Menjijikan! Cacing Pita Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan


Menjijikan! Cacing Pita Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan 1

Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan para wanita. Tubuh ideal wanita agar dikatakan cantik adalah bentuk tubuh yang ramping. Tidak heran, banyak kaum hawa yang berbondong-bondong menjalankan berbagai program diet demi memiliki tubuh yang ramping. Tahukah kalian diantara banyak program diet terdapat beberapa cara yang tergolong ekstrim? Salah satu diantaranya adalah dengan cara memasukan cacing pita ke dalam tubuh.

Menjijikan! Cacing Pita Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan 3
Cacing pita di dalam usus manusia (sumber gambar : osu.edu)

Cacing pita digunakan untuk menyerap nutrisi di dalam tubuh manusia. Cacing pita dimasukan ke dalam tubuh melalui pil berisi telur cacing pita. Telur- telur itu akan menetas, berkembang dan berkembang biak di usus manusia. Cacing pita menempelkan “pengaitnya” pada dinding usus dan menyerap nutrisi. Layaknya parasit, cacing-cacing ini menyerap semua nutrisi, vitamin, kalori yang dikonsumsi manusia sehingga berat tubuh akan berkurang. Beberapa sumber mengatakan bahwa cacing pita dapat tumbuh hingga mencapai panjang 9 meter di dalam usus.

Setelah cacing pita selesai bertugas dalam menurunkan berat badan sampai pada target yang diinginkan, mereka akan dikeluarkan dengan menggunakan pil anti-parasit. Pil tersebut memiliki peranan untuk membunuh cacing pita yang bersarang di dalam usus. Cacing pita akan dikeluarkan dari usus setelah dipastikan mati menggunakan prosedur tertentu. Apabila terjadi kesalahan dalam menjalankan prosedur tersebut, dapat mengakibatkan komplikasi pada perut dan dubur.

Menjijikan! Cacing Pita Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan 4
Cacing pita dikeluarkan dari usus manusia (sumber gambar : The Sun)

Diet menggunakan cacing pita ini sudah dilakukan sejak era Victoria di Inggris. Cacing pita sudah dikaitkan dengan penurunan berat badan di London antara tahun 1830-1900. Menurut sejarah perkembangannya, laporan tentang kasus diet cacing pita untuk menurunkan berat badan mulai bermunculan di Amerika.

Dilansir dari Vice, diet menggunakan cacing pita jelas tidak disarankan oleh para ahli kesehatan. Menurut Dr Kenny Banh, metode diet dengan memasukan cacing pita tidak pernah benar-benar dipelajari dalam keadaan terkendali. Diet seperti ini menyebabkan efek samping, banyak orang yang mengalami kram perut dan diare usai menjalani diet ini. Bahkan ada juga pasiennya yang sampai mengalami obstruksi usus sehingga harus dioprasi.

Senada dengan Dr Banh, Dinas Kesehatan Australia juga tidak menyarankan penggunaan cacing pita sebagai alat untuk menurunkan berat badan. Diet yang dimaksud adalah sebuah prosedur yang mengatur pola makan agar mencapai berat badan ideal namun tidak membahayakan kesehatan. Menelan cacing pita untuk menurunkan berat badan jelas membahayakan kesehatan dan bertentangan dengan prinsip diet itu sendiri.

Buat kalian yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya jangan menggunakan metode diet cacing pita ini. Walaupun terlihat praktis karena tidak usah repot-repot menjaga pola makan dan capek-capek olahraga namun cara ini berbahaya terhadap kesehatan. Masih banyak cara sehat yang bisa ditempuh untuk memiliki tubuh ideal. Sebaiknya konsultasikan pada pakar kesehatan terlebih dahulu sebelum menjalankan program diet.

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat. Apabila ada kesalahan kalian dapat memberikan koreksi di kolom komentar. Terima kasih


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

daydreamer

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap