Mining Cryptocurrency Hanya Menggunakan CPU

Mining Cryptocurrency Hanya Menggunakan CPU 1

Apakah bisa mining cyptocurrency hanya menggunakan CPU?

untuk menjawab pertanyaan di atas, saya ingin coba berbagi pengalaman bagaimana cara mining cryptocurrency hanya menggunakan CPU.

Saat ini mungkin teman-teman yang awam atau baru mempelajari dunia mining cyptocurrency berpikir bahwa jika ingin mining harus menyiapkan perangkat keras khusus yang bisa menangani beratnya proses mining ini dan harga perangkat keras tersebut tidak murah bagi sebagian kalangan.

Nah, kali ini saya sebagai orang yang baru saja coba-coba mining, ingin berbagi sedikit pengalaman, mulai dari cek keuntungan dari CPU yang teman-teman punya sampai proses mining-nya berjalan. Cryptocurrency yang akan kita mining kali ini bernama Monero.

Sebelumnya saya akan coba sedikit jelaskan apa itu cryptocurrency dan monero itu sendiri.

Pertama apa itu cryptocurrency dan monero?

Cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital yang dilindungi oleh berbagai kode rumit, mata uang ini biasanya digunakan untuk melakukan berbagai transaksi virtual di internet. Sedangkan Monero adalah salah satu jenis dari mata uang itu, seperti halnya Bitcoin, Ethereum dan teman-temannya.

Bagaimana cara mining monero hanya menggunakan CPU?

Sebelum masuk ke bagaimana cara mining-nya, pertama Jika teman-teman penasaran dengan profit dari mining, teman-teman bisa ketik di google `NAMA_CPU CPU MINING`, nanti teman-teman klik situs betterhash.net.

Contohnya saya menggunakan CPU AMD Ryzen 5 2400G, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :

keterangan profit dari situs betterhash.net
keterangan profit dari situs betterhash.net

selanjutnya kita masuk ke tahap untuk melakukan mining, Sebelum memulai mining ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu   

1. Mempunyai wallet monero

Hal pertama yang harus kalian punya adalah dompet monero, yang nantinya akan digunakan untuk men-transfer hasil mining teman-teman, di sini saya menggunakan wallet dari indodax, jika teman-teman sudah punya wallet monero dari tempat lain juga bisa digunakan.Jika teman-teman belum mempunya wallet monero, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1.1 Masuk ke situs indodax.com

Situs indodax.com
Situs indodax.com

1.2 Lakukan pendaftaran

Form Pendaftaran
Form Pendaftaran

1.3 Login untuk akses dashboard dari indodax

Dashboard indodax
Dashboard indodax

1.4 Masuk ke menu wallet dan pilih XMR

Daftar Wallet 
Daftar Wallet 

1.5 Klik buat alamat monero, kurang lebih tampilannya seperti ini

Buat Alamat Monero (gambar hanya ilustrasi)
Buat Alamat Monero (gambar hanya ilustrasi)

1.6 Alamat monero sudah berhasil dibuat

Contoh Alamat Monero
Contoh Alamat Monero

2. Download tool mining (XMRig)

Untuk download alat yang dibutuhkan bisa mengikuti langkah berikut :

2.1 Masuk ke situs minerxmr.com

Situs minexmr.com
Situs minexmr.com

2.2 Masuk ke menu mining guide

Tampilan Mining Guide
Tampilan Mining Guide

2.3 Klik link yang ada di langkah ke 2 (xmrig.com) dan klik link download

Halaman xmrig.com
Halaman xmrig.com

2.4 Klik tombol download berwarna hijau

Tampilan Halaman Download
Tampilan Halaman Download

2.5  Setelah download selesai, ekstrak file tersebut

Hasil Ekstrak File Download
Hasil Ekstrak File Download

3. Setup XMRig  

Setelah selesai download file xmrig dan ekstrak file-nya, langkah selanjutnya adalah melakukan setup config dengan cara buka file config.json di teks editor seperti notepad, atom, sublime text atau visual studio code, lalu ada beberapa hal yang harus di-setup :

3.1 Setup pools

Untuk melakukan setup pools, di dalam file config cari bagian pools, dibagian pools ini ada beberapa hal yang harus diganti, seperti url, user, rig-id, tls, dan tls-fingerprint.

– url merupakan alamat pool yang bisa dilihat di halaman mining guide, di sini saya menggunakan pool Singapore dengan port 443.

– user merupakan alamat wallet yang terdapat di situs indodax.

– rig-id merupakan nama alias dari komputer untuk mining, bisa diisi bebas.

– tls diberi nilai true.

– tls-fingerprint diberi nilai true.

Contoh Pools
Contoh Pools

3.2  Setup CPU

Dibagian ini kita bisa memaksimalkan kinerja CPU yang teman-teman punya, misalnya CPU saya mempunyai 4 cores dan 8 threads, jika kita hanya mengandalkan setting-an default, maka threads yang digunakan tidak akan maksimal.

Cara setting agar kinerja CPU yang digunakan maksimal adalah cari cpu  di dalam file config, cek bagian rx, coba diberi nilai -1 sebanyak jumlah threads yang teman-teman ingin gunakan, disini saya akan menggunakan semua threads yang berjumlah 8, maka setting-annya sebagai berikut :

Contoh rx
Contoh rx

Jika sudah selesai dengan setup file config.json, langkah selanjutnya adalah simpan file tersebut, lalu jalankan file xmrig.exe sebagai administrator, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, yang berarti proses mining sedang berjalan : 

Proses Mining Berjalan
Proses Mining Berjalan

Nah seperti itu cara mining cyptocurrency hanya menggunakan CPU, Mungkin sekian dulu dari saya untuk berbagi pengalamannya, semoga tulisan saya bermanfaat bagi pembaca semua.

Terima Kasih, Selamat Mencoba 😀

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Abby Darda Damarullah