Muhammad Baihaqqi, Pemuda Peraih 4 Gelar di Usia 18 Tahun

Muhammad Baihaqqi, Pemuda Peraih 4 Gelar di Usia 18 Tahun 1
Muhammad Baihaqqi
Muhammad Baihaqqi

Muhammad Baihaqqi namanya, merupakan seorang pemuda asal Jakarta yang berhasil meraih 4 gelar saat usia 18 tahun, kisah ini dimulai ketika Baihaqqi lulus dari bangku SMA (Sekolah Menengah Atas). Saat itu, Baihaqqi yang masih berusia 17 tahun mencoba untuk terjun di sektor Pasar Modal, dengan modal yang dia miliki dan niat yang kuat, akhirnya Baihaqqi menggapai niatnya tersebut.

Baihaqqi merupakan seorang laki – laki Betawi asal Jakarta Timur, DKI Jakarta. Karena aktifitas yang di lakukan olehnya, Baihaqqi banyak berkenalan dengan para tokoh lainnya, ia lahir dari keluarga dengan latar belakang agama, sehingga sepanjang hidupnya ia tidak pernah lepas dari bimbingan keagamaan yang di berikan oleh orang tuanya, namun, dengan latar belakang itu, tidak membuat dia berhenti untuk berkembang di profesi nya yang juga sebagai seorang Praktisi Keuangan.

Baihaqqi memulai pendidikan dari Sekolah Dasar yang berada tidak jauh dari rumahnya, yaitu Sekolah Dasar Negeri 04 Jakarta di wilayah Cililitan, setelah lulus sekolah dasar, ia melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah pertama yang berada di komplek Angkatan Udara, yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri 14 Jakarta, saat di bangku SMP dia rajin mengikuti aktifitas organisasi siswa OSIS dan di tunjuk menjadi Ketua, setelah lulus di bangku menengah pertama, ia melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta yang berada di wilayah Jakarta Pusat, dalam riwayat organisasinya, ia di tunjuk sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) dan Ketua Badan Koordinasi OSIS Madrasah Aliyah Se – Jakarta Pusat, Kementerian Agama Kota Jakarta Pusa

Ketika Baihaqqi sudah berada di pasar modal, banyak yang dia pelajari mengenai keuangan yang berfokus pada pasar modal, seperti laporan keuangan perusahaan, aksi korporasi perusahaan, dan teknikal analisis dari sebuah pergerakan harga, dari situlah Baihaqqi termotivasi untuk mengenal keuangan lebih dalam.

Genap berumur 18 tahun, Baihaqqi mencoba untuk mendaftar sebagai seorang Perencana Keuangan yang diselenggarakan oleh AWP Academy, dia mengambil program Associate Wealth Planner (AWP) sebagai seorang perencanaan keuangan pemula, dia dinyatakan lulus setelah menyelesaikan ujian praktik yang diberikan, dan mendapat gelar AWP. Selanjutnya, Baihaqqi mencoba mendaftar lagi untuk menjadi seorang Pedagang Efek yang diselenggarakan oleh The Indonesia Capital Market Institute pada program Wakil Perantara Pedagang Efek Pemasaran (WPPE-P), dia juga dinyatakan lulus dalam program ini setelah melewati ujian tertulis.

Tidak cukup sampai situ saja, Baihaqqi mencoba mengambil lagi pelatihan sertifikasi sebagai seorang Analis Beban Kerja dan Performance Management yang diselenggarakan oleh Indonesia Excellent Education For Excellent Life Institute, dia dinyatakan lulus juga setelah melewati ujian praktik dan ujian tertulis, sehingga diberikan gelar Certified Professional Workload Analyst (CPWA) dan Certified Performance Management Professional (CPMP).

Jika dikumpulkan, maka Baihaqqi meraih 4 gelar, yaitu :

1. Associate Wealth Planner (AWP) dari Financial Planning Standard Board Indonesia dan Associate Wealth Planner Academy2. Wakil Perantara Pedagang Efek Pemasaran (WPPEP) dari The Indonesia Capital Market Institute (TICMI)

3. Certified Professional Workload Analyst (CPWA) dari Indonesia Excellent Education For Excellent Life Institute 

4. Certified Performance Management Professional (CPMP) dari Indonesia Excellent Education For Excellent Life Institute.

Saat ini, selain menjadi seorang Perencanaan Keuangan, Baihaqqi pun masih melanjutkan pendidikannya dengan mengambil program Sarjana Satu (S1) jurusan Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.