Monumen Tugu Bambu Runcing Pontianak

Monumen Tugu Bambu Runcing Pontianak 1

Pontianak merupakan bagian dari Pulau Kalimantan yang berada dibagian ujung barat, dan berbatasan dengan negara Tetangga Malaysia.

Kota ini menjadi salah satu kota yang dilewati garis khatulistiwa, dan merupakan pusat dari ibukota Kalimantan Barat.

Kota ini memiliki nuansa yang tak kalah menarik dengan kota-kota lain di Indonesia, dan menajdi destinasi wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sungai Kapuas yang menjadi salah satu keindahan dan ikon Kota Pontianak ini memang menjadi surganya bagi pecinta wisata alam, karena ini merupakan salah satu sungai terbesar di Indonesia.

Monumen Tugu Bambu Runcing Pontianak 3

Pontianak tentunya memiliki deretan wisata menarik, baik itu berupa wisata alamnya maupun wisata bangunan yang menjadi ikon menarik di Kota Ini.

Ini akan menambah wawasan kalian, dan menjadi pengalaman paling berkesan apalagi jika kalian bisa berkunjung ke tempat ini.

Apalagi ketika mengisi waktu senggang disaat liburan atau rekreasi bareng keluarga maupun teman sahabat. Pengalaman menjadi hal yang baru, dimana ada sebuah tempat di Pontianak dengan pemandangan nya yang cukup berkesan.

Destinasi menarik yang patut kalian tahu adalah Tugu Bambu runcing yang berada di jantung kota Pontianak. Ini merupakan destinasi tempat menarik yang merupakan ikon kota Pontianak.

Ada sebuah bangunan menjulang tinggi berada di pusat kota, yang mengelilingi bundaran Simpang jalan dan mudah sekali untuk dijangkau.

Berada di Pusat Kota

Apalagi letaknya yang berada Strategis di pusat Kota, dengan nuansa lalu lintas jalan sembari kita bersantai sejenak melepas penat.

Kita bisa berhenti melihat secara langsung Tugu berbentuk bambu runcing yang berada di tengah-tengah kolam air, tempatnya yang sejuk dengan angin sepoi-sepoi.

Mereka banyak yang hanya sekedar berhenti untuk menghirup udara segar di dekat kolam air sembari melihat pemandangan bambu besar yang berbentuk runcing dengan nuansa historisnya.

Tugu bambu runcing ini telah asa sejak tahun 1987, merupakan bangunan bersejarah, dengan beberapa potret sejarah di Pontianak.

Memang tugu ini dibuat untuk mengenang sebuah momen pejuang di daerah ini. Bangunan ini ibarat monumen yang memiliki nilai sejarah tinggi. Tak hanya bangunan saja yang berdiri dengan nilai arsitektur nya saja.

11 Tonggak Bambu Runcing

Ada sekitar 11 buah bambu runcing yang berdiri berwarna warni, yang sangat ikonik. Tempat ini kerap dikunjungi berbagai wisatawan daerah maupun luar daerah.

Pastinya mereka selalu mengaitkan dengan sejarah panjang adanya banguann tugu bambu runcing, yang selalu identikkan dengan senjata perang masyarakat melawan para penjajah yang ingin menguasai daerahnya.

Tugu Bundaran Untan

Selain bernama tugu bambu runcing, nama lain disematkan oleh masyarakat sekitar, dengan menyebut tugu ini bernama Tugu Bundaran Untan.

Tugu yang merupakan bangunan monumental yang berada di Bundaran Universitas Tanjungpura, di Jalan Jend. Ahmad Yani, Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Memang letaknya sangat strategis di tengah Kota yang merupakan poros lalu lintas di Pontianak. 

Setiap hati pasti ramai dengan lalu lalang kendaraan yang melintas bundaran ini. Apalagi memang tugu ini berada di tengah-tengah bundaran Untan. Maka orang sekitar menyebutnya tugu bundaran Untan.

Alasan didirikan monumen

Ini merupakan Monumen bersejarah yang didirikan atas dorongan dalam memperingati perjuangan para tokoh Saeekat Islam di Kalimantan Barat, yang mengalami peristiwa pembuangan ke Boven Digoel, Irian Barat.

Hal inilah kemudian dibuatlah monumen bersejarah ini,  dengan simbol 11 bambu runcing, merupakan 11 tokoh penting yang berjuang melawan pemberontak.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.