Mobil Jaman Sekarang Gak Perlu Dipanasin, MITOS atau FAKTA?

Mobil Jaman Sekarang Gak Perlu Dipanasin, MITOS atau FAKTA? 1

Hello sahabat otomotif,setelah sekian lama off di dunia artikel,akhirnya kita balik lagi nih untuk kembali mengulas,membahas,dan mengupas perihal dunia otomotif.

Kali ini kita akan mengulas tentang opini,benarkah kendaraan atau lebih tepatnya mobil di jaman sekarang tidak perlu lagi dipanaskan mesin nya?

Sebelum kita membuktikan benar atau tidaknya,kita akan bahas dulu nih,apa sih tujuannya manasin mobil?

Karena banyak dikalangan orang yang awam di bidang mesin tidak tahu apa tujuannya.hanya sekedar menjadi rutinitas setiap pagi tanpa tahu efek dan tujuan.

1. MENINGKATKAN SUHU MESIN

Mobil Jaman Sekarang Gak Perlu Dipanasin, MITOS atau FAKTA? 3

Sesuai namanya,fungsi dan tujuan memanaskan mesin ialah untuk menaikkan suhu mesin.Mesin akan bekerja secara optimal dan efisien jika bekerja pada suhu tertentu.

sebaliknya jika mesin dalam keadaan dingin dan di paksa untuk jalan maka bensin atau bahan bakar yang terbawa oleh udara dari intake akan mengembun pada dinding intake sehingga bensin yang masuk ke ruang bakar lebih sedikit dan tenaga yang di hasilkan juga rendah.

Dan juga panas yang terjadi dari pembakaran yang seharusnya di konversi menjadi energi gerak akan merambat ke komponen lainnya.

sehingga tenaga hasil dari pembakaran tidak sampai 100% dan hal ini juga yang menyebabkan kendaraan menjadi boros jika masih dalam keadaan dingin.

2. PEMUAIAN

Mobil Jaman Sekarang Gak Perlu Dipanasin, MITOS atau FAKTA? 4

Seperti yang kita ketahui bahwa komponen mesin terbuat dari bahan logam.nah,sifat dari logam ini akan memuai apabila di panaskan.

sehingga komponen-komponen mesin terutama dinding piston akan mengalami gesekan dengan piston itu sendiri,sehingga mengakibatkan kerusakan komponen.

Nah,untuk mengatasi masalah ini,antara komponen tersebut dibuat celah toleran atau kerenggangan agar tidak terjadi gesekan pada saat logam memuai di sebabkan panas dari mesin.

Efek dari kerenggangan ini membuat tenaga mobil loyo dan lemot,sehingga agar terhindar dari masalah ini,logam ini perlu dipanaskan dengan cara memanaskan mobil.

Dengan tujuan agar celah kerenggangan tadi menjadi lebih sedikit rapat,sehingga mesin dapat bekerja dalam kondisi optimal.

3. PELUMASAN

Mobil Jaman Sekarang Gak Perlu Dipanasin, MITOS atau FAKTA? 5

Pada saat mesin mati apalagi dengan rentang waktu yang lama,maka seluruh oli bakal mengendap dan berkumpul di bagian bawah mesin atau tempat penampung oli(carter oli).

Sehingga akan membuat komponen mesin di bagian atas seperti piston dan klep tidak dapat terlumasi dengan maksimal.lalu apa akibatnya jika langsung tancap gas?

pastinya logam-logam ini akan tergores dan dalam jangka panjang akan mengalami kerusakan,karena bergesek tanpa ada yang melumasi.

Pada saat mesin di panaskan tentunya secara otomatis pompa oli akan bekerja dan oli akan bersirkulasi ke seluruh komponen mesin.

sehingga pada saat mobil akan di pakai,maka permukaan komponen mesin telah terlumasi seluruhnya menjadikan performa dan suara mesin menjadi lebih halus.

Lalu benarkah jika mobil jaman sekarang tidak perlu dipanaskan lagi setiap pagi?secara teori jawabannya IYA,mobil jaman sekarang tidak perlu di panaskan lagi setiap hari,kok bisa?

Seiring perkembangan tekhnologi pada mesin,masalah pada 3 poin yang sebelumnya kita bahas telah teratasi

PEMUAIAN

Mobil Jaman Sekarang Gak Perlu Dipanasin, MITOS atau FAKTA? 6

seperti halnya pemuaian logam,bahan konstruksi pembuatan mesin mobil sekarang ini memakai logam khusus yang bisa meminimalisir pemuaian,sehingga celah toleran atau kerenggangan dapat di buat menjadi rapat tanpa harus membuat mesin menjadi panas.

PELUMASAN

Mobil Jaman Sekarang Gak Perlu Dipanasin, MITOS atau FAKTA? 7

Oli saat ini juga mengalami perkembangan seiring perkembangan mesin,oli saat ini juga di campur dengan berbagai zat aditif,dengan tujuan agar oli bisa menyesuaikan dengan karakter mesin jaman sekarang.

dengan tekhnologi yang canggih,produsen oli mampu membuat pelumas yang bisa melekat pada komponen mesin pada rentang waktu yang lama.

sehingga meskipun tidak di panaskan oli tetap akan melekat pada komponen mesin.

SUHU MESIN

Mobil Jaman Sekarang Gak Perlu Dipanasin, MITOS atau FAKTA? 8

Sistem injeksi  elektronik saat ini mampu mengatasi permasalahan ini,dengan sistem pintar pada sensor kendaraan yang mampu membaca suhu kendaraan.

Dan menyesuaikan bahan bakar yang di suplai pada ruang bakar sesuai kebutuhan,sehingga RPM pun akan naik secara otomatis saat mesin dingin.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sayyid Aulia Akbar Alhabsyi

   

Menempuh dan fokus di jurusan halu selama beberapa dekade,hingga mencapai master