Misteri Candi Ijo, Candi Tertinggi di Jogjakarta

Misteri Candi Ijo, Candi Tertinggi di Jogjakarta

Awalnya kami tidak di perbolehkan masuk ke Ijo ini, pintu masuk yang ada sudah terkuci, dengan alasan pandemi dan akan di lakukan pergantian jaga, kami tidak memaksa, hanya ijin untuk berfoto di luar pagar saja, diantara pagar kami bertanya tentang keberadaan ini, dan masih terdapat penggalian-penggalian di bagian sayap ini.

dokpri,   Maret 2022
dokpri,   Maret 2022

Petugas bertanya dari mana kami datang, kami jawab kami dari Bogor, .

Mungkin karena melihat kami dari jauh, kami di perbolehkan masuk dan diberi waktu hanya 10 menit saja, untuk melihat dan berfoto-foto di Ijo ini.

Baca juga  Situ Patenggang, Tempat Healing dan Ekowisata Di Bandung

Letak Ijo

dokpri,   Maret 2022
dokpri,   Maret 2022

Secara administratif Ijo terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, .

Ijo berada di ketinggian 395 mdpl, ini mungkin yang menyebabkan Bandar Udara pindah karena memang sedikit terganggu dengan keberadaan ini.

Kami melewati pintu kecil yang ada di bawah pos penjagaan, mengisi daftar kunjungan, kami tidak di pungut biaya masuk, tapi kami memberikan sedikit uang sebagai ucapan terima kasih sudah diperbolehkan berkunjung disini.

Baca juga  Berwisata Di Candi Muaro Jambi

Kami melihat masih terdapat penggalian-penggalian dilakukan, di bagian sebelah kiri kami masuk areal .

Terdapat besar atau kita sebut saja induk dan ada tiga buah kecil di depannya, dari data yang ada untuk ukuran induk 18,43 x 18,45 meter dengan ketinggian 16 meter.

Di dinding relief nya ada relung-relung dan terdapat arca Agastya, arca Ganesa, dan arca Durga.

Baca juga  Tempat Wisata Alam Tersejuk di Brebes

adalah Candi Hindu, diperkirakan dibangun pada 850-900 Masehi. Dibangun pada masa Rakai Pikatan dan Rakai Kayuwangi dari kerajaan Mataram Kuno. Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1886.

Waktu yang diberikan sepuluh menit kami gunakan sekitar dua puluh menit, karena petugasnya bilang tidak mengapa kalau lebih sedikit, sangat indah sekali memandang perkotaan yang ada di bawahnya, lebih indah lagi kalau kita melihat pesawat yang akan berangkat atau yang akan mendarat.

dokpri,   Maret 2022
dokpri,   Maret 2022

Sayangnya kami tidak bisa menunggu sampai matahari terbenam, karena waktu yang diberikan sangat terbatas.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Misbah Murad