Nostalgia Jajanan SD di Depan Sekolah!

Nostalgia Jajanan SD di Depan Sekolah! 1

Masa Sekolah Dasar merupakan fase yang bisa dibilang paling menyenangkan bagi beberapa orang. Jajanan yang dijual di depan sekolah menjadi target utama ketika bel pulang berbunyi. Mulai dari di depan gerbang hingga di seberang, terdapat ragam jajanan yang didominasi gorengan dan super menggiurkan. 

Eits, tenang saja! Nostalgia kali ini nggak akan membahas jajan gorengan saja. Akan tetapi, akan ditampilkan ragam jajanan lainnya. Yuk, kita intip bareng-bareng!

1. Telur Gulung

Sumber: bp-guide.id
Sumber: bp-guide.id

Siapa sih yang nggak tahu sama jajanan dengan kategori paling banyak diminati? Citarasa telur yang dibalut dengan saus sambal mampu menggugah selera. Terkadang, beberapa penjual menawarkan topping tambahan, seperti telur puyuh atau sosis di dalamnya. Hal ini tentu saja tidak akan mengurangi kenikmatan dari telur gulung. 

Selain citarasa yang amat sedap, telur gulung ini juga ramah di kantong. Cukup dengan Rp1.000,00 saja, satu tusuk telur gulung sudah di tangan. Akan tetapi, sama seperti makanan pada umumnya, adanya topping, membuat harga sedikit berbeda. Kurang lebih 1.500-2.000 per tusuknya. Tertarik untuk mencoba?

2. Telur Jelly

Sumber: IDN Times
Sumber: IDN Times

Wah, siapa sangka telur jelly ini menjadi salah satu jajanan yang patut untuk dikenang. Bentuknya yang bulat-bulat mirip telur dan berbahan jelly merupakan alasan mengapa jajan ini disebut dengan telur jelly. Rasanya yang kenyal serta beragam warna yang cerah, cocok disantap selepas pulang sekolah. Beberapa penjual ada yang menyediakan susu kental manis rasa vanilla dan cokelat sebagai tambahan topping. Eits, tenang saja. Harganya tetap sama, kok.

Pembeli yang notabene anak-anak SD, memiliki beragam cara untuk menyantap jajanan satu ini. Ada yang menggunakan tusuk gigi dengan plastik terbuka (tidak diikat), ada pula yang langsung merobek bagian ujung plastik dengan bagian atasnya telah diikat. Kalau kamu, tipe yang mana?

3. Es Wawan

Sumber: shopee.id
Sumber: shopee.id

Pereda dahaga, es wawan jawabannya! Es yang berbahan dasar susu yang dibekukan ini memiliki rasa yang mirip dengan es krim. Namun, ini versi tidak menguras kantong. Tekstur yang lembut dan rasa yang manis berkolaborasi menghasilkan sensasi yang pas di dalam mulut.

Beberapa orang menyebutnya es potong karena cara memakannya adalah memotong bagian tengah hingga terbelah menjadi dua bagian. Ingat tidak, ketika dulu biar lebih hemat, patungan bersama teman untuk bisa menikmati es wawan ini?

4. Leker

Sumber: kompas.com
Sumber: kompas.com

Renyah di luar, lembut di dalam! Bisa dibilang, kue leker ini merupakan crepes versi lokal. Kulitnya yang kriuk dipadu dengan lembut dan manisnya topping di dalamnya. Mulai dari meses, cokelat hingga pisang terbungkus oleh kulit leker yang renyah. 

Saat ini masih ada beberapa penjual yang menjajakan dagangannya tidak hanya di sekolah, namun juga di pinggir jalan. Proses membuatnya pun cukup mudah. Tertarik untuk mencoba di rumah?

5. Sempol Ayam

Sumber: jateng.tribunnews.com
Sumber: jateng.tribunnews.com

Jangan salah! Bentuknya memang mirip dengan yang nomor 1 tadi, tetapi ini beda. Jajan yang ditusuk dan digoreng ini bernama sempol ayam. Makanan ini datang dari salah satu Kota di Jawa Timur, yaitu Malang. Daging ayam yang dicampur dengan sedikit aci serta dibalut telur mampu menciptakan rasa yang nikmat. 

Bagi kamu yang kangen dengan jajan satu ini, bisa banget berkunjung ke SD, ya. Siapa tahu, penjualnya masih ada atau bisa juga mecoba membuat di rumah. Selamat mencoba!

Nah, itu dia beberapa jajanan masa SD. Adakah yang menjadi favoritmu?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Tarani Helianthus