Montpellier: Sejarah, Oliver Giroud, Stadion & Momen Juara Ligue 1


Montpellier: Sejarah, Oliver Giroud, Stadion & Momen Juara Ligue 1

Montpellier yang bernama lengkap Montpellier Hérault Sport Club merupakan salah satu klub sepakbola yang mentas di kompetisi Ligue 1 atau kompetisi sepakbola Liga Utama Prancis.

Montpellier sendiri didirikan pada tahun 1919 dan merupakan klub yang berpusat di Kota Montpellier, Prancis. Montpellier sendiri masuk sebagai klub yang mampu bersaing di kompetisi teratas Prancis dan menunjukkan performa konsisten setiap musimnya.

Sedangkan klub ini berkandang atau bermain home di stadion Stade de la Mosson yang memiliki kapasitas sejumlah 32.900 penonton.

Gelar Juara Ligue 1 Montpellier, Pasang Surut

Untuk kali pertama dalam sejarah sejak klub ini berdiri secara resmi pada tahun 1974, pada akhir tahun 2012 atau pada musim kompetisi Ligue 1 2011/2012, klub yang mendadak menanjak penampilannya merayakan gelar juara Liga Utama Prancis untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Ini adalah gelar pertama, dan mereka bisa diatas klub raksasa Prancis lainnya, macam Lyon, Paris Saint Germain yang merupakan unggulan saat itu. Sebuah kejutan hal tak terduga mereka menjelma menjadi tim perkasa dengan menyapu bersih musim kompetisi dengan menduduki singgasana puncak klasemen akhir.

Musim yang sangat indah sepanjang perjalanan klub ini mengarungi kompetisi selama bertahun-tahun, bahkan ini kado terindah bagi pemilik klub yang ikut merayakan euforia kemenangan timnya meraih trofi bergengsi di daratan Prancis tersebut.

Meski juara, di tahun musim berikutnya mereka harus tersingkir dari persaingan kompetisi ketat di Liga Prancis, bukan tanpa alasan mereka juga harus kehilangan pemain kuncinya, Oliver Giroud yang dipinang oleh klub Liga Inggris, Arsenal. Alhasil tim yang semula mendominasi kompetisi harus terseok  di musim berikutnya, bahkan di kompetisi Eropa mereka tak merasakan manisnya kemenangan sepanjang pertandingan di Liga Champions.

Oliver Giroud

Salah satu andalan mereka Oliver Giroud yang total telah mengemas 33 gol sepanjang karir emasnya saat berseragam Montpellier, harus menerima pinangan klub lain. Arsenal yang beruntung mendapatkan servis penyerang kuat saat itu. Praktis dirinya harus profesional dan saat berlaga di kompetisi Eropa bahkan dirinya bertemu dengan mantan timnya.

Stadion Mosson

Mosson menjadi saksi bisu klub kebanggan kota Montpellier ini. Stadion ini dibangun sejak tahun 1972, dan mulai diresmikan swalnya hanya dengan kapasitas 16.000 penonton, namun akhirnya direnovasi dan menjadi 30.000 penonton. Stadion menjadi kandang atau home base dari klub fenomenal ini.

Prestasi

Sedangkan dari segi prestasi sendiri, klub ini telah banyak memberikan kontribusi juara bagi Kotanya, yakni gelar juara Liga Prancis, Piala Prancis dan kompetisi luar negeri atau kompetisi Eropa. Berikut beberapa rekor prestasi Montepellier semenjak klub ini berdiri satu abad silam.

Kompetisi Dalam Negeri

  • Kompetisi Liga Utama Prancis atau Ligue 1 juara satu kali yakni pada musim : 2011/2012;
  • Kompetisi kasta kedua Prancis atau Ligue 2 sebanyak tiga kali yakni pada musim : 1945/1946, 1960/1961, 1986/1987;
  • Kompetisi Piala Prancis atau Coupe de France sebanyak dua kali yakni pada tahun : 1929 dan 1990;
  • Kompetisi Division d’Honneur sebanyak dua kali : 1981, 1992
  • Kompetisi Coupe Gambardella sebanyak dua kali yakni tahun : 1996, 2009

Kompetisi Eropa

  • Kompetisi Piala Intertoto UEFA tahun : 1999

Kompetisi Piala Liga atau Coupe de la Ligue yakni pada tahun 1992.