Menjelang Bulan Puasa, Inilah Tips Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Menjelang Bulan Puasa, Inilah Tips Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Tidak terasa bahwa sebentar lagi akan tiba bulan , untuk itu apakah para orang tua sudah mulai mengajarkan anak – anak untuk kali ini ?

memang tidak sepenuhnya harus dilakukan oleh anak – anak, tetapi dengan mengajarkan mereka dimulai sejak dini, maka kedepannya dia tidak akan sulit untuk karena sudah mengerti bagaiamana dengan baik.

Karena itu berikut ini ada beberapa tips mengajari anak – sejak dini. Yuk simak di bawah ini.

Berikan Penjelasan Yang Sederhana

Menjelang Bulan Puasa, Inilah Tips Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Mengajarkan sang anak untuk memang bukanlah hal yang mudah. Karena mereka akan terus bertanya dan penasaran mengapa harus dan untuk apa melakukannya.

Karena itu para orang tua harus menjelaskan dengan mudah dan sederhana agar mereka dapat mudah paham dan mengerti bahwa sangat penting untuk .

Baca juga  5 Manfaat Berbuka Dengan Buah Kurma Saat Bulan Puasa

Misalnya menjelaskan bahwa itu untuk menahan lapar dan haus layaknya seperti kita menahan diri dari perbuatan yang tidak baik dalam kehidupan kita, belajar bersabar dan lain sebagainya.

Dengan begitu dia akan mengerti bahwa itu sangat penting di dalam kehidupannya.

Mulailah Secara Perlahan – lahan dan Bertahap

Menjelang Bulan Puasa, Inilah Tips Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

menahan lapar dan mengubah gaya pola makan secara mendadak tentunya akan sulit diterima oleh sanga buah hati.

Oleh karena itu, para orang tua bisa mulai mengajaknya dengan perlahan dan bertahap agar dia tidak merasa berat untuk melakukan .

Baca juga  Inilah Penyebab dan Tanda Bahwa Anak - Anak Mengalami Stunting

 Misalnya seperti para orang tua mengajaknya untuk tidak makan dan selama 3 jam setelah sarapan pagi.

Dengan melihat perkembangannya tingkatkan lagi jika dia sudah mulai bisa menahan nafsu makan dan minumnya tersebut. Misalnya hanya boleh makan setiap adzan saja.

Dengan melakukan ini secara perlahan dan bertahap maka sang buah hati akan terbiasa dan tubuhnya mau belajar untuk menerima perubahan pola makan.

Namun perlu diperhatikan juga, jika sang anak merasa tubuhnya kurang enak, mual dan pusing maka para orang tua bisa menyuruhnya untuk berbuka.

Walaupun sepenuhnya nanti belum bisa berpuasa secara maksimal tetapi sang buah hati sudah mulai belajar dan mengerti bagaimana itu harus dijalankan.

Memberi Contoh Yang Baik

Menjelang Bulan Puasa, Inilah Tips Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Pastinya sosok orang tua adalah panutan bagi anak – anaknya. Karena itu untuk mengajarkan anak berpuasa dengan baik, maka para orang tua juga harus memperlihatkan di depan mereka bahwa menjalankan ibadah itu merupakan hal yang menyenangkan.

Baca juga  5 Tips Atur Keuangan Selama Ramadhan, Agar Dompet Tidak Jebol!

Selain itu, para orang tua juga harus terlihat semangat dan tidak terlihat lesu dan lemah didepan mereka agar anak – anak bisa menjalankan dengan semangat karena melihat orang tua mereka yang begitu semangat menjalankan ibadah .

Itulah beberapa tips bagaimana mengajari anak untuk berpuasa sejak dini. Dengan mengajari dengan perlahan dan bertahap maka si kecil akan paham dan mengerti bagaimana itu harus dijalankan. Semoga bermanfaat ya !

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng