Menyingkap Fakta 5 Agama Besar di Dunia


Menyingkap Fakta 5 Agama Besar di Dunia 1

Agama di Dunia Menurut Persentase.

Terpisah dari penganut lima agama terbesar di dunia, sekitar 12 persen dari umat manusia di dunia menganut keyakinan/sekte lain. Pagan, contohnya, termasuk witches dan druid, menyembah alam. Setiap agama mencari pengertian mengenai dunia dan memahami keberadaan manusia. 

Persentase agama di dunia
Persentase agama di dunia

Islam

Menyingkap Fakta 5 Agama Besar di Dunia 3

Pemeluk agama Islam disebut muslim. Ada sekitar 1,5 miliar muslim di dunia, yang terbagi menjadi Sunni dan Syiah. Keyakinan mereka berdasarkan lima pilar: iman, ibadah, puasa, sedekah, dan ziarah. Seorang muslim mengikuti kitab sucinya yaitu Al-Quran, wahyu Tuhan yang disampaikan kepada Nabi Muhammad. Banyak muslim pergi ke masjid setiap hari untuk beribadah, tetapi di hari Jumat setiap laki-laki muslim datang ke mesjid untuk sholat dan mendengarkan khotbah Imam. 

Yudaisme

Menyingkap Fakta 5 Agama Besar di Dunia 4

Orang Yahudi memeluk agama Yudaisme. Orang Yahudi menghormati orang Yahudi pertama yaitu Abraham yang mengajarkan untuk menyembah Allah YHWH. Ada sekitar 14 juta orang Yahudi sampai sekarang dan terbagi menjadi dua kelompok yaitu Orthodox dan Liberal. Orang Yahudi beribadah di sinagoge untuk melakukan upacara dan berdoa. Orang Yahudi memiliki hari peristirahatan, disebut hari Sabat. Torah adalah kitab suci orang Yahudi yang berisi peraturan kehidupan sehari-hari. Di sinagoge, Torah dibaca dari progres bacaan terakhir. Orang Yahudi pernah berjuang melawan kebencian pada saat perang Dunia ke-II. Lebih dari enam juta orang Yahudi dibunuh di Holocaust. Kebanyakan orang Yahudi tinggal di Amerika Serikat dan Israel. 

Kekristenan

Menyingkap Fakta 5 Agama Besar di Dunia 5

Kekristenan mengikuti pengajaran dari Yesus Kristus. Kekristenan mengimani bahwa Yesus adalah Allah Anak. Ada sekitar 2.1 miliar orang Kristen di seluruh dunia, bersatu dalam iman kepada Allah Tritunggal. Alkitab adalah kitab suci mereka. Akan tetapi, tiga aliran utama dalam Kekristenan –Protestan, Katolik, dan Ortodox- mempunyai pemikiran berbeda bagaimana kepercayaan dilaksanakan.

ProtestanKatolikOrtodoks
Umumnya tidak memiliki biara.Memiliki biara untuk laki-laki dan perempuan.Memiliki biara untuk laki-laki dan perempuan.
Percaya dapat  berbicara kepada Tuhan secara langsung.Beberapa orang Katolik percaya bahwa berbicara kepada Tuhan hanya melalui bantuan pendeta atau orang suci.Beberapa orang Ortodox percaya bahwa berbicara kepada Tuhan hanya melalui bantuan pendeta atau orang suci.
Tidak ada pemimpin utama.Dipimpin oleh Paus di Vatikan.Dipimpin oleh Patriark
Dimulai oleh Martin Luther, tokoh di abad ke-16 yang menolak pengajaran Katolik.Mempercayai bahwa Paus mewarisi kewenangan dari Santo Petrus, salah satu murid Yesus.Dibentuk pada tahun 451 Masehi setelah orang Kristen di Roma dan Konstantinopel tidak setuju terhadap pengajaran Gereja Katolik Roma.
Banyak dijumpai di berbagai belahan dunia terutama di utara Eropa, Amerika Utara, Selandia Baru, Australia, dan beberapa wilayah di Afrika.Banyak dijumpai di berbagai belahan dunia, terutama di selatan Eropa, timur Eropa, dan Amerika Selatan.Banyak dijumpai di Yunani, Balkan, Rusia, Timur Tengah dan Afrika bagian utara.
Menekankan ibadah yang sederhana menggunakan bahasa yang dapat dimengerti.Melakukan upacara yang cukup rumit, kadang-kadang menggunakan bahasa latin untuk memuliakan Tuhan.Melakukan upacara yang cukup rumit menggunakan berbagai bahasa, termasuk Yunani, Syria, untuk memuliakan Tuhan.

Hinduisme

Menyingkap Fakta 5 Agama Besar di Dunia 6

Dari 900 juta penganut Hindu, hinduisme memiliki banyak aliran. Orang Hindu percaya bahwa Dewa Brahma tidak dapat dilihat, tetapi hadir di mana-mana. Mereka memuja banyak dewa dan dewi, masing-masing menggambarkan aspek yang berbeda dari kekuatan Brahma. Tiga dewa utama adalah Brahma sang pencipta, Shiva sang penghancur, dan Wisnu sang pemelihara. Hinduisme mempercayai bahwa setiap orang mempunyai roh yang terus hidup setelah kematian. Roh tersebut mengambil bentuk baru dan memulai kehidupan baru, dan hal ini berlangsung terus-menerus. Hal tersebut disebut reinkarnasi. Bagi orang Hindu, tujuan hidup adalah keluar dari siklus tersebut dan meraih kebebasan untuk bersama-sama dengan Brahma. Setiap perbuatan baik membuat manusia mendekati tujuan tersebut. Perbuatan buruk membuat manusia semakin jauh. Hukum ini disebut Karma.

Buddhisme

Menyingkap Fakta 5 Agama Besar di Dunia 7

Buddhisme terlahir di India 2500 tahun lalu ketika seorang laki-laki bernama Siddhartha Gautama mendapat pencerahan dan menjadi Buddha (yang tercerahkan). Buddhisme bertahap menyebar dari India ke negara lain. Saat ini, sekitar 376 juta orang di seluruh dunia menganut pengajaran Buddha yaitu Dharma, yang berusaha mengakhiri penderitaan (dukkha) dan menemukan jawaban kepada arti hidup sebenarnya. Dengan mengikuti Delapan Jalan, termasuk pikiran dan perbuatan baik, melaksanakan Lima Janji, dan mengulang Tiga Doa, seorang buddha mengharapkan untuk mencapai tahap pencerahan tertinggi disebut Nirvana. Orang buddha beribadah dengan meditasi (dhyana), mencoba membersihkan pikiran mereka dari pikiran duniawi dan mencoba untuk melihat alam semesta dengan jernih.


Arion Ulibasa

   

writer, engineer

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap