Merasa Stuck idea? Ikuti 5 tips ini

Merasa Stuck idea? Ikuti 5 tips ini 1

Apa kabar kalian semua, masih semangat-semangat gak nih menjalani hari-hari baru? ada gak nih kalian yang suka melakukan hobi atau bekerja di bidang kreativitas seperti design atau suka menulis. 

Apakah kalian pernah mengalami stuck ide? 

Yup kalian pasti pernah donk merasakan stuck ide ketika sedang asyik-asyiknya melakukan kegiatan kreativitas, stuck ide adalah dimana ide kalian merasa buntu yang seolah-olah kehabisan ide di tengah jalan. Hal inilah yang membuat kalian jadi bingung mau bikin apa lagi, seperti misalnya kalian akan bingung mau nulis dari mana atau macet nulis di tengah jalan. Bahkan untuk memulai menggambar saja juga bingung harus gambar dari mana, stuck ide ini sudah sangat biasa bagi kalian yang biasanya ini juga terjadi yang masih pemula. 

Untuk menghindar stuck ide cukup gampang untuk melakukannya dengan cara mencari ide lewat riset atau membaca refrensi-refrensi buku, film, atau mengamati lingkungan di sekitar. Bagaimana sih cara mencari ide agar tidak terjadi stuck idea

1. Istirahat 

Sumber : https://unsplash.com/@leyameera
Sumber : https://unsplash.com/@leyameera

Yang pertama ada istirahat dulu ketika kalian mengalami stuck idea, kenapa ? karena otak juga butuh istirahat karena merasa lelah bekerja untuk mengurusi pikiran-pikiran di kepala kalian. Misalnya saja jika kalian mengalami kendala menulis di tengah jalan akibat kehabisan ide maka segeralah tutup buku dan lepaskan pena di tangan kalian, jauhkan buku kalian atau dari meja kerja dan langsung istirahat yang cukup. Atau bagi kalian suka menulis di laptop/pc kalau bisa matikan atau sleep laptop/pc kalian jika mengalami stuck idea, itupun juga berlaku bagi kalian yang mengalami stuck ide ketika macet menggambar di tengah jalan.

2. Perbanyaklah baca buku 

Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/dongeng-fantasi-mimpi-malam-kosmos-1077863/
Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/dongeng-fantasi-mimpi-malam-kosmos-1077863/

Buku adalah jendela ilmu, yang artinya buku memiliki banyak segudang ilmu pengetahuan yang tak pernah habis-habisnya. Tujuannya ialah menyebar wawasan-wawasan ilmu pengetahuan sekaligus memberikan ide-ide baru kepada kalian, maka itulah membaca buku itu wajib supaya kalian akan tahu segala hal dan selalu penasaran dengan hal-hal baru yang belum pernah temui. Bahkan membaca buku pun sangat mudah mendatangkan ide-ide inspisi sebagai bahan membuat bahan menulis misalnya, bisa juga nih bagi yang mengalami stuck ide menggambar bisa perbanyakin baca-baca buku bergambar seperti komik atau ilustrasi, siapa tahu ketemu ide menggambar lagi. 

3. Menonton video 

Sumber : https://www.pexels.com/@fotios-photos
Sumber : https://www.pexels.com/@fotios-photos

Kalau misalnya kalian ada yang gak terlalu suka baca buku atau merasa jenuh, kalian juga bisa diganti dengan menonton video lewat TV/PC. Menonton juga bisa kok mendatangkan ide inspirasi untuk mengisi pikiran-pikiran kalian yang sedang mengalami stuck idea, asalkan nonton videonya harus berisi-berisi hal-hal inspiratif positif dan jangan sampai menonton video yang bersifat negatif ya. 

4. Mengobrol dengan orang-orang terdekat

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/orang-orang-gadis-gadis-perempuan-2557399/
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/orang-orang-gadis-gadis-perempuan-2557399/

Mencari ide tidak hanya dengan membaca buku atau menonton video saja kok, mengobrol bersama orang-orang terdekatpun juga bisa mendapat ide tanpa disadari, loh! cara ini sangat simpel dan sering banget kalian bersosialisasi dengan orang-orang terdekat kalian. Kalian bisa mengobrol dengan topik-topik yang menarik untuk dibahas atau meminta saran untuk rekomendasi topik inspirasi atau tips-tips solusi kepada orang-orang terdekat kalian. 

5. Mengamati lingkungan disekitar kalian 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/kota-jalan-orang-orang-perkotaan-438393/
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/kota-jalan-orang-orang-perkotaan-438393/

Yang terakhir adalah mengamati lingkungan di sekitar kalian, bisa dibilang ini adalah cara mencari ide langsung yang sangat mudah sekali. Kalian bisa melakukan cara ini dengan pergi liburan ke suatu tempat atau jalan-jalan sebentar sambil mengamati orang-orang yang berlalu-lalang dan lingkungan alam. Bisa jadi kalian akan langsung mendapatkan sebuah ide ketika melihat sebuah kejadian di depan kalian tanpa disadari. 

*** 

Itulah dari tips-tips cara mencari ide agar tidak terjadi stuck idea lagi. Ingat! ide itu selalu datang dimana-mana baik ketika mencari ide atau berdiam diri sambil mengamati disekitarnya. Maka itulah jangan mengabaikan ide yang muncul dikepala kalian dan cepat-cepat tulis ide di note buku atau hanphone yang kalian sedang bawa. Jangan sampai abaikan ide yang tersimpan di kepala kalian ya, karena ide tuh gak bisa berlama-lama di kepala kalian karena ide itu akan cepat hangus begitu saja sehingga kalian tak bisa ketemu lagi. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Alya P

   

Saya adalah seorang Mahasiswi yang merupakan pecinta dunia literasi dan kepenulisan.