Mitologi Nyata Dalam Manga & Anime One Piece

Mitologi Nyata Dalam Manga & Anime One Piece

merupakan salah satu yang cukup sukses dalam sejarah. Selama 20 Tahun ini tetap menjadi salah satu cerita fiksi unggulan di berbagai Negara yang menggemari . Untuk Manganya sendiri saat ini sudah mencapai lebih dari 980 Chapter dan Animenya sendiri sudah mencapai 890 lebih episode.

Tetapi yang menarik dari karya Eichiro Oda ini adalah banyaknya misteri dan alur cerita yang membuat semua orang penasaran dengan kelanjutan serta kejutan-kejutan di setiap Arc nya. Bahkan salah satu hal yang luar biasa, Eichiro Oda sebagai mangaka dari ini diketahui mengambil beberapa cerita-cerita dan mitos yang terjadi di beberapa penjuru dunia.

Pastinya sangat luar biasa bukan. Berikut adalah beberapa mitos yang diadaptasikan oleh Eichiro Oda dalam .

Senjata Kuno

Mitologi Nyata Dalam Manga & Anime One Piece

Dalam dunia ada yang namanya senjata kuno. Senjata kuno atau yang biasa disebut sebagai senjata pemusnah masal ini memang masih belum diketahui secara pasti bentuknya, karena pemaknaan senjata ini tidak hanya sebatas benda namun juga mahluk. Senjata Kuno adalah argumen yang digunakan oleh Pemerintah Dunia untuk melarang penelitian Void Century, karena mereka takut bahwa pengetahuan tentang senjata bisa mengakibatkan perang besar. Yang menarik untuk dibahas dari senjata kuno ini adalah, bahwa senjata pemusnah masal terdiri dari 3 jenis yang diberi nama Pluto, Uranus dan Poseidon

Pertama adalah Pluton. Nama pluton ini rupanya terinspirasi dengan nama Pluto yang biasanya sebut sebagai Dewa dunia Bawah di dalam Romawi. Sedangkan di Yunani lebih sering di sebut dengan nama Hades yang merupakan dewa penjaga neraka. Pluto sendiri secara umum mempunyai gambaran sebagai Dewa kematian dan juga dewa kekayaan karena mempunyai harta yang luar biasa banyaknya.

Baca juga  10 Karakter Anime Dengan Masa Lalu Paling Tragis

Yang kedua adalah Uranus, biasanya dianggap sebagai seorang dewa langit. Akan tetapi dalam Roma kuno di sebut dengan Caelus yang merupakan Dewa Langit Pertama.

Terakhir ada Poseidon yang sangat terkenal sebagai Dewa laut dan menguasai seluruh lautan yang ada di dunia. Dalam dunia Poseidon ini juga digambarkan sebagai seorang putri raja yang menguasai lautan, dan ia tidak lain adalah putri dari seorang raja lautan bernama Neptune.

 

Cerberus

Mitologi Nyata Dalam Manga & Anime One Piece

Cerberus adalah seekor anjing berkepala 3 yang bisa mengeluarkan nafas api. Dalam sejarah mitologinya, Cerberus ini merupakan peliharaan dari Dewa Hades sebagai penjaga gerbang Neraka. Hal ini bertujuan agar para penghuni dunia bawah (Neraka ) tidak keluar dari dari sana.

Di dunia sendiri Cerberus pernah diperlihatkan dalam Arc Thriller Bark. Disana Cerberus digambarkan sebagai penjaga pintu gerbang istana milik Gecko Moria. Ia adalah peliharaan dan makhluk buatan dari dokter hogback.

 

Ashura

Mitologi Nyata Dalam Manga & Anime One Piece

Pasti kalian tidak asing dengan kata ini. Dalam dunia , Ashura sendiri adalah salah satu teknik yang digunakan Zoro dalam ilmu berpedangnya. Biasanya saat Zoro sedang menggunakan teknik ini ia akan merefleksikan dirinya sendiri sehingga terlihat seperti 3 bentuk Zoro dengan 9 pedang. Tetapi jika kalian cermat, kekuatan Ashura ini benar-benar mirip dengan gambaran Ashura yang sebenarnya dalam India dan kisah Agama Hindu.

Ashura digambarkan sebagai seorang Dewa yang dengan badan besar menyerupai raksasa. Penyerupaannya pun sama dengan adaptasinya di yaitu mempunyai 3 kepala dan 6 buah tangan yang mengitari badannya.

Baca juga  5 Iblis Terkuat di Anime Fairy Tail

 

Hydra

Mitologi Nyata Dalam Manga & Anime One Piece

ini berasal dari Yunani dengan menggambarkan seekor naga berkepala Sembilan atau biasanya disebut sebagai Hydra. Yang unik dari ini adalah setiap kali kepala Hydra dipotong maka akan tumbuh lagi dan bahkan menjadi dua. Alhasil hal tersebut menyebabkan dirinya sulit sekali dibunuh oleh ksatria. Bahkan disebutkan pula jika naga Hydra ini memiliki darah yang sangat beracun. Satu-satunya cara membunuhnya adalah dengan membakar sang naga agar tidak bangkit kembali.

Eichiro Oda mengadaptasikan Hydra sebagai nama salah satu teknik yang dimiliki oleh Magellan. Ia merupakan penjaga sebuah penjara terketat di Dunia One Piece yang dimiliki oleh Pemerintah dunia bernama penjara Impel Down. Magelan biasanya menggunakan teknik ini dengan menyemburkan racun mematikan berbentuk naga untuk menyerang para musuhnya.

 

Kapal Noah

Mitologi Nyata Dalam Manga & Anime One Piece

Dalam salah satu dunia One Piece, terjadi sebuah perjanjian antara Joyboy dengan Raja Neptune. Dalam perjanjian tersebut diketahui Joyboy menggunakan sebuah kapal yang sangat amat besar untuk mengangkut para penduduk manusia ikan menuju ke permukaan. Penamaan kapal Noah sendiri sangat lekat dengan cerita bahtera Nuh yang sudah sangat terkenal, tentang kisah sebuah kapal pengangkut yang mampu menampung seluruh penduduk Bumi bersama para makhluk lain seperti Hewan dan Tumbuhan disaat banjir besar melanda selama berhari-hari.

 

Burung Phoenix

Mitologi Nyata Dalam Manga & Anime One Piece

Salah satu jenis buah di dunia One Piece adalah Buah type Zoan. Pengguna Buah tipe Zoan ini akan mendapatkan kemampuan untuk berubah menjadi hewan dan mendapatkan setiap sifat atau kemampuan spesial dari hewan tersebut. Salah satu pengguna type zoan ini adalah komandan divisi pertama bajak laut Shirohige atau Edwart Newgate. Dia adalah Marco The Phoenix yang nama dan julukannya memang diberikan berdasarkan kekuatannya yaitu bisa berubah menjadi mahluk berupa burung Phoenix. Bahkan, dari segi kekuatan pun Marco The Phoenix mempunyai kekuatan yang bisa dikatakan hampir serupa dengan legenda burung Phoenix di dunia nyata.

Baca juga  5 Karakter Paling Dibenci dalam Anime Fullmetal Alchemist

Dalam sejarahnya, Phoenix menjadi cerita yang sangat terkenal di Mesir kuno. Burung ini adalah legenda yang penggambarannya diserupakan mempunyai bulu sangat indah dan bisa berusia hingga ratusan tahun. Legenda lainnya mengatakan jika burung Phoenix mati maka ia akan terbakar dan dari sana akan terlahir burung Phoenix baru yang menandakan sebuah kelahiran baru dari satu kematian atau melambangkan sifat keabadian.

 

Kerajaan Odin

Mitologi Nyata Dalam Manga & Anime One Piece

Apakah kalian penggemar cerita sejarah ? jika tidak kalian pasti akan tetap mengenal tentang Kerajaan Ashgard. Ini adalah kerajaan milik dewa Odin dan pastinya banyak dari kalian sudah mengetahuinya dari film Thor atau avengers. Odin sendiri merupakan ayah dari legenda Thor yang juga seorang dewa petir.

Dalam dunia One Piece sendiri Ashgard ini adalah salah satu teknik yang digunakan oleh bajak laut Gecko Moria bernama Shadow Ashgard. Moria menggunakannya saat berada di Arc Thriller Bark, yang pada saat itu ia menggunakan jurus tersebut untuk menyerap seluruh bayangan yang telah dikumpulkan kemudian di satukan untuk dijadikan sebagai kekuatan miliknya.

Itulah tadi beberapa mitos atau cerita mitologi di dunia nyata yang di adaptasikan oleh Eichiro Oda dalam One Piece karangannya. Semua sumber dan referensi Eichiro Oda dalam menyusun skenario dalam manganya tidak pernah lepas dari isu-isu sejarah dan kisah-kisah mitologi yang ada di dunia. sekian

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Meramusenja

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa