Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Sendiri

Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Sendiri 1

Kamu menemukan dirimu memikirkan semua hal yang belum dilakukan dan semua hal yang tidak akan lakukan.

Kamu mulai menurunkan moral diri sendiri. Kamu bahkan tidak menyadari bahwa monster tidak keluar dari bawah tempat tidur, melainkan dari sudut pikiran kamu sendiri. Dan pada akhirnya, mereka menjadi aliran limbah beracun yang konsisten mengisi setiap bagian hidup kamu.

Apakah semua ini terdengar asing?

Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Sendiri 3

Hentikan . Kamu tidak bisa terus seperti ini. Tidak hanya akan menghancurkan setiap hubungan dalam hidup  dan menyabotase dirimu sendiri di setiap kesempatan, tetapi juga akan perlahan-lahan membunuh semangat kamu dari dalam ke luar.

Saya tahu beberapa dari kalian sedang duduk menatap layar dan mengangguk. Atau mungkin kata-kataku membuatmu lebih marah dari apa pun.

Mengapa?

Karena kebenaran menyakitkan, dan karena kita semua benci dipanggil atas perilaku buruk kita. Dan ini adalah perilaku buruk dari jenis yang paling buruk karena kita bahkan tidak menyadari bahwa kita melakukannya hampir sepanjang waktu. Kita tidak melihatnya sebagai racun sampai seseorang memanggil kita keluar.

Saatnya untuk istirahat yang sangat dibutuhkan.

Hal pertama dan terpenting adalah memahami bahwa kesempurnaan tidak dapat dicapai dan bukanlah hasil yang diinginkan.

Kita semua adalah makhluk yang berbeda, unik, dan ajaib. Kita juga adalah semua karya seni dalam proses. Jenis seni yang tidak pernah benar-benar kamu selesaikan karena selalu menemukan hal-hal baru yang ingin atau perlu kerjakan.

Jangan takut dengan dinding kaca, dan mengetahui bahwa orang lain dapat melihat ke dalam kanvas tidak sempurna yang sedang kamu kerjakan; mereka semua memiliki seni mereka sendiri yang sedang mereka kerjakan juga.

Temukan Visi Kamu

Langkah pertama untuk menjadi versi terbaik dari diri  adalah mundur selangkah. Kamu perlu menemukan visi yang  diinginkan untuk dirimu sendiri.

Buat daftar hal-hal yang kamu perhatikan tentang diri kamu yang sebenarnya yang tidak disukai. Lakukan pencarian  yang serius dan cari tahu apa yang perlu diperbaiki sedikit (atau banyak) dan hal-hal apa yang kamu sukai dari diri sendiri apa adanya. Sangat penting untuk mencari barang bagus, dan mungkin akan menemukan ada lebih banyak dari yang kamu kira.

Ingatlah bahwa visi diri ini adalah milik kamu sendiri.

Seperti apa visi kamu? Mungkin kamu ingin memulai gaya hidup yang lebih aktif, makan lebih sehat, atau menurunkan berat badan. Mungkin ingin menjadi lebih baik dalam mengatur keuangan, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana. Mungkin ingin meningkatkan keterampilan tata krama sehingga tidak perlu berebut atau memberikan permintaan maaf  atas kekacauan saat tamu tak terduga datang.

Tuliskan visi kamu, karena itu akan menjadi cetak biru perjalanan penemuan dan pertumbuhan diri.

Buat Rencana

Ketika kita membuat rencana dan menuliskannya, kita lebih cenderung untuk menindaklanjutinya.

Putuskan apa rencana kamu untuk setiap bidang kehidupan yang ingin ditingkatkan, tetapi pada saat yang sama, pastikan kamu tidak membuat diri kamu gagal dengan menggigit lebih dari apa yang dapat kamu kunyah.

Mulailah dengan hal-hal yang mudah. Jika kamu membuatnya terlalu berat atau rumit, akan cenderung kewalahan dan menyerah setelah beberapa hari. Untuk menyiapkan diri agar sukses, kamu perlu memanfaatkan kekuatan rutinitas. Perubahan kecil seiring waktu akan membuahkan hasil yang luar biasa.

Saat ingin meningkatkan kesehatan kamu, penting untuk berfokus pada ‘kesehatan menyeluruh’, bukan hanya aspek fisik. Semuanya saling berhubungan. Tetapi kamu mungkin hanya berpikir bahwa  ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram dan mengubah kebiasaan duduk. Bagus! Bantulah diri kamu sendiri.

Tambahkan kebiasaan kecil, seperti memulai hari dengan segelas air, memotong salah satu camilan manis sore hari, dan berjalan-jalan setelah makan malam setiap malam.

Kebiasaan tidak terbentuk dalam semalam, jadi  mungkin perlu mengatur beberapa pengingat pada awalnya. Mungkin perlu waktu untuk membuat atau menghentikan kebiasaan, jadi berikan diri sedikit keanggunan saat memulai.

Saat kamu pergi, perlahan-lahan masukkan hal-hal lain ke dalam rutinitas, satu per satu, dan seiring waktu  akan membuat versi ‘normal’ baru ini untuk diri sendiri yang akan terasa alami.

Metode ini dapat diterapkan pada bagian mana pun dalam hidup yang ingin kamu ubah.

Ingin mengatur keuangan? Investasikan dalam agenda harian yang baik dan periksa setiap hari. Masukkan semua pembayaran dan kapan jatuh tempo.

Buka rekening tabungan sederhana, dan siapkan transfer otomatis setiap hari gajian. Kamu tahu apa yang mereka katakan: jauh dari pandangan, di luar pikiran. Sebelum kamu menyadarinya, kamu akan memiliki sarang telur kecil yang layak dibangun.

Jika kamu kewalahan karena kesulitan finansial, buatlah janji dengan penasihat keuangan. Mereka dapat membantu  menyusun rencana yang berhasil membebaskan dari hutang dan mulai berinvestasi untuk masa depan.

Perlu mengasah keterampilan tata graha? Sekali lagi, rutinitas adalah teman kamu. Biasakan membersihkan piring setiap malam pada waktu yang sama. Pergi ke rumah di penghujung hari, ambil barang-barang tersesat yang tidak semestinya, dan letakkan di tempat yang semestinya.

Proyek yang lebih melibatkan dan memakan waktu adalah merapikan rumah. Hapus semua hal yang tidak  diperlukan atau gunakan lagi. Kamu akan merasa jauh lebih mudah untuk menjaga segala sesuatunya tetap rapi jika jumlahnya jauh lebih sedikit.

Buat itu menyenangkan! Jadikan pekerjaan rumah  yang paling dibenci sedikit lebih mudah dilakukan dengan menggabungkannya dengan sesuatu yang kamu sukai. Nyalakan lagu favorit dan berdansa atau bernyanyi sekuat tenaga.

Jangan biarkan hal itu menumpuk karena hal itu menjadi berlebihan, dan akan cenderung kembali ke kebiasaan lama hanya dengan melihat kekacauan daripada membersihkannya.

Kamu punya rencananya; sekarang hanya perlu menindaklanjutinya!

Show Up!

Menjadikan diri sebagai prioritas, dan tampil untuk diri sendiri adalah salah satu hal terpenting. Kita membuat dan menepati janji kepada orang lain setiap saat tetapi secara konsisten mengabaikan janji yang kita buat untuk diri kita sendiri karena merasa janji itu tidak masuk hitungan.

Miliki integritas, dan ikuti kata-kata kamu. Perlakukan setiap janji yang kamu buat untuk diri sendiri seolah-olah itu dibuat untuk sahabat kamu karena, pada akhirnya, kamu harus menjadi sahabat kamu sendiri.

Hadiahi diri sendiri! Kita memberi penghargaan kepada anak-anak kecil untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, jadi mengapa kami tidak juga diberi penghargaan? Manjakan diri sesekali dengan tindakan perawatan diri kecil (atau besar). Lakukan pijatan itu atau mani-pedi itu. Dapatkan tas yang sudah kamu incar selama berbulan-bulan. Lakukan perjalanan akhir pekan bersama teman-teman.

Hasil harus menjadi fokus utama, tetapi penghargaan adalah insentif paling signifikan untuk terus berjalan saat kamu tidak menginginkannya. Jadi, pastikan  memanjakan diri kamu dengan baik selama perjalanan ini sehingga menyenangkan. Ini semua adalah bagian dari menjadi versi terbaik dari diri kaamu – yang bahagia.


Banyak sekali aspek kehidupan seseorang yang bisa diperbaiki. Di atas, saya baru saja mencantumkan tiga penyebab terbesar, yang juga merupakan tiga bidang utama peningkatan diri saya.

Cari tahu apa saja area itu untuk hidup kamu, dan kemudian temukan visi kamu, buat rencana, dan  SELALU tunjukkan untuk diri kamu sendiri.

Ingat, kita semua hanyalah karya seni yang sedang dalam proses!

โ€œSaat kamu menjalani versi terbaik dari diri kamu, kamu menginspirasi orang lain untuk menjalani versi terbaik dari diri mereka sendiri.โ€– Steve Maraboli


Dukung saya melalui : https://trakteer.id/jamkosong. Terima Kasih ๐Ÿ™‚

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

JamKosong