Menjaga Kesehatan Jantung dengan Olahraga Kardio

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Olahraga Kardio 1

Menjaga kesehatan tubuh menjadi tanggung jawab masing-masing orang. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti pola makan sehat, istirahat yang cukup serta olahraga teratur. Setiap olahraga memiliki manfaat positif untuk anggota tubuh, baik dari bagian luar ataupun dalam.

Salah satunya adalah kesehatan jantung. Sebelumnya banyak sekali negara yang menganggap bahwa penyakit jantung menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Tidak memandang negara maju atau berkembang, semuanya bisa terkena. Sehingga pemerintah di masing-masing negara tersebut mulai membuat program untuk rakyatnya agar senantiasa menjaga kesehatan dan gaya hidup sehat.

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah kardiovaskular. Gerakan olahraga ini sangat ringan dan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik tua maupun muda. Tidak memerlukan tempat khusus apalagi luas dan peralatan lengkap, di rumah juga bisa bersama anggota keluarga lainnya.

Apa itu Olahraga Kardiovaskular?

Olahraga jenis ini sangat terkenal untuk menyehatkan jantung karena memiliki gerakan yang dapat meningkatkan kecepatan pernapasan dan rangsangan terhadap detak jantung. Selain itu akan ada lebih banyak oksigen mengalir ke seluruh tubuh dan hal ini membuat jantung sampai paru-paru senantiasa sehat.

Tidak heran jika ada seseorang yang memiliki ketahanan jantung lebih baik ketika melakukan aktivitas berat sekalipun. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah secara rutin seperti seminggu dua sampai tiga kali setiap pagi. Tidak perlu lama-lama, cukup 30 menit dengan gerakan yang berbeda-beda sudah mendapatkan hasil memuaskan.

Jenis Olahraga Kardiovaskular

Ada banyak gerakan olahraga kardio, apalagi ketika masa pandemi seperti ini yang mengharuskan menjaga jarak ketika di tempat umum. Sehingga rumah menjadi tempat yang cukup aman untuk kegiatan olahraga dengan memanfaatkan peralatan yang ada.

Lompat tali bisa dilakukan selama 20 menit dengan 220 kalori yang terbakar. Carilah ruangan terbuka di sekitar rumah agar tali tidak tersangkut barang-barang jika dilakukan di dalam rumah. Lakukan perlahan selama waktu yang diinginkan. Tidak perlu terlalu memaksakan diri dengan memperoleh banyaknya lompatan.

Lari di tempat merupakan olahraga yang sangat murah meriah dan dapat dilakukan dimana saja. Lakukanlah selama 60 detik, bisa diiringin dengan musik kesukaan agar menambah semangat berolahraga. Tidak perlu tergesa-gesa, santai saja dan nikmati bagaimana tarikan napas dari dalam tubuh.

Jumping jacks atau gerakan lompat di tempat yang diulang selama 60 detik. Caranya cukup mudah, berdiri tegak lalu lompat dan membuka kedua kaki ke samping. Secara bersamaan angkat kedua tangan ke atas kepala hingga membentuk huruf V. Lakukanlah perlahan, tidak perlu terburu-buru.

Ketiga jenis gerakan di atas dapat dilakukan secara bergantian. Berikan jeda dari setiap gerakan untuk mengatur pernapasan supaya tetap stabil. Jangan lakukan secara cepat karena akan membuat tubuh lebih cepat lelah dan hasilnya kurang maksimal.

****

Mari senantiasa menjaga kesehatan dengan gaya hidup lebih sehat dari masa muda hingga tua. Karena siapapun bisa terkena penyakit jantung tanpa memandang usia. Rajin berolahraga dapat meminimaliris dengan diimbangi makanan kaya serat dan protein baik. Seperti kata pepatah Mens Sana In Corpore Sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Devi Nur