Olahraga

8 Rekor Dalam Sepakbola yang Nampak Mustahil Untuk Dipecahkan

Dalam dunia sepakbola profesional, tak hanya kemenangan yang menjadi sorotan bagi para penggemar olahraga yang satu ini. Namun banyak juga momen dan rekor yang dicapai oleh pemain maupun klub favorit mereka yang pastinya takkan mereka lupakan. Untuk kali ini kita akan membahas 8 buah rekor unik dan menakjubkan yang dicapai oleh beberapa pemain dan klub sepakbola profesional di dunia. Jadi langsung saja intip 8 rekor tersebut dibawah ini!

Mencetak 300 Gol Tercepat di Liga Spanyol

Dinobatkan menjadi liga sepakbola terbaik di Eropa menurut beberapa media asing, Liga Spanyol atau La Liga memang selalu bisa menghadirkan tontonan sepakbola berkelas dan seru. Hadirnya 2 tim terbaik dunia disana, yakni Real Madrid dan Barcelona; ditambah banyak tim kuda hitam lainnya yang tak jarang memberi kejutan bagi tim-tim besar yang berlaga di Liga Spanyol memang menjadi salah satu alasan mengapa La Liga disebut-sebut menjadi liga sepakbola tersulit di Eropa.

Rekor 300 Gol dalam 286 pertandingan atau sekitar 1 gol setiap 81 menit permainan dari Cristiano Ronaldo yang saat itu tengah membela Real Madrid nampaknya akan sulit untuk dipatahkan dalam waktu dekat ini. Pasalnya banyak sekali pemain muda berpotensial yang masih duduk di bangku cadangan, dan tidak banyak juga pemain yang dapat memiliki konsistensi setajam Cristiano Ronaldo. Sehingga untuk beberapa tahun kedepan, nampaknya rekor ini masih belum akan terpecahkan.

Hattrick Tercepat Dalam Satu Pertandingan

141 Detik, adalah total waktu yang dibutuhkan oleh James Hayter saat membela Bournemouth di laga melawan Wrexham di kancah English First League pada 24 Februari 2004 silam. Fakta yang lebih mencengangkan lagi, bahwa ia mencetak rekor tersebut dengan memulai laga pada menit ke 84. Tak butuh waktu yang terlalu lama, pada menit ke 86, ia pun berhasil memperlebar keunggulan 3-0 menjadi 6-0 dan memastikan kemenangan bagi Bournemouth.

Namun sayang, karir sepakbola dari James Hayter tak seindah rekornya. Sekarang sedang dipinjamkan ke Weymouht F.C yang merupakan tim divisi 5 dari Liga Inggris dari timnya Havant & Waterlooville F.C, nampaknya sudah sulit baginya untuk bisa kembali bersinar kembali di masa-masa akhir karirnya ini. Mengingat usianya yang sekarang sudah mencapai 39 tahun, cukup dekat dengan usia pensiun kebanyakan pesepakbola di dunia.

Baca juga  Ini Pesan Jurgen Klopp Untuk Countinho Sebelum Hengkang ke Barcelona
Kiper Tertua di Piala Dunia

Piala Dunia merupakan salah satu ajang terbesar dalam dunia sepakbola yang pastinya ditunggu para penggemarnya setiap 4 tahun sekali. Bagaimana tidak ? Seluruh negara yang terkualifikasi pastinya akan tampil maksimal untuk dapat mengharumkan nama negaranya di kancah sepakbola internasional tersebut. Tak jarang beberapa pelatih akan memilih pemain-pemain yang hanya dalam usia primanya saja.

Namun hal ini sedikit berbeda bagi pelatih Mesir di perhelatan Piala Dunia 2018 kemarin. Pada laga melawan Arab Saudi, Essam El Hadary, memecahkan rekor sebagai pemain tertua yang ikut berlaga di Piala Dunia. Berusia 45 tahun dan 161 hari, Essam El Hadary berhasil memecahkan rekor dari kiper Kolombia yakni Faryd Mondragon yang pada perhelatan Piala Dunia 2014 berlaga pada umur 43 tahun dan 3 hari. Tentu saja kita tidak akan tahu apakah pada piala dunia 2022 nanti apakah akan ada pemain yang lebih senior lagi dari mereka yang akan ikut berlaga, namun nampaknya kemungkinan tersebut akan sangat kecil.

Pelatih Dengan Pertandingan Terbanyak di Liga Inggris

Nama Arsene Wenger mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kalian para pecinta sepakbola. Pelatih legendaris yang baru saja beberapa tahun lalu menyatakan diri pensiun dari dunia sepakbola tersebut berhasil membuat sebuah pencapaian yang nampaknya akan sulit untuk dipatahkan bagi para pelatih diluar sana. Sebab sepanjang karirnya di Liga Inggris bersama Arsenal dari tahun 1996, ia telah menjalani 828 pertandingan di Liga Inggris.

Memecahkan rekor sebelumnya dari Sir Alex Ferguson bersama Manchester United yakni sebanyak 810 pertandingan pada 28 Desember 2017 yang juga merupakan musim terakhirnya menjabat sebagai kepala pelatih dari Arsenal. Dengan rata-rata masa kepelatihan di Liga Inggris yang tak mencapai 1.5 tahun, rasanya rekor yang satu ini akan sangat sulit untuk dipecahkan.

Baca juga  5 Jenis Olahraga Yang Bisa Membuat Umur Semakin Panjang
Gol Terjauh

Rekor yang cukup unik pernah ditorehkan oleh Asmir Begovic, seorang kiper asal Bosnia & Herzegovina ini berhasil mencetak gol dari jarak terjauh saat membela Stoke City di laga yang berakhir seri 1-1 melawan Southampton. Kurang lebih 91.9 meter jarak Asmir Begovic ke gawang Southampton saat ia melesatkan sebuah tendangan jauh yang mengarah langsung ke gawang yang dikawal oleh Artur Boruc yang sekarang satu tim dengannya di Bournemouth.

Fakta yang cukup mencengangkan lainnya adalah gol tersebut ia ciptakan 13 detik setelah peluit tanda laga dimulai dibunyikan. Walau memang rekor tersebut bisa dipecahkan kapan saja oleh kiper diseluruh liga sepakbola dunia, namun butuh lebih dari kemampuan individu untuk bisa mengalahkan rekor tersebut. Pasalnya gol tersebut terjadi tak lepas dari kelalaian Artur Boruc yang salah memprediksi arah tendangan Asmir Begovic.

Rekor Kekalahan Terpanjang

Kekalahan kadang bisa membuat seseorang kesal dan frustasi, apalagi kekalahan berturut-turut dalam jumlah yang banyak. Hal ini sudah pernah dirasakan oleh seorang pesepakbola bernama Jack Rodwell. Karirnya yang memang kurang bersinar meski sempat digadang-gadang menjadi salah satu pemain terbaik Inggris di masa depan. Namun ditengah kegagalannya tersebut ia malah membuat sebuah rekor yang nampaknya sulit untuk dipatahkan.

Dalam 39 laga ia bertanding bersama Sunderland sebagai starter dalam kurang lebih 1.5 tahun, seluruhnya berakhir dengan kekalahan. Menjadikannya pemain dengan rekor kekalahan beruntun terpanjang di dunia. Nahasnya, saat rekor tersebut berhasil terpatahkan atas kemenangan Sunderland melawan Crystal Palace, Jack Rodwell harus membayarnya dengan cedera yang membuatnya harus beristirahat beberapa waktu. Sudah 4 tahun lebih berlalu, namun sampai sekarang belum ada pemain yang sekiranya dapat mematahkan rekor kemalangan dari Jack Rodwell.

Baca juga  Biografi Cristiano Ronaldo atau Dikenal Dengan Sebutan CR7
Penyelamatan Terbanyak dalam Pertandingan Liga Inggris

David De Gea berhasil menjadi pemain yang sangat berjasa bagi Manchester United pada musim Liga Inggris 2017/2018. Kemampuan individu dari David De Gea yang memang tidak ada duanya ini berhasil menancapkan rekor yang sulit untuk dipatahkan. 14 Penyelamatan kunci ia lakukan untuk menahan gempuran Arsenal dan membuat Manchester United berhasil memenangkan laga dengan skor 3-1.

Tak hanya itu, performanya yang cukup stabil di musim tersebut membuat Manchester United berhasil mengamankan posisi kedua di klasemen Liga Inggris dibawah rival sekota mereka Manchester City yang berhasil menjalankan musim tersebut dengan sangat baik. Ditengah problematika kontraknya dengan Manchester United, pastinya tak sedikit tim-tim besar Eropa yang berminat untuk mendapatkan jasanya didalam lapangan.

Pemain Dengan Klub Terbanyak

Dalam sepakbola, banyak faktor yang bisa menyebabkan beberapa pemain berpindah klub. Mulai dari gaji yang tak sesuai, konflik dengan rekan setim atau pelatih dan masih banyak lainnya. Namun sebuah rekor unik sekarang dimiliki oleh Sebastian Abreu yang sekarang diusianya yang ke 42 tengah bermain bersama klub ke 27-nya Rio Branco Football Club di Serie C Brasil.

Pemain depan asal Uruguay ini yang memulai karirnya pada tahun 1995 sempat berpindah klub 3 kali dalam satu tahun di tahun 2017. Tentu saja rekornya yang mencengangkan ini akan cukup sulit untuk dipatahkan, mengingat banyak klub sepakbola sekarang yang memberikan masa kontrak yang cukup panjang bagi para pemain muda mereka.


Itu dia 8 rekor dalam dunia sepakbola yang nampaknya akan sulit terpecahkan. Dengan perkembangan sepakbola yang sangat dinamis sebenarnya memang tidak mustahil rekor-rekor tersebut dapat terpecahkan, tapi kelihatannya tidak dalam waktu dekat ini. Buat kalian, kira-kira rekor-rekor unik dan fantastis apa yang sekiranya dapat masuk kedalam daftar diatas? Coba tulis di kolom komentar dibawah ini ya!

Related posts
BiografiOlahraga

Biografi Cristiano Ronaldo atau Dikenal Dengan Sebutan CR7

Olahraga

7 Masalah yang Tengah Dihadapi Chelsea di Tahun 2019

Olahraga

Kazuyoshi Miura, Pesepakbola Jepang yang Masih Aktif di Usia 51 Tahun