Nomina, Pronomina, & Numeralia dalam Bahasa Indonesia

Nomina, Pronomina, & Numeralia dalam Bahasa Indonesia 1

Bahasa Indonesia mengenal adanya kelas kata untuk mengelompokkan kata berdasarkan fungsi dan peranannya masing-masing. Kelas kata merupakan kelas atau golongan kata berdasarkan bentuk, fungsi, dan maknanya dalam sistem gramatikal. Nomina, pronomina, dan numeralia merupakan beberapa kelas kata yang terdapat dalam bahasa Indonesia. Berikut ialah penjelasan lebih lengkap mengenai kelas kata nomina, pronomina, dan numeralia dalam bahasa Indonesia.

1. Nomina

Nomina biasa disebut juga dengan kata benda. Nomina ialah kelompok kata yang mengacu pada manusia, hewan, benda, dan konsep atau pengertian. Contohnya, kata dokter, kupu-kupu, gelas, dan demokrasi termasuk dalam kelas kata nomina karena mengacu pada manusia, binatang, benda, dan konsep atau pengertian.

dokter             → manusia

kupu-kupu      → hewan

gelas              → benda

demokrasi      → konsep atau pengertian

Untuk memudahkan mengenali kata yang temasuk dalam kelas kata nomina ialah kata tersebut tidak dapat dinegasikan dengan kata tidak (tidak dapat bergabung dengan kata tidak). Untuk menegasikan nomina, menggunakan kata bukan.

Kata dokter termasuk nomina karena tidak dapat dikatakan tidak dokter, tetapi bukan dokter

Kata kupu-kupu termasuk nomina karena tidak dapat dikatakan tidak kupu-kupu, tetapi bukan kupu-kupu.

Kata gelas termasuk nomina karena tidak dapat dikatakan tidak gelas, tetapi bukan gelas.

Kata demokrasi termasuk nomina karena tidak dapat dikatakan tidak demokrasi, tetapi bukan demokrasi.

Selain contoh kata-kata tersebut, masih banyak kata-kata lain yang termasuk dalam kelompok nomina. Kamu bisa mencarinya dengan mudah di dalam kamus, baik kamus daring maupun kamus luring.

2. Pronomina

Pronomina biasa disebut juga dengan kata ganti. Pronomina merupakan kata yang dipakai untuk mengganti nomina. Pronomina mengacu pada nomina lain. Contoh:

– Mona dan Mone adalah saudara kembar. Anehnya, mereka tidak terlihat mirip.

Kata mereka pada kalimat tersebut termasuk dalam kelas kata pronomina karena fungsi kata mereka pada kalimat tersebut adalah menggantikan Mona dan Mone agar tidak terjadi pengulangan kata yang berlebihan. Kata mereka dalam kelas kata pronomina termasuk dalam pronomina persona ketiga karena mengacu pada manusia (kelompok persona ketiga).

– Aku, Ze, dan Ri sudah berteman sejak kecil. Bahkan hingga saat ini, kami masih sering bermain bersama.

Kata kami pada kalimat tersebut termasuk dalam kelas kata pronomina karena fungsi kata kami pada kalimat tersebut ialah menggantikan aku, Ze, dan Ri agar tidak terjadi pengulangan kata yang berlebihan. Kata kami dalam kelas kata pronomina termasuk dalam pronomina persona pertama kelompok eksklusif karena pembicaraan tidak melibatkan orang kedua. Masih banyak lagi jenis pronomina yang akan kita bahas secara lebih rinci pada artikel selanjutnya.

3. Numeralia

Numeralia biasa disebut juga dengan kata bilangan. Numeralia merupakan kelompok kata yang menunjukkan bilangan atau kuantitas. Terdapat dua jenis numeralia, yaitu numeralia pokok dan numeralia tingkat. Numeralia pokok dapat diartikan sebagai bilangan dasar, seperti satu, dua, tiga, empat, lima, dan seterusnya, sedangkan numeralia tingkat merupakan numeralia pokok yang ditambah dengan ke- pada bilangan yang bersangkutan, seperti kesatu (pertama), kedua, ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh