Panas Dalam, Benarkah Tubuh Bagian Dalam Kita Sedang Panas?


Panas Dalam, Benarkah Tubuh Bagian Dalam Kita Sedang Panas? 1

Pernahkah Anda merasakan sakit di tenggrokan? Pernah pulakah merasa sulit untuk menelan makanan? Apakah itu yang biasa disebut panas dalam?

Istilah panas dalam memang sudah terdengar sering sehingga tidak asing lagi di telinga kita. Tapi, tahukah Anda jika dunia medis sebenarnya tidak mengenal istilah panas dalam. Lantas, jika kita merasakan panas dalam, apa sebenarnya yang terjadi dalam tubuh kita? Apakah tenggorokan kita memang benar-benar sedang panas sehingga disebut panas dalam?

Panas dalam biasanya diawali dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Sakit untuk menelan makanan, bibir pecah-pecah, sampai bau mulut. Ternyata dalam dunia medis kondisi seperti ini bukanlah panas dalam, melainkan kumpulan dari penyakit di tenggorokan atau gejala awal dari infeksi virus maupun bakteri. Hal inilah yang biasanya menyebabkan terjadinya peradangan dalam tubuh dan memunculkan penyakit seperti ispa, iritasi tenggorokan, naiknya gas asam lambung dan lain sebagainya. Lantas darimanakah asal istilah panas dalam?

Panas Dalam, Benarkah Tubuh Bagian Dalam Kita Sedang Panas? 3

Ternyata istilah ini merupakan istilah semu dalam dunia pengobatan tradisional Tiongkok. Pasti Anda tahu simbol Yin dan simbol Yang? Sebuah simbol yang memiliki makna keseimbangan. teori pengobatan Tiongkok mengkategorikan makanan menjadi dua, yaitu makanan yang bersifat panas dan makanan yang bersifat dingin. makanan panas antara lain gorengan, lemak, daging, cabai dan lain-lain. sedangkan makanan dingin antara lain buah dan sayur-sayuran. Menurut pengertian pengobatan tradisional Tiongkok, panas dalam dapat disebabkan oleh tidak seimbangnya makanan yang bersifat panas dan makanan yang bersifat dingin di dalam tubuh kita. Oleh karena itu muncul istilah semu panas dalam seperti yang kita sering dengar sekarang ini.

Kondisi di mana seseorang terlalu banyak memakan makanan yang bersifat panas. Oleh karena itu, minum air putih yang banyak adalah cara yang sangat efektif untuk meredakan panas dalam yang sedang kita rasakan. Jika kita selesai memakan makanan yang bisa memicu sakit di tenggorokan, maka jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang bisa membuat tenggorokan kita merasa nyaman. Seperti sup hangat, teh hijau, sayur-sayuran atau buah-buahan. Tapi jika keadaan sudah cukup parah, jangan lupa untuk tetap memeriksakan ke dokter karena panas dalam merupakan kumpulan gejala infeksi tenggorokan, jadi tidak bisa kita sepelekan keberadaannya.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

El-Pedia

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments