Meteorologi? Pasti Belajar Meteor!


Meteorologi? Pasti Belajar Meteor! 1

Pernahkah kalian mendengar kata meteorologi? mungkin bagi sebagian orang sering mendengar kata ini dalam instansi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Namun, ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengenal kata ini. “Emang meteorologi itu apa si? pasti ada hubungannya sama meteor ya?” merupakan pertanyaan yang paling sering dijumpai padahal ini TIDAK BENAR. Yuk baca selengkapnya untuk menambah pengetahuanmu tentang meteorologi!

Fenomena cuaca yang dibahas dalam meteorologi
Fenomena cuaca yang dibahas dalam meteorologi

Meteorologi berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu meteoros yang berarti megah atau tinggi (di angkasa) dan logia yang berarti ilmu. Jadi meteorologi secara sederhana adalah ilmu yang mempelajari tentang angkasa yang dalam hal ini adalah atmosfer bumi termasuk komponen biologi, kimia, dan fisikanya. Dalam hal ini meteorologi membahas fenomena cuaca di suatu wilayah serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi. Sudah jelas ya gais dia tidak mempelajari meteor melainkan hanya atmosfer bumi!

Apa sih pentingnya ilmu ini?

Tidak banyak orang Indonesia yang terlalu memperhatikan objek cuaca, namun orang yang tinggal di daerah iklim subtropis seperti wilayah eropa sering kali membutuhkan berbagai informasi cuaca. Yup, hal ini dikarenakan keadaan cuaca di wilayah tersebut berubah-ubah secara cepat sehingga tentunya memengaruhi aktivitas mereka. Informasi cuaca yang dipelajari dalam keilmuan ini sebenarnya tidak hanya prakiraan harian untuk menentukan baju apa yang harus kamu pakai, tapi juga berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan, lho! 

Sebagai sebuah negara agraris yang kebanyakan masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani, tentu saja ilmu ini memiliki peran penting untuk menentukan berbagai kondisi pertanaman, contoh sederhananya adalah musim dan waktu panen. Tak hanya itu, kalau tidak ada keilmuan ini mungkin saja kecelakan pesawat sulit dihindari karena berbagai fenomena cuaca seperti turbulensi yang tidak diketahui. Selain penerbangan, tanpa ilmu ini mungkin saja paket yang kamu beli dari e-commerce akan membutuhkan waktu di perjalanan lebih lama tanpa pemantauan kondisi meteorologi kelautan. Bencana banjir? ilmu ini juga berperan penting untuk melakukan upaya mitigasi dengan melihat curah hujan dan tampungan sungai.

Bagaimana? banyak banget kan peran dari ilmu ini? Bahkan ilmu ini sampai punya hari internasionalnya sendiri loh yaitu Hari Meteorologi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 23 Maret.

Bagaimana ilmu ini dapat meramalkan cuaca yang akan terjadi?

Tentu saja, karena orang yang berkecimpung di dalamnya adalah cenayang! Eits, bukan sembarang cenayang tapi mereka juga meramalkannya dengan berbagai cara saintifik yang tentunya gak mudah loh. Dibutuhin orang-orang yang teliti terutama dalam melihat angka dikarenakan prediksi dilakukan dengan melihat berbagai faktor cuaca yang tentunya tidak mudah ditebak. Ingat semua kembali pada kehendak Tuhan! jadi peramalan ini tidak akan tepat 100% dan tentu kadangkala meleset dari kondisi senyatanya.

Gimana nih? menarik banget bukan mempelajari ilmu ini dan tentunya kamu akan menjadi orang yang membantu banyak sekali orang dalam ilmu ini! Kalau kamu ingin mempelajarinya lebih dalam, beberapa perguruan tinggi seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) menyediakan program studi ini.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Artattraction

   

Saya adalah seorang mahasiswa yang memiliki hobi melukis dan digital design. Selain itu, sejak SMP saya sering mengikuti kompetisi artikel dan karya tulis terutama dalam topik lingkungan. Saya percaya apapun yang saya lakukan dengan senyuman pasti akan membuahkan hasil yang baik. Terimakasih telah membaca! Jangan lupa ikuti dan baca tulisan saya yang lainnya yah!

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap