OOP (Object Oriented Programming) – Introduction


OOP (Object Oriented Programming) - Introduction 1

Halo sobat koding, pasti kalian sudah akrab dengan istilah OOP (Object Oriented Programming). Nah, disini saya akan menjelaskan apa itu OOP (Object Oriented Programming). OOP sendiri itu merupakan sebuah metode pemrograman yang berorientasi objek. Lalu,  kenapa harus menggunakan OOP ? OOP itu memudahkan programmer dalam mengembangkan program.

Sebelum membahas lebih dalam lagi, ada beberapa hal yang harus diketahui dulu nih

Pertama Object, object ini bisa dibilang sebagai bentuk model yg ada di kehidupan sehari-hari atau secara mudahnya kita bisa kasih contoh : Mobil.

Mobil ini nanti nya terdiri dari beberapa object seperti ban, mesin, jok, dll. Selain itu tadi ada juga object berupa behaviour seperti cara jalanin dan berhentiin mobil. Nah yg harus diingat di dalam Object ini terdiri dari Attribute dan Behaviour.

Kedua Class, class ini sebagai blueprint untuk object. Kita menyetel semua komponen sehingga menghasilkan sebuah object dengan memakai Class. Misal ingin membuat Mobil Jeep, berarti kita harus menyetel semua komponen dari warna, ban, mesin, jok, dll dengan memakai Class.

Ketiga Instance, instance ini adalah Class yang udah didefinisi dan dijalankan di memori.

Image for post

Diatas merupakan class Mobil atau blueprint dari Mobil. Di dalam class itu ada beberapa bagian object. Attribute yaitu jumlahBan, warnaMobil, tenagaMesin. Behaviour yaitu cara untuk mendapatkan info mobil. Instance dibuat dari constructor. Contohnya constructor Mobil terdiri dari parameter untuk info jumlah ban, warna mobil, dan tenaga mesin.

Image for post

Nah diatas diperlihatkan bagaimana membuat object Ferrari. Ferrari terbuat dari class Mobil. Instance disini diperlihatkan dari deklarasi class Mobil. Ketika kita mendeklarasikan class Mobil dengan constructor, hal tersebut sudah berjalan dan memakai memori kita. Ketika Object sudah terbuat kita dapat memanggil behaviour atau atribute yg ada di object, contoh: mendapat info mobil.

Untuk pembahasan selanjutnya gw akan ganti kata-kata biar tidak membingungkan kalian. Attribute dan Behaviour yang merupakan komponen Class, gw ubah menjadi Property dan Method di postingan-postingan gw selanjutnya.

Yak… begitulah penjelasan sederhana gw untuk bagian pembuka dari OOP (Object Oriented Programming) ini. Mudah-mudahan penjelasan dari gw dapat dimengerti. Thank you.

See you on the Next Chapter…


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

silverTaurus11

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments