Nih Sebutan Buat Para Pecinta Buku. Kamu yang Mana?

Nih Sebutan Buat Para Pecinta Buku. Kamu yang Mana? 1

Sebagai manusia, kita sejak kecil pasti memiliki hobi tersendiri dan tentu saja berbeda-beda. Ada yan suka mengoleksi benda antik, memasak, menggambar, bertualang, membaca buku, hingga dengan yang tidak umum sekalipun.

Nah, terkhusus buat kamu yang hobi membaca buku atau gemar bergelut di dunia perbukuan, beberapa sebutan di bawah ini kayaknya cocok buat kamu. Silakan disimak dan dipilah mana kira-kira sebutan yang cocok. Cus langsung aja.

1. Bibliomania

pixabay.com
pixabay.com

Sebutan bibliomania adalah sebutan yang pas bagi kalian yang gemar mengumpulkan buku secara rutin alias terus menerus sampai buku yang kalian kumpulkan menjadi bertumpuk-tumpuk. Kumpulin doang? Iya, cenderungnya seorang bibliomania seperti itu. Ia terobsesi hanya untuk mengumpulkan buku saja tanpa gemar membacanya. Bahkan ada yang sampai tidak dibaca sama sekali. Seperti yang dilansir dari idntimes.com, seorang bibliomania gemar mengoleksi buku karena bisa saja hanya sebagai bentuk pelampiasannya terhadap hubungan sosial dengan lingkungan sekitarnya yang kurang baik. Wah, sayang banget.

2.  Book Sniffer

pixabay.com
pixabay.com

Ini merupakan sebutan bagi mereka yang hobi menciumi aroma buku. Kita pun tahu, bahwa buku memiliki aroma khas kertas yang berbeda-beda. Dan seorang book sniffer memiliki kecenderungan yang demikian, tidak hanya pada buku baru tapi juga dilakukan pada buku lama bahkan buku usang. Hem, seperti terdapat kenikmatan tersendiri ketika mereka mencium aroma buku yang kayaknya enak itu.

3. Bibliophile

pixabay.com
pixabay.com

Bibliophile adalah sosok pecinta buku sejati. Mereka tidak hanya mengoleksinya saja, namun benar-benar membacanya hingga tuntas. Tentu saja mereka sangat mencintai hobinya tersebut. Dan seorang bibliophile masih dapat dikatakan dalam kondisi wajar, karena mereka tidak memiliki niatan untuk terobsesi yang terlalu.

Mereka merawat buku seperti sahabat sendiri, dan rela membuat perpustakaan pribadi demi buku-bukunya tersebut. Unch..

4. Biblioarti

pixabay.com
pixabay.com

Biblioarti adalah sbeutan bagi mereka yang cenderung ingin melindungi buku-buku dengan perasaan kagum yang berlebih. Tujuannya, agar bukunya tidak diambil oleh orang lain.

5. Bibliognost

pixabay.com
pixabay.com

Adalah sebutan bagi mereka yang mengetahui tentang suatu buku serta mengetahui secara detail tentang hal-hal di dalamnya. Misalnya seperti halaman, bab, dan daftar pustakanya.

6. Book-bosomed

pixabay.com
pixabay.com

Kita pasti sering menjumpai orang-orang jenis ini, yakni membaca buku di manapun mereka berada. Di kereta, bus, tempat umum, taman, dan lain sebagainya. Kegemaran mereka yang suka membawa buku kemanapun disebut sebagai book-bosomed. Maka dari itu, saat ada kesempatan atau waktu luang mereka menyempatkannya untuk membaca buku.

7. Bibliophagist

pixabay.com
pixabay.com

Lebih dari sekedar seorang bibliophile, bibliophagist ialah mereka yang begitu menyenangi genre buku serta mencintai tulisan dari kata demi katanya. Ia mampu membaca buku sampai benar-benar mendalami cerita di dalamnya, hingga hanyut keseluruhan tanpa ada yang tertinggal. Oleh sebab itu mereka bisa memahami isi dari cerita yang terkandung dalam buku-buku yang mereka baca.

8. Logophile

pixabay.com
pixabay.com

Merupakan sebutan bagi mereka yang sangat mencintai kata-kata yang terdapat dalam buku. Orang-orang logophile biasanya cenderung suka menulis, dan gemar membuat pelampiasan dengan segala rasa yang ada  dan pemikirannya serta sudut pandangnya di dalam kata-kata. Disusun secara indah atau sesuai selera dan tergabung menjadi kalimat yang utuh.

Oleh sebab itu, orang-orang golongan ini biasanya cepat menguasai kosa kata baru.

Nah gimana sobat, kalian masuk pada kategori sebutan yang mana nih?

Referensi :

  • https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/rahmadila-eka-putri/13-macam-julukan-buat-pecinta-buku-mana-yang-kamu-banget-c1c2/9  
  • https://www.gramedia.com/blog/istilah-pecinta-buku-yang-jarang-diketahui/

 

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.