Nggak Banyak yang Tahu! Ini Cara Mengatur Keuangan Terbaik!

mengatur keuangan

Emang ada banyak sekali cara mengatur . Saking banyaknya, kita sampai bingung mau pakai cara yang mana. Tapi, apapun cara mengatur , yang jadi tujuan terpenting adalah kondisi yang aman sampai akhir hayat, bahkan kalau perlu sampai anak cucu, hingga generasi ketujuh. Terus gimana caranya? Nih, ogut kasih tahu cara terbaik yang ogut tahu untuk bisa mengatur kalian.

Pakai Prinsip 50, 30, 20

Prinsip ini sudah sering diketahui oleh banyak orang. Ini adalah prinsip dimana kita mengatur dengan besaran 50%, 30%, dan 20%. Maksudnya adalah kita bisa mengalokasikan 50% dari kita untuk biaya hidup sehari-hari. Misalnya makan, transport, sewa rumah, listrik, air, dan kartu kredit kalau ada. Lalu yang 30% adalah untuk hiburan, , atau baju atau yang kalian inginkan. Yang 20% untuk tabungan dan . Tapi kalau ogut menyarankan, yang - atau hiburan dan itu 20% aja. Jadi kalian bisa nabung lebih banyak.

Baca juga  Memahami Peran Penting Pengelolaan dan Perencanaan Keuangan dalam Kehidupan

Siapkan Dana Pensiun

Ini yang jarang orang lakuin. Mereka Jarang sekali menyiapkan dana pensiun. Apalagi ketika mereka sedang ada di usia produktif. Biasanya orang-orang itu mikir kalau yang mereka punya cuma untuk memenuhi kebutuhan sekarang. Padahal, dana pensiun itu penting. Emangnya dari mana kamu bisa dapet ketika udah pensiun. Dimana pas udah pensiun ya kamu udah nggak kerja lagi. Mau makan dari mana? makanya , siapin. Kalian bisa menyisihkan 10% untuk dana pensiun dari bulanan kalian kok.

Baca juga  Mau Jadi Apa 10 Tahun Lagi?Baca Ini Kalau Sekarang Kamu Umur 30 Tahun

Pakai

Banyak orang yang nggak terlalu suka dengan dengan alasan kalau mereka belum butuh atau itu merugikan bagi mereka. Kata siapa? Kalau kalian mengubah pandangan kalian tentang , justru itu menguntungkan buat kalian. Misalnya, kesehatan. Kita nggak tahu kapan kita akan sakit. Jadi, menyiapkan data untuk kita saat sakit kan nggak ada salahnya. Belum lagi pendidikan dan lain sebagainya. Semuanya penting. Tapiā€¦ pilihlah lembaga penyedia yang kredibel. Jangan yang abal-abal. Kalau bisa yang BUMN deh. Biar ditanggung negara.

Receh Jangan Dibuang

Ini juga penting nih. Kalau ada receh, entah itu 100 perak, 200 perak, atau 500 perak, jangan dibuang. Kumpulin di tabungan kecil. Siapa tahu suatu saat nanti akan kepakek receh itu. Entah untuk nambahin modal, atau untuk jajan tipis-tipis, atau malah untuk beli motor. Ada banyak sekarang orang yang bisa beli motor pakek receh. Nabung mereka itu sampek belasan tahun. Mantep kan?

Baca juga  Ini Dia Ciri Kondisi Keuangan Keluarga yang Sehat

Itu tadi beberapa cara yang ogut tahu bisa membantu kalian buat tetep memiliki yang aman sampai tua nanti. Inget, selama kita hidup, selama itu juga kita butuh biaya. Jadi persiapkan dengan baik semuanya ya! Biar nggak kelabakan di akhir.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.