Objek Wisata di Belitung Yang Jarang Diketahui

Objek Wisata di Belitung Yang Jarang Diketahui 1

Kepulauan Belitung memiliki sektor pariwisata yang unik dan indah. Apalagi setelah rilis nya film laskar pelangi yang mengangkat nama Belitung.

Peran pemerintah juga sangat menonjol dalam pengembangan objek wisata di Belitung, sehingga dapat menopang laju perekonomian masyarakat

Objek Wisata di Tanjung Pandang Belitung

1. Pantai Pendam

Pantai ini terletak di pusat kota Tanjung Pandang. Nama Pendam sendiri berarti tenggelam. Letak pantainya menghadap barat sehingga ke barat membuat pantai ini memiliki daya pikat ketika matahari terbenam. Pantai ini salah satu objek wisata di Belitung yang wajib didatangi.

2.  Museum Tanjung Pandan

Museum Tanjung Pandang merupakan tempat penyimpanan artefak peninggalan kerajaan di Belitung. Salah satu koleksi museum yang paling bersejarah adalah kapal dagang yang tenggelam di perairan Belitung. Museum tanjung pandan juga merupakan objek wisata di Belitung yang cukup digemari banyak orang, karena harga tiket nya sangat murah.

3. Danau Kaolin

Danau Kaolin tidak jauh dari pusat kota Tanjung Pandang, lebih tepatnya terletak di Desa Perwaras. Danau Kaolin sendiri merupakan bekas tambang kaolin atau tanah liat yang berwarna putih untuk bahan baku keramik. Akibat aktivitas penambangan, kini tersisa lobang-lobang bekas tambang yang berisi air yang berwarna biru tosca. 

Objek Wisata di Kecamatan Membalong Belitung

1. Pantai Teluk Gembira

Pantai ini berada sekitar 63 Km dari Kota Tanjung Pandang. Pantai ini juga merupakan objek wisata di Belitung yang cukup indah. Pemandangan pantai ini begitu menawan yang dihiasi bongkahan batu granit raksasa serta warna pasir yang kecokelatan.

2. Pantai Awan Mendung

Pantai Awan Mendung juga memiliki nama lain, yaitu Pantai Tanjung Kiras. Pantai ini terletak di desa Pandang Kandis yang berjarak sekita 70 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki keistimewaan tersendiri, karena masih jarang sekali wisatawan yang datang.

Pantai Awan Mendung cocok untuk kalian yang tidak begitu menyukai keramaian, lokasinya berada di balik hutan sehingga nampak seperti pantai yang tersembunyi. Pemandangan pantai ini begitu indah, Anda dapat menikmati udara segar dari pepohonan di sekitarnya serta deburan suara ombak dan pemandangan batu granit raksasa.

3. Pantai Penyabong (Batu Lubang)

Pantai Batu Lubang, Foto : worldtourismindonesia.blogspot.com
Pantai Batu Lubang, Foto : worldtourismindonesia.blogspot.com

Pantai Penyabong terletak 75 km dari Kota Tanjung Pandan dan terletak di Desa Batu Lubang. Pantai ini termasuk objek wisata di Belitung yang cukup indah dan menarik. Pantai Penyabong memiliki keistimewaan tersendiri, pasir pantai yang berwarna putih dan batu granit raksasa yang menjorok ke arah laut. Batu granit ini jika dilihat dari arah samping, akan nampak seperti anjing laut yang terdampar di pantai. 

4. Batu Baginde 

Batu Baginde merupakaan batu granit raksasa yang terletak di Desa Padang Kandis. Batu ini konon ceritanya dihuni oleh Datuk Malim Angin yang dahulu berhasil menacapkan tali sahunya di Gunung Baginde. Masyarakat sekitar sebenarnya tidak tahu pasti asal-usul Batu Baginde ini.

Tapi, Batu Baginde merupakan salah satu objek wisata di Belitung yang wajib dikunjungi, tempatnya yang begitu asri dan sejuk di kelilingi pepohonan. Bukan hanya itu dari puncak Batu Baginde kalian dapat melihat pemandangan alam yang begitu indah, yaitu hampir separuh wilayah Belitung terlihat dari puncak batu dan jangan lupa bawa air minum, serta logistik yang memadai.

Nah, jadi apakah kalian sudah memiliki rencana untuk berlibur ke Belitung dan menikmati objek wisata yang unik lainnya dan pantai-pantainya yang indah?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Pang Png