tersebut, Pedri juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik sepanjang gelaran EURO.

Usai gelaran EURO, Pedri bergabung bersama skuad Spanyol untuk olimpiade musim panas di Tokyo, Jepang. Pedri dan kawan-kawan berhasil membawa pulang medali perak karena harus tunduk dari Brasil dipartai final.

Pedri sekarang berusia 18 tahun, menjadi sosok penting bagi Barcelona dan juga tim nasional Spanyol. Namanya digadang-gadang akan menjadi gelandang kelas dunia dimasa yang akan datang. Tak heran jika Pedri menjadi salah satu kandidat kuat meraih trofi European Golden Boy 2021.

3. Bukayo Saka

Bukayo Saka jadi bagian penting dalam proyek jangka panjang Arteta
Bukayo Saka jadi bagian penting dalam proyek jangka panjang Arteta

Arsenal mengalami penururan performa dalam beberapa tahun terakhir. Datangnya Arteta sebagai manajer baru memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk menunjukkan kemampuannya, satu yang paling bersinar adalah Bukayo Saka.

Musim lalu, Bukayo Saka mencatatkan 32 penampilan bersama Arsenal di Liga Inggris, 30 kali sebagai starter dan 2 kali sebagai pemain pengganti. Dia sukses melesatkan total 5 gol dan 3 assist.

Bukayo Saka juga masuk dalam skuad Inggris asuhan Gareth Southgate yang berhasil mencapai partai final EURO. Dia dipercaya menjadi salah satu eksekutor saat drama adu penalty dalam laga final EURO, walaupun akhirnya gagal dan berujung pada kekalahan tim nasional Inggris atas Italia.

Pada musim 2021-2022 ini, Arteta melakukan rebuilding skuad Arsenal, dan pemain seperti Bukayo Saka tentu saja menjadi bagian penting dari proyek tersebut. 

Tahun lalu, Bukayo Saka masuk dalam nominasi Goden Boy 2020. Saka berhasil menduduki peringkat 9 dengan jumlah total vote sebanyak 13. Tahun ini dia masuk kembali sebagai calon kuat peraih European Golden Boy 2021.

4. Eduardo Camavinga

Eduardo Camavinga jadi rekrutan terbaru Real Madrid
Eduardo Camavinga jadi rekrutan terbaru Real Madrid

Mendekati berakhirnya bursa transfer musim panas beberapa waktu lalu, Real Madrid memboyong Eduardo Camavinga dari Rennes dengan mahar 30 juta euro. Dia berhasil mencetak 1 gol dalam laga debutnya melawan Celta Vigo, serta mencatatkan 1 assist kala Madrid melawan Inter Milan dalam Liga Champions Eropa.

Bersama Rennes musim lalu, Camavinga memainkan total 35 pertandingan di Ligue 1, 28 kali sebagai starter dan 7 kali sebagai pemain pengganti. Sebagai seorang gelandang bertahan, dia berhasil mencatatkan 2,8 tekel sukses per pertandingan untuk Rennes.

Saat masih berstatus pemain Rennes, Camavinga menjadi incaran klub-klub besar eropa seperti Paris Saint-Germain dan Manchester United. Namun akhirnya Real Madrid yang menjadi pelabuhan baru bagi pemain berkebangsaan Perancis tersebut.

Tahun lalu, Camavinga masuk dalam jajaran nominasi peraih Golden Boy 2020. Dia berhasil menduduki peringkat 5 dengan meraih total 50 vote. Dia hanya kalah dari Erling Haaland, Jadon Sancho, Ansu Fati dan Alphonso Davies. Tahun ini, Camavinga bersama klub barunya menjadi penantang serius untuk trofi European Golden Boy 2021.

5. Jude Bellingham

Jude Bellingham ikuti jejak Jadon Sancho yang bersinar bersama Dortmund
Jude Bellingham ikuti jejak Jadon Sancho yang bersinar bersama Dortmund

Satu lagi pemain muda asal Inggris yang menjadi calon kuat peraih Golden Boy 2021 adalah Jude Bellingham. Sejak didatangkan Dortmund dari Birmingham City pada tahun lalu, Jude Bellingham menjadi salah satu pemain muda yang bersinar di Bundesliga.

Musim lalu, Bellingham memainkan total 29 pertandingan di Bundesliga bersama Dortmund, 19 kali sebagai starter dan 10 kali sebagai pemain pengganti. Dia mencatatkan total 1 gol dan 3 assist.

Jude Bellingham juga masuk dalam skuad tim nasional Inggris untuk EURO 2020 yang lalu. Dia juga mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang bermain untuk Inggris di kejuaraan eropa saat berusia 17 tahun 349 hari. 

Usianya masih muda dan masih banyak waktu untuknya berkembang di Dortmund. Bukan tidak mungkin kita akan melihat Jude Bellingham diboyong ke tim besar eropa dalam beberapa tahun kedepan.

Selain 5 nama kuat yang sudah disebutkan di atas tadi, masih ada 35 nama lainnya yang akan memanaskan perebutan gelar pemain muda terbaik di eropa tersebut.

Berikut ini 40 nama yang masuk nominasi European Golden Boy 2021.

  1. Mason Greenwood (Manchester United)
  2. Pedri (FC Barcelona)
  3. Bukayo Saka (Arsenal)
  4. Eduardo Camavinga (Real Madrid)
  5. Jude Bellingham (Borussia Dortmund
  6. Karim Adeyemi (RB Salzburg)
  7. Rayan Ait-Nouri (Wolverhampton Wanderers)
  8. Ander Barrenetxea (Real Sociedad)
  9. Myron Boadu (AS Monaco)
  10. Bryan Brobbey (RB Leipzig)
  11. Rayan Cherki (Olympique Lyon)
  12. Mohamed-Ali Cho  (Angers)
  13. Francisco Conceicao (FC Porto)
  14. Jamal Musiala (Bayern Munchen)
  15. Charled De Katelaere (Club Brugge)
  16. Erstin Bestanoglu (Besiktas)
  17. Jeremy Doku (Rennes)
  18. Eric Garcia (FC Barcelona)
  19. Bryan Gil (Tottenhan Hotspurs)
  20. Goncalo Ramos (Benfica)
  21. Ryan Gravenberch (Ajax)
  22. Josko Gvardiol (RB Leipzig)
  23. Ilaix Moriba (RB Leipzig)
  24. Odilon Kossounou (Bayer Leverkusen)
  25. Noni Madueke (PSV)
  26. Felix Mambimbi (Young Boys)
  27. Gabriel Martinelli (Arsenal)
  28. Mykhaylo Mudryk (Shakhtar Donetsk)
  29. Mohamed Ihattaren (Sampdoria)
  30. Nuno Mendes (Paris Saint-Germain)
  31. Roberto Piccoli (Atalanta)
  32. Yeremi Pino (Villarreal)
  33. Gio Reyna (Borussia Dortmund)
  34. William Saliba (Marseille)
  35. Martin Satriano (Inter Milan)
  36. Luke Thomas (Leicester City)
  37. Khephren Thuram (OGC Nice)
  38. Jurrien Timber (Ajax)
  39. Florian Wirtz (Bayer Leverkusen)
  40. Illya Zabarnyi (Dynami Kyiv)

Masih ada cukup waktu hingga pengumuman pemenang pada Desember yang akan datang. Meskipun 5 nama tadi merupakan nama-nama yang cukup kuat, bukan berarti nama-nama lain tidak memiliki kesempatan. Bisa saja dalam jangka waktu yang tersisa, salah satu dari 35 nama lain tersebut berhasil menarik perhatian dengan menampilkan permainan yang solid. Bukan tidak mungkin jika peraih trofi European Golden Boy 2021 bukan salah satu dari Mason Greenwood, Pedri, Bukayo Saka, Eduardo Camavinga atau Jude Bellingham .

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.