Pahami Ciri-ciri Online Shop Terpercaya Agar Terhindar dari Penipuan Berkedok Toko Online

Pahami Ciri-ciri Online Shop Terpercaya Agar Terhindar dari Penipuan Berkedok Toko Online 1
Cyber Theft

Seiring dengan kemajuan tekhnologi, keberadaan online shop dengan berbagai jenis barang yang dijualnya juga semakin menjamur. Dengan semakin banyaknya toko online ini sudah barang tentu memberikan keuntungan bagi kita untuk dapat berbelanja dengan mudah, praktis, tanpa harus keluar rumah.

Persoalannya, tidak sedikit pula para penipu yang melakukan tindak kejahatan dengan mendirikan online shop abal-abal. Modusnya dengan menjual barang-barang unik yang sulit didapat di tempat lain, atau menjual barang dengan harga murah lewat toko online abal-abal yang dibuatnya.

Jika calon konsumen tertarik dan melakukan transaksi, para penipu tersebut lantas menyuruhnya mentransfer uang senilai harga barang. Namun ujung-ujungnya, barang yang sudah dibeli tersebut tidak pernah dikirimkan ke alamat pembeli.

Karena itulah, sikap hati-hati dan waspada harus senantiasa kita pelihara saat melakukan transaksi online, utamanya saat membeli sesuatu dengan memanfaatkan jasa toko online.

 

Pahami Ciri-ciri Online Shop Terpercaya Agar Terhindar dari Penipuan Berkedok Toko Online 3Agar tidak menjadi korban penipuan dari tindak kejahatan yang memanfaatkan kemajuan tekhnologi tersebut, ada baiknya jika kita memahami, seperti apa online shop yang dapat dipercaya.

Berikut ini beberapa ciri dari online shop yang benar-benar menjual barang dan bukan hanya kedok dari tindak kejahatan:

1. Memiliki Tampilan Website yang Profesional

Seorang pengusaha online yang benar-benar serius menggeluti bisnisnya, pasti akan membuat website yang benar-benar berbeda. Template yang digunakannya unik dan tidak ada duanya di dunia, dan yang pasti bukan template gratisan yang bisa didapat dengan mudah lewat situs-situs penyedia template website serta blog.

Online shop tersebut juga menggunakan server yang handal, dan domain disewa dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengetahui ditempatkan dimana server dari website sebuah toko online dan berapa lama domain disewa oleh pemilik online shop, bisa dilihat di situs who.is atau whois.com.

Sebaliknya, penipu berkedok toko online, cenderung menggunakan template gratisan, bila perlu juga menggunakan hosting gratis, dan domain hanya disewa selama satu tahun. Tujuannya jelas, setelah berhasil mengeruk uang dari calon konsumen yang menjadi korban, website toko online yang dia jadikan kedok penipuan itu akan ditinggalkan atau ditutup untuk kemudian membuat online shop yang baru guna mencari mangsa baru.

Pahami Ciri-ciri Online Shop Terpercaya Agar Terhindar dari Penipuan Berkedok Toko Online 4

2. Memiliki Alamat dan Nomor Telepon yang Jelas

Online shop yang terpercaya tidak hanya sekedar mencantumkan nomor rekening untuk proses transaksi jual beli, tapi juga mencantumkan alamat serta nomor telepon yang jelas. Namun ada juga toko online abal-abal yang mencantumkan alamat palsu serta contact person yang bisa dihubungi.

Hanya saja, biasanya bukan nomor telepon rumah/kantor yang dicantumkan penipu tersebut, melainkan nomor HP. Jadi jika ada online shop yang hanya memiliki contact person berupa nomor selular, Anda wajib berhati-hati saat bertransaksi dengan toko online tersebut.

3. Bersedia Melakukan Cash on Delivery (COD)

Cash on Delivery adalah bentuk transaksi, dengan system: pembeli akan melakukan pembayaran jika barang sudah diterima. COD ini dilakukan lewat rekening bersama untuk menjamin keamanan, baik dari sisi penjual maupun pembeli.

Untuk online shopterpercaya, penggunaan transaksi model ini sudah barang tentu bukan masalah, berbeda halnya dengan toko online abal-abal yang memang tidak pernah memiliki stok barang untuk dijual.

Dengan memahami ciri-ciri online shop terpercaya sebagaimana tersebut di atas, kita akan selamat dari ulah para penipu yang memanfaatkan kemajuan tekhnologi. (*)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.