Overthinking Emang Bikin Gak Produktif, 3 Kegiatan Ini Dapat Kamu Lakukan Saat Overthinking


Overthinking Emang Bikin Gak Produktif, 3 Kegiatan Ini Dapat Kamu Lakukan Saat Overthinking 1

Tak terasa, masa Pandemi telah berjalan setahun lamanya. Masa Pandemi saat ini menuntut semua orang untuk membatasi aktivitasnya di luar ruangan. Ruang gerak dibatasi, dan banyak tempat wisata yang ditutup karena pandemi.  Dari sektor pendidikan pun, sekolah-sekolah banyak yang kegiatan pembelajaran tatap mukanya dihentikan. Diganti dengan kelas online yang sebenarnya sangat membosankan. Memang, rumah adalah tempat yang menyenangkan. Namun, jika terlalu lama di rumah juga lama kelamaan akan merasa jenuh.

Di kala kejenuhan saat masa Pandemi yang melanda, terkadang kita lebih banyak melamun memikirkan sesuatu, yang seharusnya tidak dipikirkan. Nah, pikiran yang seharusnya tidak dipikirkan itulah yang disebut “Overthinking” yaitu pikiran yang berlebih. Overthinking bukanlah hal yang sepele. Pikiran berlebih ini dapat menjadi masalah mental yang serius jika terus menerus terjadi. Karena kita akan lebih mudah berharap pada sesuatu yang belum jelas. Berikut ini adalah 3 kegiatan yang dapat kamu lakukan saat Overthinking :

1. Menulis

Menulis adalah sarana pelampiasan yang sehat
Menulis adalah sarana pelampiasan yang sehat

Menulis adalah sarana pelampiasan yang paling positif, dan juga sehat karena tak berakibat buruk bagi tubuh. Saat kamu Overthinking, kamu dapat menuliskan apa yang kamu pikirkan di dalam buku diary/jurnal harian kamu. Banyak cara untuk menulis saat sedang merasa Overthinking. Salah satunya, kamu dapat mencatat ke dalam bentuk poin-poin apa saja yang kamu pikirkan. Atau jika kamu lagi rindu sama seseorang, entah itu pacar, mantan, atau pun orang tersayang lainnya. Kamu dapat menulis tentang apa yang ingin kamu sampaikan kepadanya. Atau dengan hanya menulis asal-asalan dan bebas, tentang apa yang kamu pikirkan dan tentang keresahanmu dalam menjalani hidup. Yang sekiranya dapat mengurangi Overthinking-mu.

2. Menghabiskan Waktu Bersama Hewan Peliharaan

Bermain bersama hewan peliharaan dipercaya membawa aura positif
Bermain bersama hewan peliharaan dipercaya membawa aura positif

Memiliki hewan peliharaan memang ada kebahagiaan tersendiri. Karena kita belajar menghargai sesama makhluk hidup, selain sesama manusia. Memiliki hewan peliharaan dipercaya mampu meredakan stress. Nah, untuk kamu yang mempunyai hewan peliharaan, cara ini bisa dicoba saat sedang Overthinking. Kamu bisa mencoba menceritakan masalahmu ke hewan peliharaanmu. Walaupun, sampai kapan pun hewan peliharaanmu takkan bisa menjawab semua keluh kesahmu. Memang terdengar agak gila, tapi gak salah kok. Intinya, saat Overthinking itu kamu hanya ingin didengar tentang apa yang kamu rasa. Cara ini bisa dilakukan, saat orang-orang di dekatmu sedang pergi meninggalkanmu. Buat kamu yang belum punya hewan peliharaan, bisa dipikirkan kembali untuk membeli hewan peliharaan. Untuk menemanimu di kala Overthinking dan rasa sepi melanda.

3. Mendengarkan Musik

 Musik dapat memberikan ketenangan bagi penikmatnya
 Musik dapat memberikan ketenangan bagi penikmatnya

Musik memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat era modern saat ini. Sebuah kompisisi musik, dapat menenangkan bagi penikmatnya dan mengembalikan mood seperti sedia kala. Begitu juga saat kamu Overthinking. Mendengarkan musik juga bisa jadi pilihan saat Overthinking melanda. Pilihlah lagu yang paling kamu sukai dan yang paling kamu sering dengarkan. Buatlah playlist, dan jangan lupa kunci kamarmu, sehingga tak ada satupun yang mengganggumu. Dan yang terakhir, tarik selimut dan selamat menikmati!

Namun, lagu yang dipilih usahakan lagu dengan vibe yang semangat dan ceria. Jangan pilih lagu dengan nuansu musik yang melankolis, lirik yang galau dan instrumen yang menyayat hati. Bisa dijamin, Overthinking-mu takkan hilang, malahan berlarut-larut.

Overthinking memang meresahkan di kalangan kawula muda saat ini. Masa peralihan dari remaja ke dewasa, memang sangat menyakitkan dan melelahkan. Namun, hidup harus tetap berlanjut, ‘kan? Karena semua ini adalah fase dalam menjalani hidup saat beranjak dewasa. Karena juga sebuah fase, masa ini akan berlalu kok. Mungkin cara di atas tadi bisa kamu terapkan, untuk mengalihkan pikiran Overthinking yang sangat mengganggu.

Jika ada yang punya cara tersendiri dalam mengatasi Overthinking, silakan sharing di kolom komentar ya!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Zaki

   

Penulis amatir.

Berusaha untuk tidak jadi bokap-bokap biasa.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap