Nyeri Haid, Ini Cara Mengatasinya!

Nyeri Haid, Ini Cara Mengatasinya!

Menstruasi atau haid adalah siklus bulanan yang  dialami hampir semua wanita yang sudah beranjak dewasa. Menstruasi terjadi saat sel telur (ovum) tidak dibuahi oleh sperma. Keadaan ini akan membuat dinding rahim/uterus meluruh dan terjadi pendarahan. Menstruasi biasanya terjadi pada seorang wanita setiap bulan. Selama menstruasi ada beberapa  hormon yang berperan antara lain estrogen, progesteron, FSH, dan LH.

Dalam masa menstruasi tersebut, American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyatakan bahwa lebih dari setengah wanita yang mengalami menstruasi mengeluhkan rasa sakit yang disebabkan oleh menstruasi itu sendiri. Rasa sakit atau nyeri saat haid (Dismenore)  itu biasanya disebabkan oleh kram menstruasi. Karam menstruasi ini dapat menyebabkan rasa nyeri di perut, punggung bawah, selangkangan, atau paha atas.

Hal ini adalah hal yang biasa terjadi. Diduga, Dismenore ini disebabkan oleh senyawa di dalam tubuh yang bernama Prostaglandin. Tingkat prostaglandin Anda paling tinggi pada hari pertama periode menstruasi, itulah sebabnya nyeri haid biasanya lebih buruk pada hari pertama. Saat menstruasi berlanjut dan lapisan rahim dilepaskan, tingkat prostaglandin Anda menurun dan rasa sakit menjadi lebih baik.

Baca juga  Perlu Diketahui 6 Gejala Gangguan Hormonal PCOS

Tingkat rasa nyeri yang dirasakan saat menstruasi pun berbeda tiap orangnya. Ada yang merasa sangat sakit hingga tak bisa beraktivitas dengan normal, tapi ada juga yang tidak merasakan sakit sama sekali. Namun, tenang saja, banyak cara untuk mengurangi rasa nyeri yang menyiksa itu. Meski efeknya berbeda-beda setiap orangnya, tidak ada salahnya untuk mencoba.

1. Minum Air

Minum air khususnya air hangat akan memberikan efek relaksasi pada otot dan mengurangi rasa kram yang terjadi pada perut.

Baca juga  3 Makanan untuk Mencegah Migrain Saat Menstruasi

2. Konsumsi Makanan Anti Inflamasi

Makanan anti inflamasi akan berguna untuk meredakan nyeri dan kram di perut secara alami. Contoh makanan yang merupakan anti inflamasi alami adalah buah beri, tomat, nanas, sayuran berdaun hijau, almond, kenari, dan ikan berlemak, seperti salmon.

3. Hindari Kafein

Salah satu cara agar nyeri haid tidak semakin parah adalah dengan menghindari mengonsumsi kafein. Karena kafein dapat membuat pembuluh dara menyempit dan akan memperparah nyeri yang kamu rasakan.

4. Kompres dengan Air Hangat

Rasa hangat akan membuat otot menjadi lebih rileks, memperlancar aliran darah dan meredakan ketegangan yang ada di perut kamu. Kamu bisa mengompres perut dengan kain yang sudah dibasuh atau dicelupkan ke dalam air hangat. Atau kamu juga bisa melakukannya dengan mengisi botol dengan air hangat dan meletakkannya di atas perut kamu.

Baca juga  5 Cara Untuk Melancarkan Haid

5. Olahraga Ringan

Meski orang yang sedang menstruasi cenderung malas bergerak dan ingin terus rebahan, ternyata sedikit olahraga ringan bisa meredakan nyeri yang kamu rasakan. Olahraga membantu memperlancar aliran darah, hormon endorfin yang dihasilkan dapat membantu mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh hormon prostaglandin.

6. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol, tapi kamu harus memperhatikan aturan pakai. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumssi obat tertentu.

Nah itu dia beberapa tips untuk mengatasi nyeri haid yang menyiksa. Kamu bisa mencoba beberapa tips di atas apabila kamu merasa perlu. Namun, jika kamu merasa nyeri yang kamu alami terasa sangat parah, kamu bisa menghubungi dokter karena itu bisa saja merupakan tanda atau gejala sebuah penyakit. Semoga bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

RintihHujan