Oarfish Pertanda Bencana Tsunami dan Gempa Bumi, MITOS atau FAKTA ?

Oarfish Pertanda Bencana Tsunami dan Gempa Bumi, MITOS atau FAKTA ?

Memang benar fakta atau hanya mitos bahwa kemunculan dari makhluk raksasa ataau ikan raksasa bernama Oarfish ini selalu memunculkan banyak pertanyaan, dimana setiap ada kemunculan dari ikan raksasa ini atau ikan terpanjang di dunia ini selalu dikaitkan dengan adanya mitos tentang adanya bencana alam air yaitu tsunami maupun gempa bumi yang akan terjadi.

Seperti diketahui, bahwa Oarfish merupakan ikan yang termasuk dalam spesies ikan terpanjang dan berbentuk seperti ular yang memanjang dan hidup di dasar laut dengan kedalaman 1 km dari permukaan air laut.

Oarfish Pertanda Bencana Tsunami dan Gempa Bumi, MITOS atau FAKTA ?

Memang ikan ini merupakan ikan yang langka dan hidup banyak di wilayah California di Amerika dan ikan ini memang jarang terlihat di permukaan air laut dan keberadaan ikan ini yang selalu memuculkan banyak pertanyaan dimana ikan ini memberi pertanda tentabg akan datangnya bencana alam, baik gempa bumi maupun tsunami.

Lalu apakah kemunculan dari ikan raksasa ini apakah sebuah mitos atau fakta tentang akan datangnya bencana alam baik gempa bumi maupun tsunami.

Menurut beberapa penelitian memang ikan oarfish atau ikan raksasa ini memang lebih peka terhadap tanda-tanda alam atau gejala alam yang terjadi di dasar laut dan  ikan oarfish ini memang lebih peka ketimbang ikan yang hidup di sekitaran permukaan laut.

Oarfish Pertanda Bencana Tsunami dan Gempa Bumi, MITOS atau FAKTA ?

Dan ini terjadi karena adanya suatu reaksi dimana sebuah batu karang akibat reaksi alam yang ada di dasar laut  mengalami suatu reaksi besar yang menimbulkan adanya muatan elektrolit atau muatan listrik yang bisa mempengaruhi air sehingga menimbulkan efek ion elektrolit yang dapat berpengaruh pada kehidupan primata di dasar laut.

Hal ini karena efek dari muatan listrik akan menimbulkan efek keracunan atau sangat tidak baik bagi kehidupan oarfish ini, sehingga mereka terpaksa muncul ke permukaan laut.

Ini karena adanya tekanan yang sangat besar di dasar laut yaitu senyawa beracun yang berpotensi untuk membunuh hewan-hewan yang ada di dasar laut seperti oarfish dan ini sangat berbahaya.

Mitos atau fakta

Munculnya hewan bernama oarfish atau ikan rakasa ini memang sering dikaitkan dengan tanda-tanda akan terjadinya bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami yang ada di laut.

Ini merupakan sebuah pertanyaan dari beberapa banyak orang, apakah ini sebuah minta atau fakta memang ada sebagian orang yang menganggap ini sebuah mitos dan kemunculan ikan raksasa yang terdampar di pinggir pantai merupakan sebuah isyarat mengenai bencana yang akan terjadi ini.

Ini merupakan dua hal yang sangat berbeda dan kontra adiktif dari segi ilmiah memang ikan yang hidup di dasar laut dan mungkin muncul di sekitaran atau terdampar di sekitar pantai ini akan terjadi sebuah bencana alam seperti tsunami dan juga gempa bumi.

Namun hal terjadi pada tahun 2017, dimana adanya ikan raksasa atau oarfish yang muncul di wilayah Majene, Sulawesi terdampar di pinggir pantai, dan beberapa hal dibuktikan adanya pertanda akan datangnya bencana alam seperti gempa bumi atau tsunami, namun setelah kejadian tersebut tidak ada bencana alam.yang terjadi d daerah tersebut. Apalah hal bisa memathkan mitos yang selama ini. Namun soal hal tersebut, beberapa pakar ilmiah berbeda pendapat.

Tentang adanya reaksi sebelum terjadinya bencana ada reaksi alam di dasar laut yang kemudian membuat hewan yang hidup di dasar laut akan berpindah habitat ke permukaam karena khawatir akan terbunuh.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

L Wiranto Gilbert Porodesan