Palm Sugar VS Brown Sugar, Apa Bedanya?

Palm Sugar VS Brown Sugar, Apa Bedanya?

Selain , ada beragam jenis gula lain yang biasa digunakan pada untuk memberikan sensasi rasa manis. Terdapat dua jenis gula yang sekilas terlihat mirip, tetapi sebenarnya, keduanya adalah jenis gula yang , yaitu palm sugar dan .

Sama seperti gula pasir, palm sugar dan brown sugar sama-sama dapat memberikan rasa manis pada makanan. Kedua jenis gula ini biasa digunakan pada aneka jenis , aneka , dan kini juga banyak ditemukan pada menu-menu aneka kekinian.

Agar kamu tidak salah menggunakan kedua jenis gula ini pada masakan atau kue yang kamu buat maupun saat kamu memesan minuman kekinian, kamu perlu mengetahui beberapa antara palm sugar dan brown sugar berikut.

1.  Dasar Pembuat

Baca juga  Kompleks Sejarah Pabrik Gula Gondang Winangoen Klaten

Palm sugar dan brown sugar terbuat dari bahan dasar yang berbeda. Secara sederhana, palm sugar terbuat dari bahan berupa sadapan (nira) dari batang palm. Umumnya, jenis pohon palm yang bisa disadap niranya untuk membuat palm sugar ini adalah pohon dan pohon aren.

Brown sugar terbuat dari sari tebu, sama seperti gula pasir. Warna kecoklatan pada brown sugar ini didapatkan dari penambahan molase yang biasa terdapat pada tetes tebu tersebut.

2. Rasa dan Tekstur

Palm sugar dan brown sugar memiliki rasa manis yang mirip, yaitu seperti rasa manis karamel. Perbedaannya terletak pada tekstur dari kedua jenis gula tersebut. Palm sugar memiliki tekstur butiran yang lebih daripada brown sugar.

Tekstur palm sugar ini tidak larut cairan

Baca juga  Ini Manfaat Gula Merah yang Wajib Kamu Tahu
, sehingga palm sugar kurang cocok untuk digunakan pada aneka jenis kue karena dapat meninggalkan corak atau butir-butir gula. Akan tetapi, palm sugar larut dalam air, sehingga palm sugar ini dapat digunakan pada aneka jenis minuman.

Brown sugar memiliki tekstur yang lebih halus dan lembap karena adanya molase. Brown sugar juga larut dalam mentega, sehingga brown sugar ini dapat digunakan pada bebrapa jenis kue. Penambahan brown sugar pada adonan kue juga biasa ditujukan untuk mendapatkan warna kecoklatan yang alami pada kue yang dibuat.

3. Penggunaan pada Makanan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena terbuat dari bahan dasar yang berbeda dan memiliki tekstur yang berbeda pula, palm sugar dan brown sugar umumnya juga digunakan pada jenis makanan atau minuman yang berbeda.

Baca juga  Beras Berkutu: 7 Cara Mudah Membasmi Kutu Beras dengan Bahan Alami

Palm sugar lebih banyak digunakan pada aneka jenis muniman, seperti teh, kopi, ataupun jenis masakan lain yang terdapat air atau kuahnya karena palm sugar lebih mudah larut dalam air. Brown sugar lebih banyak digunakan pada aneka jenis adonan kue. Selain untuk memberikan rasa yang manis, brown sugar juga biasa digunakan pada adonan kue untuk mendapatkan warna kecoklatan yang alami pada kue.

palm sugar maupun brown sugar merupakan dua jenis gula yang biasa miliki dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi harian. Oleh karena itu, apabila kamu memiliki persediaan yang cukup banyak, kamu perlu menyimpannya dengan baik agar palm sugar maupun brown sugar yang kamu miliki dapat bertahan lama. K

amu dapat menyimpan palm sugar maupun brown sugar ini di dalam toples atau ziplock yang kedap udara. Kamu juga dapat menambahkan beberapa butir marshmallow pada brown sugar untuk menjaga tekstur brown sugar tersebut.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh