Merugikan Negara, Ratusan CPNS dan PPPK Mengundurkan Diri Setelah Dinyatakan Lulus Seleksi

Merugikan Negara, Ratusan CPNS dan PPPK Mengundurkan Diri Setelah Dinyatakan Lulus Seleksi

Sesuai dengan Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.

Menimbang, untuk mencapai visi dan misi Indonesia maju, mendukung kelancaran tugas dan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kapasitas organisasi, dan mempercepat pencapaian tujuan strategis nasional, membutuhkan penambahan aparatur sipil negara.

Baca juga  Jika Begini Terus, Bagaimana Nasib Gajah Kedepannya?

Kebutuhan penambahan aparatusr sipil negara dilakukan dengan adanya seleksi penerimaan PNS dan PPPK yang biasanya disebut Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Setelah pelaksanaan seleksi PNS dan PPPK selesai dan sudah menetukan CPNS, ratusan CPNS dan PPPK mengundurkan diri, bahkan ada beberapa CPNS mengundurkan diri setelah Nomor Induk Pegawai (NIP) keluar.

Baca juga  Kondisi Kesehatan Mental yang Bahagia, Bisakah Diciptakan?

Berdasarkan pasal 54 Peraturan Menpan RB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan PNS, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi akan diangkat menjadi CPNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) usai mendapatkan persetujuan teknis dan penetapan NIP oleh BKN.

Hal tersebut membuat kerugian pada negara. Pendanaan dari pengandaan PNS bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Baca juga  Hubungan Ekologi dengan Pandangan Islam Terhadap Pengembangan Lingkungan

Hal tersebut membuat pengeluaran anggaran tidak menghasilkan feedback yang baik. Dampak paling utama adalah formasi jabatan yang seharusnya terisi menjadi tidak terisi atau kosong padahal biaya yang dikeluarkan cukup besar dan usaha yang dilakukan juga cukup besar.

Sanksi yang didapatkan apabila CPNS mengundurkan diri adalah CPNS tersebut tidak boleh melamar pada penerimaan CPNS periode satu tahun berikutnya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Siti Lutfianingrum