Negara-negara Ini Ternyata Banyak Menyerap Kosakata dari Bahasa Arab

Negara-negara Ini Ternyata Banyak Menyerap Kosakata dari Bahasa Arab

Dari semenanjung andalusia atau modern spanyol hingga dengan dua benua yaitu turki bahkan hingga nusantara, memiliki banyak sekali serapan-serapan kata yang mana, akar kata tersebut jika di telaah lebih lanjut adalah berasal dari .

Spanyol misalnya, memiliki kurang lebih mendekati 1,500 serapan bahasa arab, bahkan ada yang mengatakan hingga 3,000 – 4,000 serapan, italia memliki 300 serapan, perancis 400 serapan, jerman 200 serapan, turki 6,000 serapan, hingga bahasa melayu 3,000 serapan.

Lantas pertanyaannya apa latar belakang yang menyebabkan begitu banyaknya kosakata serapan dari di pelbagai belahan ? Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada bahasa satu dengan bahasa lainnya, yaitu faktor berdekatan, kekuasaan dan kebutuhan atau bisa juga dirinci dengan faktor sosial, agama, dan politik.

Baca juga  Perlu Tahu Nih, 9 Etika Makan Aneh dari Seluruh Dunia!

Faktor kedekatan sangat berpengaruh pada korelasi bahasa di daerah tersebut, contohnya bahasa turki. Bahasa turki memiliki 6,000 kosakata yang berakar kata dari , satu-satunya islam sekuler di ini memang memiliki faktor kedekatan geografis dengan jazirah arab dan memliliki faktor kedekatan sosiologis secara agama. Selain dari faktor berikut, turki juga memiliki faktor kekuasaan yaitu Kesultanan Turki Utsmani yang berkuasa dari 1299 hingga 1922 ini menyebabkan sangat berpengaruhnya dalam kosakata bahasa turki, bahkan hingga 1922 Kesultanan Turki menggunakan aksara arab dalam penulisan huruf-hurufnya. Contoh lain dari faktor kekuasaan adalah bahasa spanyol, pembebasan yang dilakukan kaum muslimin di wilayah eropa, menyebabkan efek pengaruh dalam bahasa di wilayah itu.

Baca juga  4 Fakta Menarik Negara Pakistan, Ada Jalan Raya Paling Berbahaya di Dunia

Umat islam berhasil membebaskan spanyol atau di islam disebut dengan andalusia sejak 92 H/711 M hingga 1492 M artinya umat islam berpengaruh selama 800 tahun di spanyol hingga, para sejarawan menyebutkan istilah islamic spain (Islam Spayol).

Baca juga  Pentingnya Sejarah Kemerdekaan Indonesia Bagi Pembentukan Karakter Anak

Kemudian yang terakhir adalah faktor kebutuhan. Faktor kebutuhan terjadi dikarenakan adanya tuntutan dalam bidang tertentu, modernisasi adalah faktor utamanya, misalkan bahasa inggris dan bahasa perancis, telah banyak mempengaruhi beberapa kosa kata di beberapa bahasa. Demikian pula halnya dengan yang mana berkaitan erat dengan agama islam. Sebagai pemeluk terbanyak ke-2 di tentu memliki banyak pengaruhnya di .

Daftar Pustaka

 The King Abdul Aziz Center, Arabic In World Languanges.

 Itzkowitz, Norman (1980). Ottoman Empire and Islamic Tradition

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

SALMAN RIZQAN KARIMA 2021