Mudah Terdistraksi? Ini 5 Cara Agar Kamu tetap Fokus

Mudah Terdistraksi? Ini 5 Cara Agar Kamu tetap Fokus 1

Apakah kalian sering merasa mudah terdistraksidi saat seharusnya fokus mengerjakan suatu hal? Lagi ngerjain tugas yang deadlinenya mepet, tapi sering terdistraksi hal-hal lain? Entah cari playlist Spotify yang cocok dulu, cek notifikasi dulu dan masih banyak lagi kegiatan yang mencuri fokus kita. Alhasil bukan menyelesaikan hal yang harus kita kerjakan, kita malah asik sendiri melakukan hal-hal yang disebutkan diatas.

Berdasarkan survei yang diadakan di 17 negara berbeda, hampir separuh atau lebih dari 10.000 pekerja mengatakan mereka berjuang untuk berkonsentrasi di kantor.

riset kesejahteraan tersebut diadakan oleh Steelcaseā€”sebuah industri pemecahan kerja yang menganalisa penemuan pakar saraf dan peneliti kognitif. University of California menunjukkan bahwa pada kesimpulanya para pekerja kantor rata-rata dapat terdistraksi setiap tiga menit.

Bila kamu merasa menjadi salah satu yang sulit berkonsentrasi ketika mengerjakan suatu hal, kiranya kamu dapat menerapkan 5 cara ini untuk mengurangi distraksi yang mengganggu kamu, yuk kita bahas bareng-bareng!

Inilah 5 cara agar kamu tetap fokus

1. Pahami Bahaya Multitasking

pict: pixbay
pict: pixbay

Ketika tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikan semua tugas, pasti kamu akan mencoba untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu atau disebut dengan multitasking. Meskipun tujuanmu agar cepat selesai, tapi tidak semua orang bisa menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus. jika ingin cepat selesai, kamu tetap bisa mengerjakan pekerjaanmu satu-satu. Asalkan kamu tidak terdistraksi oleh hal lain seperti media sosial, acara TV, atau hal lainnya.

Nah, agar tidak mudah terdistraksi saat mengerjakan suatu hal, penting untuk mengetahui terlebih dahulu dampak negatif dari multitasking itu sendiri agar lebih mengerti bahwa multitasking sebaiknya dihindari.

Melansir Psychology Today, multitasking berisiko merugikan fungsi otak kita. Sebuah riset menyatakan bahwa orang-orang yang sering melakukan multitasking mengalami penurunan di area otak yang mengendalikan fungsi kognitif, yaitu pengatur motivasi dan emosi. Tidak hanya itu, multitasking juga memengaruhi memori otak kita baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang.

2. Batasi Tugas Harian

Mudah Terdistraksi? Ini 5 Cara Agar Kamu tetap Fokus 3

Dikutip dari Entrepreneur, orang umumnya akan mudah terdistraksi saat mengerjakan suatu hal bila merasa memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan. Hal itu membuat banyak orang menyerah sebelum memulai serta lebih rentan terdistraksi. Oleh sebab itu, disarankan untuk membatasi diri dan menentukan tiga hal utama yang harus dikerjakan dalam satu hari. Kamu bisa menuliskannya di catatan kecil serta menempelkannya di tempat yang senantiasa terlihat. Dengan membatasi jumlah target harian, kita bisa meningkatkan rasa mampu untuk menyelesaikan semuanya dan lebih termotivasi untuk fokus.

3. Membuat daftar prioritas

Setelah menentukan target harian yang akan diselesaikan dalam satu hari, selanjutnya adalah membuat daftar prioritas. Salah satu penyebab kamu tidak fokus adalah karena kamu tidak memiliki daftar prioritas. Sehingga kamu tidak bisa mengatur mana pekerjaan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Akhirnya kamu terburu oleh waktu. Sayangnya, pekerjaanmu menjadi tidak optimal karena dilakukan dengan terburu-buru. Cara menentukan prioritas yaitu dengan mengkategorikan tugas atau perkerjaan dalam 4 kategori:

  • Penting dan mendesak
  • Penting tidak mendesak
  • Mendesak namun tidak penting
  • Tidak penting dan tidak mendesak

Setelah menentukan standar prioritas tersebut tugas atau pekerjaanmu akan jauh lebih tertata.

4. Selalu Ingat pada Target dan Tujuan

Mudah Terdistraksi? Ini 5 Cara Agar Kamu tetap Fokus 4

Supaya bisa meningkatkan fokus, selalu ingat-ingat lagi kenapa ini penting dan asosiasikanlah dengan sasaran baik pribadi maupun industri. Dengan begitu, kita senantiasa fokus dan menahan diri agar tidak terdistraksi adalah hal yang penting. Tak peduli seberapa membosankannya tugas yang sedang dikerjakan maupun seberapa menggodanya notifikasi yang muncul di smartphone, kamu akan tetap fokus.

5. Jangan lupa untuk beristirahat

Mudah Terdistraksi? Ini 5 Cara Agar Kamu tetap Fokus 5

Banyak orang yang memaksakan diri untuk terus bekerja. Pernahkah kamu ketika memaksakan diri untuk memasak atau menjahit, kemudian tiba-tiba jarimu tersiram air panas atau tertusuk jarum? Ini salah satu tanda jika badanmu sebenarnya sudah lelah. Maka dari itu, saat merasa tubuhmu sudah lelah, jangan dipaksakan dan istirahatlah sejenak.

Demikianlah lima cara agar kamu tidak lagi mudah terdistraksi saat mengerjakan suatu hal. Selain melakukan ketiga hal di atas, kamu juga bisa bermeditasi dan berolahraga. Meditasi dan olahraga ternyata banyak membantu untuk meningkatkan tingkat kefokusan.

Jangan lupa dicatat dan dicoba, ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Wia Ukhrowia