Mudik Dilarang Tahun Ini, Berikut Beberapa Fakta Menarik Tentang Mudik


Mudik Dilarang Tahun Ini, Berikut Beberapa Fakta Menarik Tentang Mudik 1

Mudik adalah suatu kegiatan rutin tahunan yang pasti berlangsung di Indonesia. Momen mudik sudah melekat dengan suasana Lebaran. Bagi perantau, mudik merupakan waktu yang tepat untuk kembali ke kampung halaman. Momen ini dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga besar untuk melepas rindu.

Kembali lagi di tahun ini, perantau harus bersabar kembali, karena pemerintah membuat kebijakan untuk melarang mudik pada tanggal tertentu. Penyebab adanya larangan ini, karena penyebaran Corono masih signifikan sampai sekarang.

Pemerintah memang serba salah dalam menentukan kebijakan ini. Jika diijinkan mudik, akan dapat menyebabkan penyebaran Corona tidak terkendali. Jika dilarang, sudah pasti banyak yang kecewa dengan kebijakan ini, apalagi dari industri transportasi. Dalam hal ini pemerintah pasti sudah memikirkan dengan sangat baik untuk mengambil kebijakan pelarangan mudik tersebut.

Mudik memang satu kata yang selalu menarik untuk dibicarkan. Berikut disajikan beberapa fakta yang menarik tentang mudik.

1. Asal Usul Kata Mudik

Belum ada rujukan yang pasti tentang asal usul kata mudik. Beberapa ahli berpendapat, bahwa mudik berasal dari bahasa Jawa, yakni ‘mulih dilik’. Arti dari istilah ini adalah pulang sebentar saja.

Ada juga yang meyakini kata mudik berasal dari kata ‘udik’, yang berarti kampung. Sampai pada perkembangannya ditambahkan orang dengan kata ‘mulih udik’, yang berarti kembali ke kampung.

Pada prinsipnya, mudik bermakna tentang kepulangan untuk kembali ke kampung halaman.

2. Sudah Ada dari Zaman Majapahit

Tradisi mudik dipercaya sudah berlangsung dari zaman Majapahit. Pada zaman itu, ketika memperluas kerajaan, masyarakat kerajaan Majapahit juga melakukan perpindahan ke wilayah jajahan baru. Pada saat hari besar, seperti acara keagamaan warga yang sudah pindah itu akan kembali ke kampung halamannya kembali. Begitulah momen mudik tersebut di zaman itu.

Akan tetapi, tradisi mudik sendiri di Indonesia mulai semarak pada tahun 1970-an.

3. Jakarta Mendadak Jadi Sepi

Jakarta sebagai ibukota negara menjadi magnet bagi seluruh warga Indonesia. Banyak orang yang ingin mengadu nasib di sini. Hampir semua daerah di Indonesia, masyarakatnya mengadu nasib ke Jakarta.

Pada momen mudik, Jakarta akan seketika sepi dan bebas dari kemacetan. Penyebabnya karena mayoritas masyarakat perantau akan mudik ke kampung halamannya.

4. Ribuan Sepeda Motor di Jalan

Berbagai macam transportasi digunakan untuk melaksanakan mudik. Ada dengan mobil pribadi, pesawat, bis, kapal laut. Kebanyakan masyarakat menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi untuk mudik. Akan terlihat, ribuan sepeda motor di perjalanan selama momen mudik ini.

5. Berita Mudik di Media

Info tentang mudik setiap tahunnya akan menjadi berita yang menarik. Berita mudik ini sudah pasti akan disiarkan terus di media. Hampir dua minggu berita tentang mudik akan ditampilkan terus menerus. Orang yang tidak mudik akan merasakan sensani mudik dengan melihat berita di media. Berita kemacetan pada saat mudik menjadi berita yang hangat untuk dibahas setiap hari.

Begitulah beberapa hal yang menarik tentang mudik yang selalu berlangsung setiap tahunnya. Sangat disayangkan untuk tahun ini kembali lagi dilarang untuk mudik. Satu hal yang mungkin perlu kita doakan adalah masa pandemi ini akan segera cepat berlalu.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ian Bangun

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap