Nikmati Surga Tropis 4 Tempat Wisata di Maluku Utara

Nikmati Surga Tropis 4 Tempat Wisata di Maluku Utara

Tidak salah jika ada yang mengatakan bahwa adalah “Surga Tropis” yang dimiliki Indonesia. Karena di propinsi yang beribukota Sofifi ini tampak selalu berhias untuk menunjukkan kemolekannya.

Untuk mengetahui betapa indahnya panorama yang dimiliki propinsi dengan 395 ini, dapat dilihat dari 4 tempat berikut ini.

1. Gura Ici

Nikmati Surga Tropis 4 Tempat Wisata di Maluku Utara

Gura Ici adalah nama kepulauan dengan hanya satu yang ditempati sebanyak 200 Kepala Keluarga, yakni Lelei, sementara yang lain belum berpenghuni.

Berada di tengah Garis Khatulistiwa, menjadikan kepulauan ini kaya akan biota dan sangat untuk dijadikan tempat diving dan snorkeling. Menyelam di perairan Kepulauan Gura Ici ini menjadi sangat menyenangkan karena di dasar penyelam bisa bermain-main dengan Ikan Pari Manta.

2. Danau Tolire

Nikmati Surga Tropis 4 Tempat Wisata di Maluku Utara

Danau yang berada di kaki Gamalama ini terdiri atas dua danau yang berjarak sekitar 200 meter, yakni Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Karena letak Danau Tolire Kecil berada di bawah, siapapun yang hendak menuju ke Danau Tolire Besar, harus melewati danau kecil yang berair payau terlebih dahulu.

Baca juga  Pangandaran Bukan Sekedar Wisata Pantai

Namun, meski lebih mudah untuk dijangkau, Danau Tolire kecilyang jaraknya hanya sekitar 50 meter dari , kurang begitu perhatian. Para pengunjung lebih suka menikmati keindahan Danau Tolire Besar yang bentuknya menyerupai Loyang dengan luas sekitar 5 hektar dan kedalaman sekitar 50 meter.

3. Gamalama

Nikmati Surga Tropis 4 Tempat Wisata di Maluku Utara

Tempat lainnya yang beberapa waktu lalu banyak menghiasi media massa adalah Gamalama. yang belum lama ini menyemburkan laharnya, memang terkesan berbahaya karena merupakan salah satu berapi yang masih aktif dan sewaktu-waktu bisa meletus.

Baca juga  7 Pantai Cantik di Sulawesi Utara yang Mempesona

Namun, pesona kecantikan yang menyelimuti ini, rupanya jauh lebih bagi para penjelajah dan pendaki , sehingga risiko sebesar apapun tidak menyurutkan keinginan mereka untuk bercengkeramah dengan Gamalama.

Betapa tidak, dari atas ketinggian ini, dapat dinikmati keindahan hamparan kebun pala dan cengkeh, menikmati kecantikan Ternate, juga lanskap dari - di sekitarnya.

Di ini, para pendaki juga dapat menemui tempat-tempat yang unik, seperti Mata Air Abdas, yakni mata air yang berada dalam lekukan batu yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, serta kuburan nenek moyang masyarakat Ternate yang umurnya sudah ratusan tahun.

4. Morotai

Nikmati Surga Tropis 4 Tempat Wisata di Maluku Utara

yang terletak di sebelah utara Halmahera ini adalah saksi sejarah Perang II, karena di inilah Jepang pernah membangun pertahanannya sebelum akhirnya direbut oleh Sekutu dan dijadikan pangkalan militer.

Baca juga  4 Destinasi Tersembunyi Di Jawa Tengah, Bikin Penasaran

Peninggalan dari pertempuran besar antara Jepang melawan sekutu tersebut kini bisa disaksikan di Museum Morotai yang menyimpan koleksi peninggalan Perang II, seperti senjara-senjata yang dipakai pada pertempuran tersebut juga kendaraan lapis baja yang masih utuh.

Selain di Museum, peninggalan perang tersebut juga bisa disaksikan di dasar Perairan Morotai berupa bangkai pesawat Jepang bernama Bristol Beuford yang kini banyak ditumbuhi terumbu karang dan dijadikan tempat hidup ikan-ikan serta biota lainnya.

Lokasi tenggelamnya pesawat Jepang ini menjadi salah satu dari 25 titik penyelaman yang menyuguhkan pesona bawah yang mempesona di kawasan perairan Morotai.

Itulah 4 tempat yang memiliki daya tarik luar biasa untuk dikunjungi dan menjadi bukti bahwa adalah “Surga Tropis” yang dimiliki Indonesia. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan