Obati Iritasi Mata dengan Daun Sirih? Stop! Dapat Menyebabkan Kebutaan!


Obati Iritasi Mata dengan Daun Sirih? Stop! Dapat Menyebabkan Kebutaan! 1

Daun sirih memang ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Tapi harus disadari bahwa tidak semua penyakit dapat disembuhkan dengan tanaman herbal yang satu ini, salah satunya adalah penyakit yang menyerang mata.

Ironisnya, masih banyak masyarakat yang menggunakan daun sirih untuk membersihkan mata dan percaya bahwa daun sirih dapat menyembuhkan iritasi pada mata yang ditandai dengan warna mata yang memerah.

Obati Iritasi Mata dengan Daun Sirih? Stop! Dapat Menyebabkan Kebutaan! 3

Mitos yang berkembang di tengah-tengah masyarakat tersebut tidak benar, karena dampak yang ditimbulkan bukanlah proses penyembuhan, tapi justru sebaliknya. Daun sirih berisiko dan berbahaya jika terkena mata, bahkan bisa menjadi penyebab kebutaan.

 

Risiko Mengobati Mata dengan Daun Sirih

Obati Iritasi Mata dengan Daun Sirih? Stop! Dapat Menyebabkan Kebutaan! 4

Hal ini disebabkan karena daun sirih mengandung jamur yang dapat menjadi penyebab infeksi pada mata. Itu sebabnya pada saat membilas mata menggunakan air rebusan daun sirih, mata terasa perih yang disebabkan karena adanya kerusakan pada permukaan syaraf kornea.

Jika kornea mata sampai terinfeksi oleh jamur yang dalam dunia kedokteran disebut keratitis jamur, maka akan menimbulkan dampak yang membahayakan yakni dapat berakhir dengan kebutaan.

Bahaya daun sirih pada matayang lainnya adalah karena daun sirih mengandung tingkat keasaman yang tinggi, yakni pH +/- 4. Penggunaan air rebusan daun sirih yang tentunya juga mengandung tingkat keasaman tinggi, akan bereaksi dengan pelapis permukaan mata, yakni air mata.

Reaksi tersebut akan menyebabkan perubahan tingkat keasaman pada permukaan mata yang dapat menimbulkan kerusakan lapisan epitel kornea serta konjungtiva.

Membersihkan mata dengan menggunakan air rebusan daun sirih sebaiknya dihindari. Selain mengantisipasi bahaya daun sirih pada mata, juga karena mata tidak perlu dibersihkan secara khusus karena mata dapat membersihkan dan melindungi dirinya sendiri.

Air mata yang menjadi pelapis permukaan mata merupakan pelindung ampuh bagi mata, karena mengandung albumin, globulin, Imunoglobulin, lysozym, IgA, IgE, dan IgG yang berfungsi memberikan nutrisi pada kornea, menghambat pertumbuhan mikroorganisme, serta melindungi dan membasahi permukaan epitel konjungtiva dan kornea, sehingga partikel-partikel asing yang memasuki mata seperti debu dan partikel halus lainnya dapat disingkirkan.

Itulah bahaya daun sirih bagi mata sebagai bahan pengetahuan agar kita tidak begitu saja percaya dengan mitos  yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap