Oaktree Capital, Penyuntik Dana Inter Milan dengan Total Pengelolaan Aset Rp 2.253 Trilyun

Oaktree Capital, Penyuntik Dana Inter Milan dengan Total Pengelolaan Aset Rp 2.253 Trilyun 1

Suntikan Dana untuk Inter Milan Sebesar 4,8 Trilyun Rupiah. 

Belum lama ini, pada 21 Mei 2021, dikabarkan bahwa klub sepakbola asal Italia, Inter Milan, disuntik dana sebesar 275 juta euro atau sekitar 4,8 trilyun rupiah. Berdasar warta dari kantor berita Italia ANSA, dana penyelamat itu diberikan oleh sebuah perusahaan keuangan asal Amerika Serikat Oaktree Capital Management, Inc. Telah tercapai kesepakatan antara firma tersebut dengan pemilik Inter Milan, Suning Group, bahwa dana sebesar trilyunan rupiah yang digelontorkan itu harus dikembalikan dalam jangka waktu tiga tahun.

Logo Oaktree Capital Management. Sumber: wikimedia.org
Logo Oaktree Capital Management. Sumber: wikimedia.org

“Setelah adanya proses due diligence dan dengan kesamaan visi jangka panjang, hari ini Inter telah menyelesaikan kesepakatan pembiayaan dengan dana yang dikelola oleh Oaktree Capital Management,” ungkap perwakilan Nerazurri kepada kantor berita ANSA, “Dengan kesepakatan pembiayaan ini, pemegang saham akan terus mendukung Inter untuk mengatasi berbagai problem dan peluang-peluang yang hilang selama adanya COVID-19.”

Ilustrasi logo Inter Milan dan Oaktree, diedit oleh RK Awan. Sumber gambar-gambar: wikimedia.org
Ilustrasi logo Inter Milan dan Oaktree, diedit oleh RK Awan. Sumber gambar-gambar: wikimedia.org

Situs keuangan sepak bola Calcio e Finanza melaporkan, untuk menghindari membebani aset klub yang bermasalah dengan utang lebih lanjut, Oaktree akan memberikan pinjaman kepada Great Horizon Sarl –perusahaan induk yang berbasis di Luksemburg di mana Suning Group mengendalikan FC Inter. Jika Suning Group gagal menjalankan kesepakatan pengembalian dana, maka Oaktree Capital dapat mengambil alih 68,55% saham Inter Milan. Kepemilikan klub Inter Milan saat ini dibagi antara Suning Group yang telah menjadi pemilik FC Inter sejak 2016, bersama dengan pemodal ventura Singapura LionRock Group yang saat ini memiliki saham minoritas sebesar 31,05%.

Profil Oaktree Capital Management dengan Aset yang Dikelola Lebih dari 2000 Trilyun Rupiah

Oaktree Capital Management didirikan pada bulan April tahun 1995. Perusahaan ini didirikan bersama pada tahun 1995 oleh sebuah kelompok yang sebelumnya bekerja bersama di sebuah firma manajemen aset yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat bernama Grup TCW pada tahun 1980-an. Para pendiri perusahaan ini adalah Howard Marks, Bruce Karsh, Steve Kaplan, Larry Keele, Richard Masson, dan Sheldon Stone.

Oaktree bermarkas di Wells Fargo Tower, yang terletak di Los Angeles, California. Menurut berita di situs Los Angeles Times pada tahun 2014, di menara tersebut kantor Oaktree menempati lantai 23–25, 27–30, dan lantai 34. Selain kantor pusat di Los Angeles, Oaktree juga memiliki kantor-kantor di berbagai kota di belahan dunia. Kota-kota yang menjadi lokasi kantor-kantor perusahaan ini adalah: (1)Los Angeles, (2)New York, (3)Stamford, (4)Houston, (5)London, (6)Paris, (7)Frankfurt, (8)Amsterdam, (9)Dublin, (10)Helsinki, (11)Luksembourg, (12)Dubai, (13)Hong Kong, (14)Tokyo, (15)Singapore, (16)Seoul, (17)Beijing, (18)Shanghai, dan (19) Sydney. Kantor-kantor di Amsterdam, Dublin, dan Luksembourg adalah kantor-kantor pengelola dana yang terafiliasi dengan Oaktree.

Tabel perkembangan jumlah asset under management Oaktree. Sumber gambar: situs Oaktree
Tabel perkembangan jumlah asset under management Oaktree. Sumber gambar: situs Oaktree

Berdasarkan dari situs Oaktree, per bulan Juni 2021, assets under management (AUM) yang dikelola Oaktree adalah sebesar US$ 156 milyar. Dengan nilai tukar mata uang saat tulisan ini dibut, nilai tersebut kurang lebih sekitar 2.253.342.000.000.000,00 rupiah atau 2.253 trilyun 342 milyar rupiah. Dikutip dari situs idxchannel, assets under management (AUM) adalah total nilai pasar investasi seseorang atau yang dikelola atas nama klien.

Beberapa Investasi dan Aset Oaktree, Salah Satunya Sebuah Klub Sepakbola Prancis

Sepanjang beroperasinya perusahaan, Oaktree telah berpartisipasi di keuangan berbagai perusahaan yang bergerak di macam-macam bidang. Berikut adalah beberapa perusahaan yang mendapat investasi dari Oaktree Capital Management.

– General Maritime Corporation. Operator kapal tanker crude oil yang beroperasi kebanyakan di Samudera Atlantik, dan di Laut Karibia, Laut Mediterania, Laut Hitam, dan Laut Utara.

– Sky Holding. Perusahaan pesawat jet.

– Fitness First. Jaringan klub kesehatan global. Diambil alih dengan kemitraan dengan Marathon Asset Mangement. Bagian-bagian bisnis jaringan ini kemudian dijual sebagaian atau seluruhnya pada tahun 2016-2017.

– Verreries de l’Orne à Ecouché (Orne). Firma etsa kaca, kesepakatan pada 1 April 2010.

– Campofrío Food Group (24%). Industri makanan eropa. Dijual pada tahun 2013.

– Conbipel (100%). Idustri fashion Italia.

– Vivarte. Industri fashion Prancis.

Logo Quiksilver. Sumber gambar: wikimedia.org
Logo Quiksilver. Sumber gambar: wikimedia.org

– Quiksilver. Perusahaan ritel olahraga Amerika.

– Billabong International Ltd. Perusahaan pakaian selancar terbesar Australia.

– Aleris International. Perusahaan alumunium yang bermarkas di Beachwood, Ohio, Amerika Serikat. Diakuisisi pada 1 Mei 2010.

– Almatis Group, diakuisisi pada 2010.

– Townsquare Media. Stasiun penyiaran dan perusahaan media lokal, diakuisisi pada 1 April 2010.

– Tribune Company, diakuisisi bersama dengan JPMorgan Chase dan Angelo, Gordon & Co.; akuisisi selesai pada Juli 2012.

– Nine Entertainment Co. diambil alih bersama Apollo Global Management dan Goldman Sachs dari CVC Asia Pasifik dalam kesepakatan pembiayaan kembali pada Oktober 2012. Saham terakhir terjual pada 2017.

– MediaWorks New Zealand. Oaktree mengakuisisi 77,8% saham, setelah sebelumnya membeli saham dari RBS dan Westpac Banking Corporation. Akuisisi selesai pada 29 April 2015.

Logo klub sepakbola Stade Malherbe Caen. Sumber gambar: wikimedia.org
Logo klub sepakbola Stade Malherbe Caen. Sumber gambar: wikimedia.org

– Stade Malherbe Caen, klub sepakbola Prancis yang ketika artikel ini dibuat berlaga di Ligue 2, kasta kedua di sistem liga sepakbola Prancis. Saat ini Oaktree menguasai 80% saham, dengan akuisisi selesai pada bulan September 2020.

Diakuisisi oleh Perusahaan Lain yang Jauh Lebih Besar

Dilansir pada situs berita nasdaq.com pada 13 Maret 2019, sebuah perusahaan bernama Brookfield Asset Management Inc. mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk membeli 62% dari Oaktree Capital Management seharga sekitar $4,7 miliar. Langkah tersebut membuat Brookfield menjadi salah satu pengelola uang alternatif terbesar di dunia. Kemudian, berdasaar situs finance.yahoo.com, pada 30 September 2019, penyelesaian akuisisi saham mayoritas oleh Brookfield Asset Management diumumkan.

Logo perusahaan Brookfield Asset Management Inc. Sumber gambar: wikimedia.org
Logo perusahaan Brookfield Asset Management Inc. Sumber gambar: wikimedia.org

Brookfield Asset Management Inc. sendiri merupakan perusahaan manajemen aset alternatif yang berfokus pada investasi langsung di real estat, energi terbarukan, infrastruktur, kredit, dan ekuitas swasta. Kantor pusat perusahaan terletak di Toronto, Kanada. Selain itu perusahaan ini juga memiliki kantor perusahaan di New York City, London, São Paulo, Mumbai, Shanghai, Dubai, dan Sydney. Pada kuartal pertama tahun 2021, Brookfield Asset Management Inc memiliki Asset Under Management/AUM sebesar US$ 609 milyar, atau kurang lebih sekitar 8.749 trilyun 655 milyar rupiah.


Sumber-sumber referensi & ilustrasi:

  • bola.kompas.com
  • brookfield.com
  • currencyconvertex.com
  • finance.yahoo.com
  • forbes.com
  • idxchannel.com
  • latimes.com
  • nasdaq.com
  • oaktreecapital.com
  • smcaen.fr
  • wikimedia.org
  • Wikipedia bahasa Inggris dan Indonesia

**Baca juga ulasan tentang Virgilio Fossati, Kapten Inter Milan & Prajurit Italia yang Gugur pada Perang Dunia I, dan tulisan-tulisan RK Awan lainnya di sini**

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

RK Awan

   

Tertarik bekerja sama membuat konten dengan saya? Bisa kirim DM ke akun twitter @RKAwan_47 atau kirim email ke [email protected]