Menu Makanan Anak Kosan Ini, Dijamin Sehat !

Menu Makanan Anak Kosan Ini, Dijamin Sehat ! 1

Hidup menyendiri, jauh dari keluarga, uang jajan pas-pasan, akhirnya makan pun harus dibatasi. Itulah kenyataan dari kehidupan anak kos. Bagi yang belum pernah merasakan, mungkin tidak terbiasa dengan segala makanan instan dan murah meriah. Perasaan akhir bulan adalah perasaan seperti di ambang kekalahan terhadap peliknya “ketahanan pangan” individu. Belas kasih dari ibu kos dan teman seperjuangan adalah hal yang biasa dan lumrah terjadi. Tapi sebenarnya, apakah bisa mengkonsumsi makanan sehat untuk Anda para anak kos?, jawabnnya tentu saja bisa.

Pisang dan Sereal

Sarapan dengan pisang saja sebenarnya sudah cukup bagi sebagian orang. Salah satu jenis buah tropis ini dirasa sangat cocok untuk kantong para mahasiswa yang ingin sarapan sehat.  Pada sebuah pisang berukuran sedang, terkandung 25,8 mg karbohidrat, 1,2 gr protein, 0,7 gr serat, 8 mg kalsium, 0,2 gr lemak serta kalori 99 kkal. Kandungan mineral yang padat ini membuat pisang sangat pas sebagai sarapan padat nutrisi.

Untuk menambah kehangatan tubuh, Anda bisa minum segelas air putih hangat. Hal ini sangat baik untuk tubuh yang baru saja bangun dari tidur. Selain itu, jika lapar masih melanda, Anda bisa menyiapkan beberapa sendok sereal gandum utuh untuk anda seduh dengan air hangat maupun susu sapi murni.

Keduanya pun bisa dikombinasikan secara bersamaan. Semangkuk sereal bisa Anda padukan dengan potongan pisang manis diatasnya. Tentu saja selain murah, sajian ini cukup menggugah selera dan dapat segera mengisi energi Anda di pagi hari.

Telur dan Salad

Sebutir telur rebus dipercaya memberikan efek mengenyangkan hingga siang hari. Kandungan proteinnya yang tinggi memberikan support energi yang sangat dibutuhkan tubuh Anda. Rata-rata telur mengandung 77 kkal, dilengkapi juga dengan vitamin A, B5, B12, D, E, K, B6. Nutrisi yang sehat ini mudah Anda dapatkan di warung-warung terdekat. Selain mudah didapat, harganya pun sangat terjangkau.

Bila kita mendengar kata salad, yang terbayang adalah sajian mentah dengan segala macam sayuran, buah dan mayonaise. Ya, benar sekali, tapi secara sederhana kita bisa membuatnya menjadi lebih simpel. Anda cukup menyediakan buah apel, alpukat, jambu, jeruk dan selada secukupnya, untuk pengganti mayonaise bisa Anda manfaatkan madu alami. Didalam seporsi salad minimal terkandung serat yang efektif menurunkan kolesterol di tubuh Anda.

Jika Anda tidak menyukai sajian mentah, maka Anda bisa merebusnya terlebih dahulu. Atau jika ada, Anda bisa memesan sajian pecal maupun gado-gado khas masakan tradisional Indonesia.

Alpukat dan Gula

Alpukat merupakan sumber vitamin C, E, B-6, magnesium, asam folat dan kalium. Alpukat yang sudah matang akan sangat lezat untuk disajikan mentah, selain sahabat salad, alpukat sendiri juga bisa langsung dikonsumsi dengan cara di kocok secara manual. Tekstur daging buahnya yang lembut memudahkan kita untuk mengolahnya dengan tangan kosong. Tentu saja, jus alpukat juga bisa Anda ciptakan dengan bantuan blender, cara ini akan lebih praktis dan cepat.

Jika alpukat yang Anda miliki terasa agak hambar atau matang sebagian, jangan dibuang percuma. Anda bisa padukan dengan gula secukupnya ke dalam sajian alpukat kocok Anda. Selain menjadikan rasanya lebih gurih, gula juga bisa memberikan energi untuk tubuh kita, asal tidak berlebihan. Alpukat ini lebih cocok disajikan dalam keadaan dingin. Rasakan segarnya sajian ini di kala cuaca sedang panas-panasnya. 

Ikan dan Tahu Tempe

Berat rasanya jika makan tanpa nasi, apalagi modal awal bulan masih banyak. Berfoya-foya di awal bulan tentunya juga tidak benar, sebaiknya tidak melupakan pola hidup sehat sehari-hari. Sesekali Anda juga akan tergoda dengan menu nasi yang dijual di lingkungan Anda.

Makan nasi tidaklah berdosa, nasi yang cukup akan memberikan energi untuk bekerja seharian, teman lauk yang Anda pilih haruslah yang bergizi tinggi pula. Tinggalkan menu jeroan dan santan, jauhkan dari menu makan Anda sebisa mungkin. Sebaliknya, pilihlah menu ikan, sayur dan tahu/tempe yang menurut selera Anda cocok untuk dipadu-padankan. Kandungan kalori sebungkus nasi antara 200 s.d. 300 kkal, dan kebutuhan kalori manusia berkisar antara 1.600 s.d. 3000 kkal seharinya.

Jadi cukupkan nasi Anda dengan sebaik-baiknya, jangan sampai melewati batas wajar untuk asupan harian manusia.

Biskuit dan Teh/Kopi

Tidak lengkap rasanya jika tidak ditemani kopi/teh setiap harinya. Tapi, hati-hati jika Anda pecandu minuman ini, setiap gelasnya mengandung kafein yang berefek kurang baik jika terlalu banyak. Secangkir kopi atau teh di pagi, sore atau malam hari sudah cukup untuk menaikkan mood Anda. Jika terlalu pahit Anda cukup menakarnnya hingga tidal terlalu manis. Bahasa kita menyebutkannya dengan “manis-manis jambu” saja.

Dengan ditemani beberapa keping biskuit, akan mengisi kekosongan perut Anda secara perlahan. Cemilan biskuit sehat yang bisa Anda pilih adalah dengan kandungan gula dan karbohidrat yang rendah, tidak baik mengkonsumsi biskuit yang mengandung banyak pengawet. Carilah biskuit dengan selera Anda. Semakin tawar rasa biskuit tersebut, maka akan semakin baik untuk tubuh Anda.

* * *

Beli dan konsumsilah makanan dan minuman sehat secara rutin, maka sekalipun Anda adalah anak kosan, maka kesehatan menjadi keutamaan hidup Anda. Jauhi apapun yang berbau instan, setidaknya kurangi konsumsinya sekali perbulan saja. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Danawa Kalana