Merasa Hidup Gini-Gini Aja? Ikuti Tips Tokoh Sukses Ini, Biar Hidupmu Lebih Baik

Merasa Hidup Gini-Gini Aja? Ikuti Tips Tokoh Sukses Ini, Biar Hidupmu Lebih Baik 1

Apakah saat ini kamu sedang merasa tidak ada kemajuan dalam hidup maupun karir? sering berfikir kok belum bisa menghasilkan apa-apa ya, sedangkan kamu melihat teman-teman lain sudah mencapai banyak hal diluar sana. Padahal kamu sudah punya daftar rencana yang ingin diwujudkan. 

manusia itu seperti musafir yang berjalan pada Padang luas, jika tidak tau arah nanti akan berputar-putar kebingungan, atau meskipun kita sudah punya kompas, tapi ada kemungkinan tetap tidak sampai-sampai juga.

Nah melalui cara berpikir orang-orang hebat, rupanya ada beberapa poin penting yang bisa disimpulkan untuk meningkatkan kinerja biar hidup bisa bergerak jauh lebih baik, yuk simak : 

1. Tentukan tujuan hidup dengan pasti dan jelas

Dengan mengetahui tujuan hidup dengan jelas arahnya, kita dapat membuat goal atau capaian-capaian kecil yang perlu dilalui agar lebih ringan sampai tujuan, seperti menaiki anak tangga tahap demi tahap, dengan begitu  akan mempermudah kita dalam menentukan jalan apa  yang harus diambil agar cepat sampai tujuan. Sebab perlu di ingat, kebanyakan dari kita tidak spesifik dalam menggambarkan yang ingin di capai, misalnya: sekedar ingin kaya atau ingin Pintar saja, itu menjadi sulit untuk menyaring apa yang harus diambil agar bisa segera sampai tujuan. 

Dalam bukunya, Tung desem waringin menyebutkan,  Ibaratnya jika kita naik taksi tapi tidak punya tujuan yang jelas kita tidak akan sampai kemana mana; waktu habis, uang habis, pikiran terbuang, tenaga juga terbuang, kita mungkin tidak sampai kemana mana atau justru sampai ketempat yang kita tidak suka. Maka coba tulislah hal yang lebih rinci dan jelas ya, buat rencana tahapan demi tahap, Serta tetapkan tanggal dari batas target yang diinginkan, dan jangan lupa gunakan daftar ceklist untuk memberi rasa puas ketika pekerjaan telah selesai dilakukan, sehingga lebih bersemagat dalam mengerjakanya.

2. Fokus

Terlihat sederhana namun ini adalah hal yang sangat penting melebihi apapun, jika apa yang kita ingin tuju sudah jelas dan pasti, tapi belum ada kemajuan, bisa jadi salah satu penghambat nya adalah sulit fokus untuk dalam mengerjakan satu hal saja. Seperti kebiasaan multitasking atau mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu, tidak buruk memang bagi orang yang bisa fokus dalam beberapa hal sekaligus, namun hanya sedikit yang dapat mengerjakanya dengan lancar dan berhasil dengan baik secara keseluruhan, bisa-bisa malah berantakan dan tidak ada yang terselesaikan satupun.

Faktor lainya yang membuat kita sulit fokus adalah bahwa kita terkadang gampang teralihkan dengan hal-hal yang sebetulnya tidak perlu dilakukan. Misalnya, ketika sedang mengerjakan tugas sekolah/kantor, handphone disamping tiba-tiba berdering, karna penasaran kita membuka pesan, lama-lama eh.. malah jadi chatting an dengan teman atau gebetan. Nah inilah fungsi dari fokus pada sesuatu, sulit memang tapi hanya kamu sendiri yang bisa mengendalikanya.

3. Tumbuhkan hasrat 

Hasrat atau keinginan yang kuat sangat penting, jika sudah memiliki tujuan namun keinginan kita untuk meningkatkan diri menjadi lebih baik sangat lemah, maka akan sia-sia. karena kebanyakan dari kita dapat ‘memulai’  tapi bukan ‘penyelesai’. Kita cenderung mudah lelah dan bosan, dalam meningkatan hasrat Ada tips menarik dalam buku think and grow rich karya Napoleon hill, yaitu dengan menuliskan tujuanmu dalam kertas, baca setiap hari dengan keras sambil memasukan emosi di dalamnya, kamu tahu autosugesti buka? Fikirkan sesuatu dalam kepalamu terus-menerus maka itu akan tertanam kuat disana dan menjadi sebuah kepercayaan. 

4. Tidak perlu menjadi perfectionis 

Semua orang pasti ingin menjadi sempurna dalam segala hal, mendapatkan hasil yang sangat baik membuat kita merasa memiliki kepuasan tersendiri atas hasil kerja dan jeripayah yang kita lakukan, tapi apa jadinya jika kita menuntut setiap hal yang kita kerjakan atau kita buat harus selalu sempurna? misalnya ketika saya suka membuat tulisan, tentu saja saya pasti berharap tulisan yang saya buat dapat terlihat sebagus mungkin tanpa kesalahan, tapi setiap kali saya menulis saya seringkali tidak puas dan terus merubah tulisan awal, akhirnya tulisan itu tidak pernah selesai selama bertahun-tahun.

sebab adakalanya sesuatu yang besar tidak lebih baik dari hal hal sederhana, jika kita bisa mengetahui seni mengolah hal kecil dan sederhana menjadi luar biasa. Jadi ayo  berhenti meng koreksi diri dan mulai lakukan saja.

Nah jadi tunggu apalagi yuk mulai keep on going, dan selamat mencoba ya…

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

destanita wiagsa