Motivasi Menulis Berdasarkan Teori Penulisan


Motivasi Menulis Berdasarkan Teori Penulisan 1

Mengapa seseorang harus mengungkapkan gagasannya secara tertulis? Pertanyaan tersebut sering muncul dalam diri kita dikarenakan kita melihat bahwa berkomunikasi secara lisan memiliki keefektifan yang lebih besar dibandingkan dengan menulis. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, penggunaan tulisan maupun komunikasi verbal dapat menjadi efektif ketika kita menempatkan keduanya pada porsi yang tepat atau sesuai dengan fungsi dari keduanya. Penggunaan tulisan bisa menjadi lebih efektif ketika tulisa tersebut dibutuhkan di masa yang akan datang. Contohnya adalah penulisan artikel penelitian yang dibutuhkan di masa yang akan datang untuk terus dikembangkan dari penelitian tersebut. Dari contoh di atas kita bisa mengetahui bahwa tulisan memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

  • Tidak terbatas oleh waktu dan tempat
  • Dapat didokumentasikan
  • Penyelenggaraanya relatif lebih banyak
  • Biaya relatif murah

Motivasi Penulisan

Seseorang memiliki tujuan tertentu ketika mereka akan menulis. Tujuan tersebut dapat menjadi motivasi utama seseorang dapat menulis. Diantara motivasi utama seseorang menulis adalah sebagai berikut:

Tugas

Motivasi Menulis Berdasarkan Teori Penulisan 3

Salah satu motivasi utama seseorang menulis adalah diberikanya tugas. Menurut kbbi, tugas adalah sesuatu yang wajib dikerjakan atau yang ditentukan utuk dilakukan; pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seseorang; pekerjaan yang dibebankan.

Ketika seseorang diberi tugas untuk menulis, maka orang tersebut akan merasa memiliki tanggung jawab yang harus dia selesaikan. Biasanya penulisan dengan motivasi ini akan diberi timbal balik dari pemberi tugas untuk seseorang yang diberi tugas. Salah satu contohnya adalah seorang dosen yang memberikan tugas menulis artikel untuk mahasiswanya. Ketika mahasiswa menyelesaikan tugas tersebut, maka dosen akan memberikan timbal balik berupa nilai kepada mahasiswanya.

 

Komersial

Motivasi Menulis Berdasarkan Teori Penulisan 4

Diantara motivasi menulis lainnya yaitu komersial. Komersial sendiri berhubungan dengan niaga atau perdagangan. Secara umum, menulis karena komersial berhubungan dengan profesi seseorang. Misalnya seorang penulis novel yang sengaja menulis untuk mendapatkan uang dengan memperjualbelikan novel yang ia buat.

 

Intelektual

Motivasi Menulis Berdasarkan Teori Penulisan 5

Motivasi menulis karena intelektual biasanya dilakukan oleh seseorang yang melakukan penelitian, dimana mereka harus menulis untuk mendokumentasikan penelitian yang telah ia buat untuk dapat menjadi sumber referensi peneliti lain mengembangkan penelitian tersebut. Selain itu, menulis karena alasan intelektual juga dapat dilakukan oleh seorang guru yang menulis mata pelajaran untuk murid-muridnya atau juga seseorang yang memiliki hobi menulis dengan menulis artikel.

Contoh motivasi menulis oleh dosen adalah

  • Tugas
  • Komersial

Dosen menulis karena mengungkapkan gagasan yang ia miliki. Misalnya saat dosen menulis sebuah buku dan buku diusulkan ke penerbit. Setelah tulisan dipublikasikan dan diketahui orang banyak maka ia bisa mendapatkan upah dari tulisan yang ia buat.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nara siku

   

'Something complex is actually simple if we calmly to learn about it'

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap