Orang Indonesia Pertama Yang Memiliki Mobil, Sejarah Pencipta Mobil Pertama di Dunia

Orang Indonesia Pertama Yang Memiliki Mobil, Sejarah Pencipta Mobil Pertama di Dunia

Menurut buku sejarah, Raja Kasunanan Surakarta Pakubuwono X adalah orang Indonesia pertama yang memiliki .bMobil pertama kali milik orang Indonesia   tersebut ber merek Benz Victoria Phaeton,  yang dibeli pada tahun 1894. 

Desainnya bermirip dengan andong yang sanggup mengangkut 8 orang. ini dirancang dengan 4 roda kayunya yang memakai ban mati, lantai, bodi terbuat dari kayu, sedangkan tiang-tiang, rangka atap terbuat dari besi dan semuanya ditutupi terpal. Pada zaman tersebut, Benz Phaeton adalah paling canggih.

  Benz milik Pakubuwono X terakhir terlihat di muka umum pada tahun 1924 Yaitu sewaktu akan dikirim ke Belanda melalui pelabuhan Semarang.

Saat itu, tersebut akan dilombakan dalam pameran RAI Amsterdam Motor Show, di Belanda. Sampai saat itu, Pakubuwono X tersebut tidak kembali ke Indonesia dan tidak tahu lagi keberadaannya. 

Baca juga  Generasi Suzuki Swift 2022 Terbaru
<i><code>  Benz Victoria Phaeton mobil pertama(louwmanmuseum.nl)</code></i>
  Benz Victoria Phaeton pertama (louwmanmuseum.nl)

  Namun menurut informasi, Kepala Museum Nasional Indonesia, Siswanto mengatakan, Mercy dengan spesifikasi satu silinder berkapasitas 2.000 cc dan bertenaga 5 horse power berada di Belanda tepatnya di Muesum Louwman, Belanda.

Keberadaan tersebut menyimpan pertanyaan besar, mengingat tersebut adalah pertama yang dimiliki oleh oraang Indonesia pada waktu itu. Menurut sejarah, setelah perang dunia II terjadi kekacauan di negara-negara Eropa, sehingga keberadaan ini bertahun-tahun dinyatakan hilang, dan sampai saat ini diperkirakan tersebut berada di Museum Belanda.

Pencipta Mobil Pertama di Dunia

Orang Indonesia Pertama Yang Memiliki Mobil, Sejarah Pencipta Mobil Pertama di Dunia

Berbicara soal siapa penemu mobil pertama di dunia, menurut pendapat para sejarawan dunia dan masih menjadi perdebatan, siapa pencipta mobil pertama di dunia, juga masih kontroversial. Sebagian percaya bahwa Karl Benz dengan mobil bernama Motorwagen lah orang orang pertama yang membuat mobil pada tahun 1885.

Baca juga  Mengenal Mobil Masa Depan Berbahan Bakar Hidrogen, Toyota Mirai 2021

Kemudian ada pula yang menganggap Ford Model T tahun 1908 lah mobil pertama yang pernah diproduksi, meskipun memang belum diproduksi secara massal.

Pada 1769, saat penemu asal Perancis bernama Nicolas-Joseph Cugnot kembangkan traktor bertenaga uap. pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah model yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.

Baca juga  Atasi Rem Mobil Blong dengan 7 Tips Ini Yuk!

  Namun ada juga yang mengatakan tahun penemuan mobil pada tahun 1862. Alasannya, saat itu seorang insinyur asal Prancis bernama Erienne Lenoir membangun pembakaran internal dan menghubungkannya dengan kereta kuda. Kereta kuda dengan ini yang dianggap cikap bakal mobil modern.

Dari sekian pendapat sejarawan ini, sebagaimana yang dilaporkan Yahoo Autos, sebagian besar ahli setuju bahwa mobil komersial pertama dibuat pada tahun 1885. Saat itu, Karl Benz asal Jerman menciptakan benda menyerupai becak dengan roda tiga bertenaga gas.

Benz inilah yang bekerja keras dan menemukan merek mobil yang kita kenal sekarang dengan nama Merdeces-Benz.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra