Otaku

30 Fakta Komik One Piece yang Wajib Diketahui Fans Sejati Serinya

komik one piece

Siapa yang tidak kenal dengan Komik One Piece? Untuk anda yang lahir di tahun 90an, mungkin Serial One Piece merupakan salah satu seri animasi yang ditunggu-tunggu kehadirannya. Hal ini membuat banyak pecinta anime kemudian mengidolakan serial yang berasal dari negeri sakura ini. Untuk anda yang masih baru sebagai fansnya. Berikut ini adalah 30 fakta dari Manga One Piece yang wajib anda ketahui sebagai seorang fans. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Mengenai penulisnya

Untuk anda para “die hard” fans, nama dari penulis komik One Piece ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, penulis dari Manga One Piece ini namanya adalah Eiichiro Oda, beliau adalah seorang yang lahir di Kumamoto, Jepang. Selain skill menulis yang ia miliki, salah satu hal unik dan spesial dari sang penulis Manga One Piece ini adalah tanggal lahirnya, beliau lahir pada tanggal 1 Januari 1975 tepat pada perayaan tahun baru. Hal ini membuat seluruh dunia ikut merayakan kelahiran beliau.

 

2. Penjualan terbaiknya

Fakta kedua yang akan dibahas disini adalah mengenai penjualan terbaik dari Manga One Piece ini. Manga One Piece ini merupakan salah satu komik yang masuk dalam catatan prestasi dunia yaitu Guinness world of record sebagai manga dengan panjualan terbaik. Seberapa banyak penjualannya? Penjualan dari komik One Piece ini bisa masuk ke Guiness World Record karena memiliki penjulan sebanyak 380 juta kopi. Wah!

 

3. Fakta unik ada episode pertamanya

Seperti yang kita tahu, tokoh utama dari Manga One Piece adalah LUffy sang manusia karet yang dicintai semua orang. Akan tetapi tahukah anda, meskipun LUffy adalah tokoh Protagonis yang utama yang ada di dalam cerita, tapi orang pertama yang muncul di layar kaca animasinya adalah Nami. Mmm, pasti anda tidak memperhatikannya bukan?

 

4. Pembunuhan pertama

Selain karakter yang muncul pertama, fakta yang perlu anda ketahui lainnnya sebagai salah satu fans sejati dari komik One Piece ini adalah mengenai pembunuh pertama dalam serial ini. Ya, seperti kita tahu, Manga One Piece memang sebuah komik petualangan yang tentunya tidak lepas dari kebrutalan dan pembunuhan. Namun ternyata pembunuhan pertama yang ada di dalam komik ini bukan dilakukan oleh tokoh penting dalam serial, tapi dilakukan oleh Lucky Roo. Lucky Roo adalah salah satu kru kapal Redhaired Pirates.

 

5. Moto hidup LUffy

Ada satu moto hidup karakter utama kita dalam seri ini yang cukup menyedihkan. Ternyata LUffy memiliki moto bahwa yang bisa memisahkannya dengan rekan kru kapalnya adalah ketika ia menjadi seorang raja bajak laut atau ketika ia mati. Yaah menyedihkan karena cukup egois kan? Tapi jangan takut, LUffy memang akan meninggalkan temannya jika ia menjadi raja bajak laut, tapi dibalik ambisinya ia tetap merupakan orang yang setia terhadap kawan-kawannya! Ini patut dicontoh oleh siapa saja!

 

6. Nama asli Sanji

Satu fakta yang mungkin membuat anda senyum senyum sendiri adalah mengenai nama asli dari Sanji. Sesungguhnya nama awal dari Sanji adalah Naruto. Tapi seperti yang kita tahu, satu komik yang cukup populer juga di rilis tidak jauh sebelumnya sehingga namanya diganti menjadi Sanji. Perlu anda tahu, Naruto artinya adalah spiral sesuai dengan alisnya.

 

7. Personality dari LUffy

Ternyata personality dari kapal bajak laut topi jerami merupakan adaptasi dari karakter Goku dari Dragonball series lho! Sudah tahu belum?

 

Baca juga  7 Anime Terbaik dan Terbaru yang Wajib Kamu Tonton di Tahun 2019 ini

8. Anggota Kru kapal bajak laut topi jerami yang kuat

Satu lagi fakta unik mengenai komik One Piece. Di Manga One Piece ini, satu-satunya kru bajak laut yang memiliki hadiah untuk setiap kepalanya hanyalah kru kapal bajak laut pimpinan LUffy. Hal ini tentu saja karena mereka masing-masing sangat kuat dan punya banyak masalah. Hahahha!

 

9. Mengenai ending Manga One Piece

Sebuah komik ataupun cerita apapun adalah merupakan hal yang ditentukan dari awal dan endingnya. Hingga kini komik One Piece merupakan salah satu komik yang sudah sangat tua dan memiliki seri yang sangat panjang. Akan tetapi belum diketahui bagaimana ending dari Manga One Piece. Namun ending dari komik ini tentu sudah dipikirkan masak-masak dan hanya diketahui oleh Eiichiro Oda dan juga editornya yaitu Suguru Sugita.

 

10. Bajak laut Favorit Eiichiro Oda

Sebagai creatornya, Eiichiro Oda tentu saja memfavoritkan LUffy sebagai bajak laut dalam komiknya. Akan tetapi di dalam Manga One Piece ini, anda bisa menemukan salah satu bajak laut favorit dari Eiichiro Oda di dunia nyata. Ia adalah Marshall D. Teach. Banyak orang yang berspekulasi bahwa tokoh ini merupakan tokoh dalam sejarah bajak laut nyata yang diadaptasi dalam dunia komik One Piece.

 

11. Nama asli dari tokoh Blackbeard dalam serial

Selain Marshal D. Teach, ada satu lagi bajak laut dalam dunia nyata yang diadaptasi namanya oleh Eiichiro Oda dalam Manga One Piece. Ia adalah Edward Teach. Nama dari Edward teach ini disamarkan pada nama Whitebeard dan juga nama Blackbeard. Jika anda menggabungkan nama depan dari 2 bajak laut tersebut, anda akan menemukan nama asli bajak laut yang digunakan oleh Eiichiro Oda.

 

12. Fakta tokoh Shichibukai

Penggemar komik One Piece tentu sudah tahu bukan apa itu Shichibukai. Ya, mereka adalah 7 bajak laut yang paling kuat bahkan sering di sebut sebagai 7 dewa bajak laut. Dintara 7 bajak laut terkuat ini, karakter Gecko Moria adalah karakter yang paling tinggi dan paling tua sedangkan Boa Hancock adalah katakter yang paling muda dan paling pendek.

 

13. Asal usul karakter kru topi jerami di Manga One Piece

Menurut Eiichiro Oda, jika karakter kru dari bajak laut topi jerami adalah nyata, ia menyebutkan bahwa Lufi berasal dari Brazil, sedangkan Zoro dari Jepang, Nami dari Swedia, usopp dari Afrika, Sanji dari Prancis, Chopper dari Kanada, Robin dari rusia, Franky dari Amerika dan yang terakhir adalah Brook dari Austria. Cukup mewakili bukan?

 

14. Karakter Sabo di komik One Piece

Selanjutnya karakter Sabo yang merupakan saudara angkat LUffy. Karakter Sabo yang ada di dalam serial Manga One Piece ini memiliki kisah yang diangkat dari sebuah novel yang berjudul Oliver Twist. Novel ini menceritakan mengenai seorang anak yatim piatu yang tinggal di Inggris. Karena ceritanya yang menarik, novel ini sempat diangkat menjadi sebuah film pada tahun 2005.

 

15. “Sangar” nya Monkey D. LUffy

Salah satu fakta unik lain yang dimiliki oleh komik One Piece adalah mengenai kekuatan yang dimiliki oleh LUffy. LUffy bukan hanya merupakan tokoh yang memiliki kekuatan fisik yang kuat tapi terlebih dari kekuatan fisiknya, kekuatan mental dan juga karakter pribadinya yang kuat menjadikannya sebagai karakter yang super tangguh. Dalam komik One Piece ini, LUffy adalah satu satunya orang yang pernah masuk dan keluar dalam keadaan selamat dari Penjara 3 World Government.

 

Baca juga  Inilah 6 Mangaka Terkaya Yang Terkenal Di Jepang

16. Latar belakang karakter Kizaru, Akainu dan Aokiji

Selain menggambar karakter dan menamainya berdasarkan tokoh bajak laut yang diidolakannya, Eiichiro Oda juga menggambarkan kaarkater Kizaru, Akainu dan juga Aokiji berdasarkan toko nyata dalam duniaEntertainment Jepang. Kizaru merupakan karakter yang dibuat berdasarkan karakter yang diparnkan oleh aktor Kunie Tanaka di masa muda. Sedangkan Akainu dibuat berdasarkan Aktor Bunta Sugawara dan yang terakhir adalah Aokiji atau Kuzan yang dibuat berdasarkan aktor Yusuka Matsuda.

 

17. Fakta mengenai gadis dengan rambut sekop yang selalu bersama dengan Franky

Nama dari gadis-gadis berambut sekop ini adalah Mozu dan juga Kiwi. Meskipun memiliki persamaan baik dari segi wajah dan juga tatanan rambut, mereka ini ternyata bukan kembar lho!

 

18. Persahabatan antara Robin dan Chooper

Semua karakter dalam komik One Piece memang memiliki sisi menarik dan menyenangkan. Hal ini disebabkan karena persahabatan yang dibangun sangat kuat oleh Eiichiro Oda di dalam komik tersebut. Namun diantaranya, yang paling kelihatan adalah persahabatan antara Robin dan juga Chooper. Salah satu buktinya bisa dilihat dari kebiasaan Robin yang selalu membawa makanan favorit dari Chooper.

 

19. Kru kapal ideal LUffy

Untuk anda ketahui, jumlah kru kapal ideal yang dimiliki oleh LUffy adalah 10 orang. Sedangkan saat ini jumlah krunya sudah mencapai 11 orang. Apakah akan bertambah lagi?

 

20. Chapter Manga One Piece

Seperti yang kita ketahui, chapter komik One Piece saat ini sudah mencapai angka 932 atau hampir mencapai 1000 chapter. Berdasarkan penuturan Eiichiro Oda, chapter 597 adalah setengah jalan dari Manga One Piece ini. Artinya komik ini mungkin akan memiliki chapter dengan jumlah lebih dari 1000. Hal ini juga di dukung oleh statement Eiichiro Oda pada beberapa waktu yang lalu bahwa saat ini penyelesaian komik One Piece ini sudah mencapai 80%. Harus senang atau sedih ya?

 

21. Taman dengan tema Manga One Piece

Jepang adalah salah satu negeri impian. Negara dimana setiap orang bisa menjadi dirinya sendiri. Hal inilah yang menyebabkan jepang memiliki sebuah taman yang disebut dengan Tokyo One Piece Tower. Kabarnya taman ini merupakan taman yang memiliki tema One Piece. Ingin kesana?

 

22. Karakter Monet

Satu lagi karakter yang menarik untuk dibahas dalam artikel seputar fakta dari komik One Piece ini, ia adalah karakter Monet. Karakter Monet dianggap menarik karena karakter tersebut merupakan salah satu karakter yang di hidupkan dari karakter makhluk mitologi Harpie yang memiliki lengan berupa sayap dan juga kaki berupa kaku burung.

 

23. Spesialnya Boa Hancock

Tentu anda sudah kenal dengan Boa Hancock bukan? Ya, salah satu karakter bajak laut terkuat dan termuda dalam Manga One Piece ini merupakan karakter yang menarik untuk dibahas. Salah satu daya tarik yang dimilikinya adalah kekuatan Haoshoku Haki. Haki ini merupakan haki yang tidak bisa didapatkan hanya dengan melakukan pelatihan saja. Pemiliknya juga sangat jarang di Manga One Piece ini Boa Handcock adalah karakter wanita satu-satunya yang memiliki Haki ini.

 

24. Kekuatan Whitebeard Pirate dan Shiki

Tentu anda sudah tahu bukan siapa Gol D. Roger? Ya ia adalah karakter Pirate King dan juga karakter bajak laut terkuat yang dianggap sebagai raja bajak laut. Sayangnya sudah meninggal karena penyakit yang dideritanya. Saat ini dalam komik One Piece ada 2 karakter yang dianggap memiliki kekuatan yang sama besarnya dengan Gol D. Roger yaitu Whitebeard dan juga Shiki The Golden Lion.

 

Baca juga  5 Anime 2019 Bertemakan Romance Yang Saat Ditonton Bakal Bikin Baper

25. Kekuatan Nami

Meskipun tidak memiliki keahlian apapun, Nami juga merupakan bajak laut anggota topi jerami yang memiliki hadiah yang besar untuk pembunuhannya. Ia juga masuk dalam jajaran anggota yang paling lemah di antara kru kapal LUffy. Akan tetapi meskipun menjadi salah satu anggota terlemah, ternyata Nami juga bisa melukai LUffy dengan serangan yang biasa. Ya, mungkin dia adalah salah satu pemegang Haki. Hal ini ternyata masih spekulasi.

 

26. Kekuatan Akainu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Akainu adalah salah satu tokoh penting dalam Manga One Piece. Ia juga diangkat dari tokoh dalam dunia nyata. Ternyata menurut Eiichiro Oda, jika Akainu adalah toko utama dalamkomik One Piece ini, mungkin ia dapat menemukan The One Piece dalam jangka waktu 1 tahun saja. Untung bukan Akainu ya, jika tidak mungkin kita sudah sedih karena tidak bisa menikmati Manga One Piece lagi!

 

27. Karakter Usopp

Karakter Usopp adalah sebuah karakter yang digambarkan sebagai orang yang lemah dan tentunya banyak pecinta Manga One Piece yang setuju dengan hal ini. Tapi apakah Usopp ini benar-benar lemah? Sedangkan ia selalu mengejutkan dengan kemenangan dalam duelnya?

 

28. Karakter awal Chopper

Siapa yang tidak gemas dengan Chopper? Karakter kru dari bajak laut topi jerami yang satu ini memang merupakan karakter yang sangat populer karena keunikan yang dimilikinya. Dalam komik One Piece ini ia digambarkan sebagai seekor rusa. Tapi jika anda tahu, ternyata Chopper adalah karakter yang awalnya akan dibuat sebagai seekor zebra yang merokok. Hahahahha!

 

29. Karakter ayah LUffy

Ayah LUffy atau Monkey D. Dragon merupakan salah satu karakter yang sangat kuat. Terbukti bahwa ia menjadi salah satu buron dengan imbalan yang sangat besar. Ia dianggap sebagai pahlawan dan seorang revolusioner, alasan dibalik sikapnya yang revolusioner ini ternyata di sebabkan oleh ibu dari LUffy lho! Aw Romantis!

 

30. Kemampuan berpedang Shanks

Salah satu karakter yang ikut mendidik LUffy sebagai seorang calon bajak laut adalah Shanks. Shanks yang merupakan ketua atau kapten dari bajak laut rambut merah merupakan salah satu tokoh ideal yang digemari oleh LUffy. Ia memiliki keberanian hal inilah yang menyebabkannya menjadi salah satu tokoh yang diidolakan oleh tokoh utama kita. Selain memiliki kemampuan memimpin dan juga keberanian, hal yang menyebabkan Shanks menjadi salah satu bajak laut yang tangguh adalah kemampuan berpedang yang dimilikinya. Dilihat dari skill berpedangnya bisa dikatakan bahwa Shanks memiliki kemampuan berpedang yang di level yang sangat tinggi.

 

Demikianlah pembahasan mengenai fakta unik dan menarik yang dimiliki oleh Manga One Piece. Kini anda sudah memiliki pengetahuan dasar sebagai seorang fans garis keras dari komik One Piece. Semoga pembahasan ini dapat menjadi informasi yang menarik bagi anda. Jangan lupa untuk terus membaca Manga One Piece ini ya! Karena komik One Piece ini bukan hanya menarik tapi juga memiliki nilai moral yang tinggi.

Related posts
Otaku

10 Judul Manga Yang Terpopuler di Dunia Sepanjang Masa

BeritaKarir

Inilah 6 Mangaka Terkaya Yang Terkenal Di Jepang