Menjadi Juara Paruh Musim, Akankah Manchester United Juara Liga Inggris Tahun Ini?


Menjadi Juara Paruh Musim, Akankah Manchester United Juara Liga Inggris Tahun Ini?

Semenjak ditinggalkan oleh Sir Alex Ferguson, Manchester United seperti kehilangan kemampuannya untuk bersaing memperebutkan juara Liga Inggris. Meski nama-nama penggantinya juga merupakan pelatih dengan nama besar, namun Manchester United belum juga tampil dengan maksimal. David Moyes, Louis Van Gall dan Jose Mourinho gagal memberikan trofi Liga Inggris untuk Manchester United.

Setelah Joses Mourinho diberhentikan pada bulan Desember 2018 lalu, kemudian Manchester United menunjuk Ole Gunnar Solkjaer sebagai carataker dan kemudian mendapatkan kontrak resmi pada tahun berikutnya. Hingga saat ini Solkjaer masih melatih Manchester United.

Pada musim ini Manchester United mengawali musim dengan tidak terlalu baik. Bahkan sempat dihajar oleh Tottenham Hotspur dengar skor mencolok 6:1. United sempat terjerumus di klasemen bawah di peringkat 14. Namun kemudian dengan semakin membaiknya performa mereka, United mampu merangsek ke papan atas klasemen Liga Inggris.

Saat ini Manchester United berada di puncak klasemen dengan 40 poin, terpaut 2 angka dari Manchester City yang berada di posisi ke-2. Meski masih ada potensi untuk disalip Manchester City yang tersisa satu pertandingan, namun kondisi Manchester United kali ini sudah ada peningkatan daripada musim-musim sebelumnya yang hanya berkutat di papan tengah.

Memang masih cukup jauh jika membicarakan Manchester United akan mendapatkan trofi pada musim ini. Namun begitu, musim ini tentu menjadi peluang besar untuk membuktikan diri bagi Solkjaer jika ia mampu membawa Manchester United menjadi juara. Posisi dia sebagai manajer salah satu tim terbesar dunia ini tentu akan semakin kuat.

Jika melihat sejarah, Manchester United memang lebih banyak menjadi juara di akhir musim ketika berhasil menjadi juara di paruh musim. Semenjak era Premier League, Manchester United telah mengalami hal semacam ini sebanyak delapan kali. Dan dari delapan kali menjadi juara paruh musim tersebut, enam kali diantaranya berhasil menjadi juara di akhir musim.

Konsistensi tentunya menjadi  hal yang wajib bagi Manchester United jika ingin mengangkat trofi Liga Inggris di akhir musim nanti. Selain itu rotasi pemain juga menjadi penting berkenaan dengan ketat dan kerasnya Liga Inggris. Akankah Manchester Unted berhasil menjuarai Liga Inggris dengan manager selain Sir Alex Ferguson? Akankah Solkjaer yang menjadi manager tersebut? Kita nantikan saja di akhir musim nanti.