fbpx
Otaku

5 Manga Bertemakan Karakter Bapak Rumah Tangga Yang Menarik

Manga atau komik Jepang ini memang memilik berbagai macam genre yang begitu beraneka ragam dan cerita – cerita yang menarik. Terkadang karakternya juga ada yang tidak senonoh dan absurd. Tema yang diangkat pun beraneka ragam aksi, percintaan dan lain sebagainya. Misalnya seperti manga Kobo – chan dan Miiko, yang memperlihatkan dinamika keluarga Jepang yang modern, di mana sang ibu bekerja dan menitipkan anak di tempat penitipan bahkan ada yang mandiri sendiri di rumah. Selain itu, ada juga manga yang memperlihatkan karakter seorang bapak rumah tangga, seperti duda yang mengasuh anaknya, lalu ada bapak rumah tangga yang memiliki istri yang selalu bekerja, dan bahkan cerita mengenai pasangan gay. Dari semua hal itu, berikut ini ada 5 manga yang tidak harus melihat dari sisi gendernya saja tetapi bagaimana seseorang harus terlibat dalam urusan rumah tangga seperti seorang ayah yang mengasuh anak – anaknya.

1. Papa To Oyaji No Uchi Gohan

Manga yang menceritakan seorang pria bernama Sengoku ini bekerja sebagai terapis yang harus bertanggung jawab untuk membesarkan anak dari mantan pacarnya. Lalu dia kemudian bertemu dengan Harumi, seorang editor komik yang ternyata juga harus membesarkan anaknya setelah bercerai dari mantan istrinya. Mereka berdua bersepakat untuk tinggal bersama dan mengurus anak mereka dan belajar memasak yang mulai dari nol. Perjalanan dari kedua sang ayah ini mengikuti kelas masak bersama dengan ibu – ibu, sekaligus membesarkan anak yang masih duduk di sekolah dasar membuat ceritanya semakin menarik.

2. Otouto No Otto

Menceritakan mengenai kehidupan seorang pria bernama Yaichi, yaitu bapak rumah tangga yang hidup bersama anak perempuan satu – satunya, Kana. Dia juga memiliki adik kembar yang bernama Ryoji, tetapi hubungan mereka tidak akur karena Ryoji adalah seorang gay yang tinggal bersama pasangannya, bernama Mike Flanagan, di Kanada.

Baca juga  7 Anime Terbaik dan Terbaru yang Wajib Kamu Tonton di Tahun 2019 ini

Tetapi semuanya berubah saat Ryoji meninggal dunia, dan pasangannya si Mike memutuskan pergi ke Jepang untuk menemui Yaichi, kakak Ryoji yang dimana untuk mewujudkan keinginan mendiang pasangannya untuk mengenal keluarganya lebih dekat. Pada awalnya Yaichi menolak keras dan tidak ingin berinteraksi dengan Mike, tetapi dengan bantuan Kana, mereka bertiga mulai mengenal satu sama lain, dan secara perlahan mengurangi kesalahpahaman dan prasangka terhadap LGBT atau (lesbian, gay, biseksual, transgender).

3. My Girl (Sahara Mizu)

Manga yang menceritakan seorang pria muda bernama Kazama Masamune yang masih teringat dengan mantannya saat masa di SMA dan kuliah. Tetapi suatu ketika kazama mendapat kabar bahwa wanita idamannya itu yang biasa di panggil  Youko – san telah meninggal dunia. Saat melayat ke rumah Youko, ibu Youko memberikan kazama sebuah berita mengejutkan bahwa Youki itu memiliki anak perempuan berumur 5 tahun bernama Koharu, dan Kazama harus bertanggung jawab untuk mengurusnya. Dan saat itulah cerita Kazama dan Koharu dimulai dengan mengenal satu sama lainnya, dan menjadi awal dan tantangan baru untuk Kazama bahwa dia harus bertanggung jawab sebagai seorang ayah dan harus mengurus rumah tangga serta bekerja di luar rumah. Walaupun terasa berat, Kazama berusaha untuk membuat Koharu merasakan kasih sayangnya.

4. Kyou Curry

Menceritakan mengenai seorang anak perempuan berumur 4 tahun yang bernama Haruse Urara yang hidup berdua bersama ayahnya. Dalam kehidupan sehari – hari mereka, Urara membantu ayahnya untuk berjualan kari dengan mobil van dan berkeliling pulau kecil tempat mereka tinggal. Tetapi mereka juga dibantu oleh kedua siswi SMA, yaitu Subaru dan Yoriko. Manga ini tidak hanya menceritakan mengenai kehidupan Urara bersama ayahnya saja, tetapi bagaimana  sang ayah mengajarkan anaknya untuk belajar menerima orang – orang yang memiliki penampilan atau latar belakang yang berbeda dari mereka.

Baca juga  Kenali 5 Jenis Sushi Ini Agar Saat Memesannya Tidak Salah Sebut

5. Baby and I

Menceritakan tentang kehidupan seorang ayah dan dua anak laki – lakinya yang bernama Takuya dan Minoru. Takuya adalah siswa kelas 5 SD dan Minoru yang masih berusia 4 tahun ini telah ditinggalkan oleh Ibu mereka yang sudah lama meninggal, sehingga sang ayah harus mendidik  Takuya dan berbagi tugas pekerjaan rumah serta mengurus Minoru. Makna dari cerita manga ini adalah mengajarkan kita bagaimana memahami perasaan dan kondisi hati dari tiap orang. Takuya dan Minoru, memperlihatkan bagaimana mereka belajar memahami satu sama lain dan saling menyayangi.

Itulah ke 5 manga bertemakan seorang ayah yang harus bisa mengurus pekerjaan rumah tangga dan tanpa harus melihat dari sisi gender. Selain itu, ada beberapa makna yang baik untuk mengajarkan kita bagaimana lebih baik dalam menjalani hidup ini. Selamat membaca !

Related posts
Otaku

10 Judul Manga Yang Terpopuler di Dunia Sepanjang Masa

Berita

Tahukah Kamu, Kenapa Botol Minuman Yakult Berukuran Kecil ? Inilah Alasannya

Food

Kenali 5 Jenis Sushi Ini Agar Saat Memesannya Tidak Salah Sebut

Film

5 Artis JAV Tercantik 2019