Mentega vs Margarin, Apa Bedanya?

Mentega vs Margarin, Apa Bedanya? 1

Bagi kamu yang memiliki hobi membuat kue, pasti sudah tidak keliru dong membedakan mentega dengan margarin? Mentega dan margarin merupakan salah satu bahan untuk membuat roti atau kue yang berfungsi sebagai lemak untuk pengemulsi adonan kue.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang masih sukar membedakan mentega dengan margarin. Ketika membaca buku resep, beberapa orang masih akan menganggap mentega dan margarin adalah hal yang sama. Padahal, mentega dan margarin adalah dua hal yang berbeda. Penggunaannya pada resep kue juga akan menghasilkan kue yang berbeda pula, terutama pada rasa dan aroma kue yang kita buat.

Agar tidak berlarut-larut menyamakan mentega dengan margarin, kamu perlu mengetahui beberapa perbedaan antara mentega dengan margarin seperti berikut.

1. Warna

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Cara paling mudah untuk membedakan mentega dengan margarin adalah dengan melihat warnanya. Meski sekilas terlihat mirip, mentega dengan margarin memiliki warna yang berbeda. Margarin memiliki warna yang lebih kuning terang, sedangkan mentega memiliki warna cenderung lebih pucat daripada margarin.

2. Bahan Dasar Pembuat

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Meski memiliki bentuk dan penggunaan yang mirip, mentega dan margarin dibuat dengan bahan yang benar-benar berbeda. Umumnya, mentega dibuat dari lemak hewani, biasanya susu sapi, sedangkan margarin umumnya terbuat dari minyak nabati, yaitu minyak sayur. Namun, ada pula beberapa margarin yang menambahkan susu pada adonannya, tetapi presentasenya tidak sebanyak mentega.

3. Rasa

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Karena terbuat dari dua bahan dasar yang berbeda, mentega dan margarin pun memiliki rasa yang berbeda. Mentega memiliki rasa yang cenderung creamy karena terbuat dari susu, sedangkan margarin memiliki rasa yang cenderung lebih gurih. Hal tersebut juga berpengaruh pada penggunaan sebagai bahan dasar pembuat roti. Roti atau kue yang menggunakan mentega akan menghasilkan tekstur kue yang lembut dan mengembang, serta aroma roti atau kue terasa lebih wangi. Penggunaan margarin pada adonan kue akan menghasilkan kue yang lebih padat dan kokoh.

4. Tekstur

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Dari segi tekstur, margarin memiliki tekstur yang lebih padat daripada mentega. Meski berada pada suhu ruang, tekstur margarin akan tetap padat dan tetap stabil. Berbeda dengan margarin, mentega akan lebih cepat meleleh saat berada pada suhu ruang. Hal tersebut dikarenakan kandungan air yang cukup banyak pada mentega. Oleh karena itu, ketika kamu membeli mentega secara daring, kamu harus berhati-hati, ya. Bisa-bisa mentega yang kamu beli sudah meleleh sebelum sampai di tangan kamu.

5. Harga

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Mentega dan margarin memiliki perbandingan harga yang cukup jauh. Umumnya, mentega memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada margarin. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti bahan dasar yang digunakan, proses pembuatan, hingga proses distribusi yang krusial. Oleh karena itu, tidak heran jika produk-produk kue yang menggunakan mentega pada adonannya juga memiliki harga yang cukup mahal pula.

Sekarang sudah paham bukan perbedaan antara mentega dengan margarin? Mulai sekarang kenali betul bahan yang perlu kamu tambahkan pada kue atau masakan yang akan kamu buat agar kue atau masakan yang kamu buat berhasil dengan sempurna.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh