Olahraga

20 Hal Menarik dari Timnas Indonesia Sejak Jaman Dahulu

timnas

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling banyak digemari oleh para pria yang ada di setiap penjuru dunia. Seperti yang Anda ketahui bahwa saat ini banyak klub dan pemain-pemain hebat yang bermunculan dan membuktikan bahwa mereka benar-benar adalah seorang pemain bola sejati. Lewat bakatnya yang hebat dan tangguh di dalam setiap pertandingan membuat mereka semakin di sukai oleh para penggemarnya. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan bahwa sepak bola Indonesia juga memiliki para pemain yang hebat. Antusiasme dan juga fanatisme yang tinggi dari para suporter Indonesia tentu dapat dikatakan sebagai daya tarik tersendiri.

Tak hanya itu saja, sepak bola Indonesia juga sudah banyak mengalami yang namanya perubahan dari masa ke masa. Dimana Timnas ini memang sudah ada sejak lama, bahkan sebelum Indonesia merdeka yaitu pada 17 Agustus 1945. Oleh karena itu, menurut catatan sejarah yang ada bahwa Timnas sepak bola Indonesia ini telah ada sejak tahun 1921. Namun, pada saat itu masih belum menggunakan nama Indonesia atau disebut dengan Timnas melainkan Tim Hindia Belanda. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui mengenai Timnas sepak bola Indonesia ini, Anda juga bisa melihat informasi hal-hal menarik lainnya seputar Timnas Indonesia seperti di bawah ini.

1. Indonesia Memang Paling Produktif

Hal menarik yang pertama yang dapat Anda lihat yaitu mengenai Timnas Indonesia yang tidak pernah absen di Piala AFF. Sejak edisi pertama, memang Timnas Indonesia telah tercatat sebagai salah satu tim yang memang paling produktif di dalam AFF CUP dimana Timnas mencatatkan total gol sebanyak 145 gol. Oleh karena itu, selama 11 edisi pertandingan, Timnas Indonesia telah melakukan atau memainkan sebanyak 58 pertandingan dengan catatan yaitu sebanyak 29 kali menang, 12 kali imbang dan juga 17 kali kekalahan. Namun, walaupun demikian jumlah gol yang telah dicetak oleh Timnas melebihi perolehan tim yang paling sukses yang ada di Piala AFF.

 

2. Timnas diLatih Langsung Oleh Mantan Punggawa Timnas

Pihak PSSI memang telah menunjuk langsung Bima Sakti sebagai pelatih utama tim merah putih Indonesia. Di dalam gelaran AFF CUP 2018 lalu Bima Sakti melatih Timnas dengan sekuat tenaga agar Timnas dapat bermain dengan sebaik mungkin. Bima Sakti menggantikan Luis Milla yang pada saat itu memang tidak menemui titik temu di dalam negosiasi kontrak bersama tim merah putih ini. Pelatih ini merupakan mantan jebolan dari Piala AFF pertama yang pada saat itu juga menjadi pelatih utama Timnas di ajang yang sama yaitu Piala AFF. Selain itu, ia juga akan di bantu dengan dua asisten pelatih yaitu Kurnia Sandi dan juga Kurniawan Dwi Yulianto untuk menahkodai Timnas Indonesia selama latihan untuk persiapan Piala AFF.

 

3. Penampilan Timnas ke-11 Kalinya

Turunnya para Timnas Indonesia ini di Piala AFF 2018 merupakan yang ke 11 kalinya sepanjang sejarah turnamen yang ada. Seperti yang Anda ketahui bahwa pada tahun 1996 Timnas Indonesia pertama kali ikut serta di ajang Piala AFF ini. Oleh karena itu, Timnas ini tidak pernah absen sekalipun dalam mengikuti kompetisi yang bergengsi ini yang ada di Asia Tenggara tersebut. Total, memang ada lima negara lainnya yang telah 11 kali ikut di dalam ajang Piala AFF. Kelima negara yang termasuk yaitu seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan juga Myanmar. Nah, kelima negara ini memang tidak pernah absen juga untuk mengikuti ajang Piala AFF CUP dari sejak awal digelar.

 

Baca juga  5 Jenis Olahraga Yang Bisa Membuat Umur Semakin Panjang

4. Membawa Pemain Yang Berusia 37 Tahun

Dari daftar 23 pemain yang tercatat di Timnas Indonesia yang pada saat itu dibawa oleh Bima Sakti, ada salah satu pemain yang memang usianya di atas 30 tahun. Pemain tersebut adalah Alberto Goncalves, dimana pada saat itu ia menginjak usia 37 tahun. Masuknya pemain ini menjadi pemain yang naturalisasi ke 7 yang memang tampil di Piala AFF dan juga merupakan pemain senior atau pemain paling tua yang ada di dalam skuad Timnas Indonesia.

 

5. Lima Kali Menjadi Runner-Up

Seperti yang Anda lihat sebelumnya bahwa Timnas Indonesia ini memang telah 11 kali ikut serta di dalam ajang Piala AFF. Namun sayangnya Timnas belum pernah sekalipun mencicipi trofi juara, akan tetapi Timnas Indonesia ini pernah lima kali menjadi runner up di dalam pertandingan Piala AFF. Bahkan, saking sering masuk menjadi runner up membuat Timnas merah putih ini mendapatkan julukan spesialis runner up yang ada di dalam gelaran AFF Cup tersebut. Timnas membawa Indonesia masuk ke Final AFF CUP pertama yaitu pada tahun 2000 kemudian disusul pada tahun 2002, 2010 dan juga 2016. Walaupun masuk ke babak final tetapi Indonesia gagal menjadi juara dan hanya menyandang gelar sebagai posisi runner up saja.

 

6. Tanpa Pemain Papua

Timnas Indonesia memang telah memiliki daftar pemain sebanyak 23 pemain untuk mengikuti Piala AFF pada tahun 2018 lalu. Namun, ada hal yang sedikit menarik pada saat pemanggilan para pemain Timnas ini. Dimana memang tidak ada satupun pemain Timnas yang berasal dari Papua ataupun yang berasal dari Tim Persipura Jayapura yang memang dipanggil oleh Pelatih Timnas. Walaupun demikian, pelatih ini memiliki alasan tersendiri mengenai hal tersebut.

 

7. Masih Bingung Dalam Menentukan Kapten Tim

Fakta menarik lainnya yang dapat Anda ketahui mengenai Timnas ini yaitu dimana Timnas merah putih ini sudah menjalani TC atau disebut juga dengan pemusatan latihan selama dua hari untuk menuju pertandingan di ajang Piala AFF. Namun, hingga sampai pada hari kedua, pelatih Timnas tidak kunjung juga untuk menunjuk siapa pemain yang akan diberikan tugas sebagai kapten. Untuk itu, menurut kabar yang ada dimana asisten pelatih yaitu Kurniawan Dwi Yulianto mengatakan bahwa semua pemain yang tergabung ke dalam Timnas ini semuanya sangat baik dan memiliki jiwa leadership yang tinggi. Oleh karena itu, ia belum bisa mengatakan siapa pemain yang akan dipilih sebagai kapten nantinya.

 

8. Tanpa Pemain Puncak Klasmen Liga 1

Pada tahun 2018 lalu di dalam ajang Piala AFF CUP, Timnas merah putih tidak diperkuat dengan pemain-pemain klub top pada pemuncak klasmen sementara. Biasanya untuk tim nasional pada suatu negara, tentu akan memanggil para pemain terbaik bukan, terlebih lagi pemain-pemain andalan mereka yang telah bermain di klub papan atas di dalam sebuah liga. Misalnya seperti contoh yaitu Timnas Spanyol. Dimana mayoritas pemainnya akan diisi oleh pemain-pemain hebat yang ada di klub Real Madrid dan juga Barcelona.

Namun, hal ini sedikit menarik sekaligus agak berbeda, dimana untuk Timnas Indonesia tidak sama seperti itu. Di dalam Timnas ini tidak ada satupun pemain Punggawa PSM Makassar yang memang dipanggil oleh pelatih Timnas tersebut. Padahal pada saat itu, PSM Makassar ini merupakan salah satu klun yang berada di puncak klasmen sementara pada ajang liga 1 Indonesia tahun 2018.

 

Baca juga  Ini Pesan Jurgen Klopp Untuk Countinho Sebelum Hengkang ke Barcelona

9. Andik Vermansyah Sebagai Perkuat Timnas

Para pecinta sepak bola tentu sudah tidak asing lagi dengan pemain yang satu ini bukan? Dimana Andik Vermansyah adalah salah satu pemain yang bergabung di dalam Timnas Indonesia yang akan melakukan pertandingan bersama rekannya di ajang Piala AFF. Pemain ini memang memiliki tubuh yang mungil tetapi Andik memiliki performa yang sangat kuat dan juga tangguh akan serangan-serangan yang ia berikan ke gawang lawan. Tak hanya itu saja, ia juga dikenal dengan pemain yang memiliki kecepatan lari diatas rata-rata para pemain lainnya.

 

10. Pencoretan Pemain Yaitu Saddil Ramdani

Piala AFF CUP 2018 ini memang akan diikuti oleh Timnas Indonesia. Oleh karena itu, para pemain Timnas sangat sibuk dengan latihan sebagai persiapan untuk menuju ajang ini. Namun, Saddil Ramdani yang juga tercatat sebagai pemain Timnas sibuk dengan urusannya di luar lapangan. Tak hanya itu saja, ada kejadian yang tidak mengenakkan yang terjadi pada tahun 2018 dan namanya juga ikut dicoret dari Timnas Indonesia.

 

11. Ada Empat Pemain Bintang Yang Bergabung

Coach Bima Sakti memang tidak memasukkan sejumlah para pemain bintang Indonesia akan tetapi disini ada 4 pemain bintang yang memang mengisi line up untuk Timnas Indonesia. Diantara pemain-pemain hebat ini yakni Irfan Bachdim, Ilja Spasojevic, Boaz Solosa dan juga Egy Maulana Vikri.

 

12. Rekor Yang diPersembahkan Fachrudin Untuk Timnas Indonesia

Pemain yang memiliki nama lengkap Fachrudin Wahyudi Aryanto merupakan salah satu pemain dari Timnas Indonesia yang ikut bergabung ke dalam ajang Piala AFF 2018. Dimana kehadirannya kali ini menjadi sebuah rekor yang mungkin tidak akan terlupakan yang tampil di turnamen negara Asia Tenggara. Pemain ini diketahui tidak pernah absen untuk tampil di ajang Piala AFF sejak pada tahun 2012 silam. Tak hanya itu saja, ia juga menjadi salah satu pemain Timnas Garuda yang memang selalu masuk ke dalam skuad dan membela Timnas Indonesia sejak tahun 2012, 2014, 2016 dan juga 2018. Namun, Fachrudin memang masih belum bisa melampaui rekor pemain senior yaitu Bambang Pamungkas yang memang telah tampil bersama Timnas merah putih sebanyak lima kali berturut-turut pada ajang Piala AFF CUP.

 

13. Stefano Lilipaly Masuk Dalam Nominasi MVP di Piala AFF CUP

Piala AFF CUP merupakan salah satu ajang bergengsi yang diselenggarakan di Asia Tenggara. Namun, pada tahun 2018 para panitia pelaksana yang terlibat di dalam ajang ini memilih seorang kandidat pemain terbaik atau disebut juga dengan MVP. Pada saat itu, pemain salah satu Timnas Indonesia yaitu bernama Stefano Lilipaly masuk ke dalam daftar kandidat pemain terbaik bersama 6 pemain lainnya. Pemain yang memiliki posisi gelandang serang memang sangat layak masuk ke dalam nominasi MVP, karena performa permainan selama pertandingan berlangsung sangat bagus sekali sehingga yang melihatnya menjadi terkesan.

 

14. Stadion Gelora Bung Karno Menjadi Kandang Timnas Indonesia

Ajang piala bergengsi ini memang menjadi salah satu pembuktian para pemain Timnas Indonesia untuk memberikan yang terbaik untuk negara tercinta ini. Oleh karena itu, Timnas Indonesia ini tidak pernah absen untuk mengikuti Piala AFF. Namun, untuk format pertandingan yang akan dibuat pada Piala AFF CUP 2018 memang dapat dikatakan cukup unik dan menarik sekali. Dimana untuk setiap negaranya akan dapat bermain di kandang masing-masing dan akan melakukan sebanyak dua pertandingan. Indonesia memang memiliki banyak stadion terbaik yang dapat digunakan, akan tetapi pihak PSSI tetap memilih stadion utama yaitu GBK sebagai stadion untuk kandang Timnas Indonesia.

 

Baca juga  5 Olahraga Aneh di Dunia, Apa Saja ? Yuk Intip

15. Prediksi Juara Menurut Mantan Pelatih Timnas

Afred Riedel juga merupakan salah satu mantan pelatih Timnas yang memang cukup sukses dalam menukangi Timnas Indonesia. Walaupun ia saat ini sudah tidak melatih lagi Timnas Garuda, namun ia tetap mengamati setiap perkembangan yang ada di persepakbolaan di Asia Tenggara khususnya untuk Timnas Indonesia. Tak hanya itu saja, menurut kabar yang ada bahwa saat gelaran ajang Piala AFF CUP 2018 lalu, mantan pelatih Timnas ini sempat memprediksikan bahwa kandidat juara terkuat pada saat itu akan dipegang oleh Vietnam dan juga Indonesia.

 

16. Memiliki Tujuh Hari Persiapan Menuju Ajang Piala AFF

Pelatih Timnas Indonesia yakni Bima Sakti hanya memiliki waktu singkat yaitu tujuh hari untuk bisa melatih dan juga melakukan persiapan untuk menuju Piala AFF CUP 2018. Pada laga pertama Timnas Garuda akan berhadapan langsung dengan Singapura. Memang dalam persiapan latihan bisa terbilang sangat singkat sekali, namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa Timnas Indonesia akan memberikan pertandingan yang memukau. Selain itu, Indonesia juga memiliki Luis Milla yang menjadi fondasi di skuad Timnas Indonesia.

 

17. Alberto Goncalves

Alberto Goncalves merupakan salah satu pemain yang memiliki posisi striker di Sriwijaya FC akan menjadi ujung tombak Timnas Garuda yang akan bergabung di Piala AFF. Beto yang menjadi sapaan pemain punggung nomor 9 ini mengaku akan memasang target untuk juara AFF kali ini dan akan menjadi top skor pada kompetisi tersebut serta akan mendapatkan golden boots.

 

18. Baju Jersey Timnas Indonesia

Nike merupakan brand ternama yang telah dikenal banyak orang. Untuk itu, jersey kebanggaan Timnas Indonesia juga akan menggunakan brand terkenal ini yaitu Nike. Dimana dominan jersey Timnas yang berwarna merah akan menjadi salah satu jersey yang akan digunakan selama pertandingan Piala AFF. Tak hanya itu saja, sebagai jersey kedua dari tim nasional Indonesia yaitu berwarna putih. Jersey-jersey ini akan dilengkapi juga dengan logo garuda sebagai lambang dari Indonesia yang akan berada di dada di bagian sisi kiri.

 

19. Tidak Memiliki Kesempatan Uji Coba Untuk Skuad Indonesia

Mungkin Anda sudah mengetahui dan sudah melihat sebelumnya, dimana Timnas Indonesia ini memang memiliki waktu cukup singkat yakni tujuh hari untuk mempersiapkan segala untuk menuju pertandingan Piala AFF CUP. Oleh karena itu, Timnas merah putih tidak memiliki kesempatan untuk melakukan atau mengadakan laga uji coba dengan skuad pemain lainnya. Namun, walaupun demikian Timnas akan menunjukan performa permainan dengan sebaik mungkin untuk mengalahkan para lawannya.

 

20. Harga Tiket Piala AFF CUP Pada Tahun 2018

Mendengar pertandingan Piala AFF CUP tentu membuat para suporter menjadi sangat semangat dan antusias untuk melihat pertandingan tersebut. Namun, tahukah Anda harga tiket yang ditawarkan untuk dapat melihat pertandingan ini? Tentu saja tidak kan? Nah, untuk pertandingan yang digelar langsung di Stadion Utama GBK (Gelora Bung Karno) menawarkan harga tiket seperti berikut ini:

VIP Barat Rp 500.000.

VIP Timur Rp. 350.000.

Kategori 1 Rp. 200.000.

Kategori 2 Rp. 100.000

Kategori Rp. 50.000.

Jadi, itulah ada beberapa informasi mengenai hal-hal menarik dari Timnas Indonesia yang dapat Anda lihat seperti diatas. Semoga bermanfaat!  

Related posts
BiografiOlahraga

Biografi Cristiano Ronaldo atau Dikenal Dengan Sebutan CR7