Miana, Definisi Tanah Kita Tanah Surga

Miana, Definisi Tanah Kita Tanah Surga

Awalnya saya tidak begitu tertarik dengan karena hanya biasa, terlebih saat itu saya belinya ketika masih beruba bibit jadi kecil ukurannya, belum tampak keindahannya, hanya saja memang unik karena warna daunnya bergradasi. Saya tidak juga mengerahui kalau akhir-akhir ini banyak digemari. Salah satu daya tarik terletak pada daunnya yang warnanya bergradasi. Ada yang merah kehijauan dan hijau kekuningan. Pertimbangan harga yang murah yang membuat saya memutuskan membeli beberapa pot bibit untuk di tanam secara vertikal di pagar.

adalah definisi tanah kita tanah surga

Sumber foto : pixabay.com/Raw_Image6
Sumber foto : pixabay.com/Raw_Image6

Tidak butuh waktu lama,beberapa pot yang saya tanam tumbuh subur dan meninggi. Saya memotongnya agar tidak terlalu tinggi karena saya menyuka yang merimbun. Potongan-potongan batang tersebut saya tancapkan di pot baru karena menurut teman saya, potongan tersebut bisa tumbuh. Sebenarnya saya agak ragu karena potongan-potongan batang itu, kan tanpa akar, bagaimana mungkin bisa tumbuh ? Keraguan saya terhapus setelah sekian hari potongan-potongan batang tersebut tak ada satu pun yang layu, namun tetap tegak dan segar, pertanda mereka tumbuh, tidak mati. Bukan sulap, bukan sihir.

Baca juga  13 Manfaat Kesehatan Lavender, Bukan Sekedar Bunga yang Indah

Setelah itu saya ketagihan memotong batang yang sudah meninggi lalu menancapkannya di tempat baru . 100% tumbuh semua. Mungkin ini adalah salah satu defisini ‘tanah kita adalah tanah surga’. Ungkapan ini bermakna tanah yang subur hingga apa saja bisa tumbuh dengan baik. Potongan batang tanpa akar sama sekali bisa tumbuh dengan baik tanpa ada satu pun yang mati.

Terletak di wilayah vulkanis yang banyak gunung berapi menjadikan Indoneia memiliki tanah yang subur karena banyak mengandung mineral dan hara tanah. Gunung berapi ketika meletus memang mengerikan namun, abu vulkanis yang dimuntahkannya mengandung mineral yang sangat dibutuhkan oleh . Maka, banyak yang bisa tumbuh dengan baik di negara kita ini, salah satunya miana, meski tanpa akar. Ditambah lagi Indonesia beriklim tropis di mana cukup mendapat matahari dan hujan. Tidak berlebihan kalau tanah kita disebut tanah surga. Ditakdirkan hidup di Indonesia adalah sebuah keberuntungan yang luar biasa.

Baca juga  Bermasalah dengan Alergi ? Jangan Remehkan Daun Ketepeng Cina, Manjur Tanpa Efek Samping

Tentang miana

Sumber foto : pixabay.com/senjakelabu29
Sumber foto : pixabay.com/senjakelabu29

yang memiliki nama ilmiah coleus atropurpureus (Plectranthus scutellarioides)

merupakan semak yang tingginya tidak sampai 2 meter. Batangnya tidak keras dan meruncing ke atas. Daun miana berbentuk oval seperti telur, pangkal daun membulat, sedangkan ujung daun meruncing dengan tulang daun menyirip.

Keindahan miana terletak pada daunnya yang mempunyai gradasi warna yang cantik, seperti warna di tengah daun ungu tetapi bagian tepi daun warna hijau. Jika ini diletakkan secara bergerombol akan semakin terlihat cantik.

Meski keindahannya terletak pada daunnya namun, miana juga memiliki yang tak kalah cantik dari daunnya. ini tumbuh di ujung atas batang .

Jenis miana

Sumber foto : https://www.kibrispdr.org
Sumber foto : https://www.kibrispdr.org

Jenis yang mudah dalam perawatannya ini sangat banyak. Banyaknya jenis Miana ini konon karena daun Miana seringkali berubah warna dan ukuran daunnya bila di tanam di wilayah yang berbeda-beda. Selain itu karakteristik Miana yang mudah dikawin silangkan mengakibatkan selalu munculnya Miana varian baru.

Baca juga  4 Tanaman Hijau Cantik Pembawa Kesejukkan

Beberapa jenis miana yang familiar dan banyak digemari adalah miana rasta, miaza wizard dan miana rainbow. Untuk miana wizard masih mempunyai varian lagi karena proses kawin silang, seperti golden, jade, scarlet, velvet, sunrise, dan green bay. Saya sendiri sewaktu membeli tidak memikirkan jenisnya karena memang sebelumnya saya tidak mengetahui tentang Miana sama sekali bahkan namanya pun tidak tahu. Saya hanya melihat warnanya unik dan harganya murah.

Sumber foto : pixabay.com/mohamed_hassan
Sumber foto : pixabay.com/mohamed_hassan

Miana dipercaya sebagai  Selain keindahan daunnya, ternyata miana sebagai juga menjadi sebab orang beramai-ramai menanam miana akhir-akhir ini. Teman saya salah satu orang yang menanam miana dengan tujuan untuk menjadikannya sebagai . Setelah saya membaca berbagai informasi ternyata miana dapat digunakan untuk membantu mengobati beberapa penyakit, seperti:

  • Penyakit wasir.
  • Bisul.
  • Sakit kepala.
  • Iritasi kulit karena sinar ultraviolet.
  • Menurunkan dan mengobati panas dalam.
  • Meringankan gejala batuk.
  • Diabetes.
  • Sakit perut.
  • Dan membantu para wanita mengatasi keluhan saat mentruasi tiba.

Bagaimana, tertarik untuk menanam miana? Rumah saya pun saat ini penuh dengan miana karena mudahnya ia tumbuh dan berkembang biak. Warna daunnya yang unik, harga bibitnya relatif murah, perawatannya pun mudah, dan mempunyai sebagai adalah alasan-alasan logis mengapa orang menanam miana di rumah. Selamat menanam!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

A Yahya Hastuti