Pandemi COVID-19 & Dampaknya Terhadap Pembelajaran Matematika

Pandemi COVID-19 & Dampaknya Terhadap Pembelajaran Matematika

sangat berdampak pada seluruh sektor di dunia. Dampak yang terjadi akibat adanya ini seperti pada bidang ekonomi, pariwisata, , dan tidak terkecuali pendidikan. Pada sektor pendidikan, banyak yang menghentikan kegiatan mengajarnya dan memberhentikan program pertukaran pelajar untuk meminimalisir penyebaran .

Salah satu upaya untuk melindungi peserta didik dari kemungkinan tertular adalah dengan cara penutupan , karena lingkungan merupakan tempat ratusan peserta didik bertemu dan ini menjadikan menjadi tempat yang berbahaya dimana dapat menyebar dengan cepat.

Pandemi COVID-19 & Dampaknya Terhadap Pembelajaran Matematika

Indonesia tanggal 19 Maret 2020 mengeluarkan surat edaran yang menghimbau untuk masyarakat menunda segala kegiatan di dalam dan di luar ruangan di semua sektor terutama pada bidang pendidikan untuk mencegah penyebaran . Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 24 Maret 2020 mengeluarkan surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang berisi tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat penyebaran .

Baca juga  Upaya Menghadapi Perlawanan Terhadap Pajak DI Masa Pandemi COVID 19

Surat edaran tersebut menjelaskan agar proses mengajar dilaksanakan di masing-masing melalui sistem (dalam jaringan) atau jarak jauh. adalah yang dalam proses pembelajarannya memanfaatkan jaringan internet (Dewi, 2020). dilaksanakan agar dunia pendidikan terus dapat berjalan ditengah yang mengharuskan untuk melakukan pembatasan fisik atau physical distancing.

Pandemi COVID-19 & Dampaknya Terhadap Pembelajaran Matematika

merupakan suatu kegiatan ilmu pengetahuan dengan menggunakan nalar dan memiliki rencana terstruktur dengan melibatkan pikiran serta aktivitas dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah (Wandini dan Banurea, 2019). Menurut Solichin (2006) Prinsip ada tiga.

Pertama, yaitu perhatian dan motivasi sebagai pendorong aktivitas peserta didik. Kedua, yaitu keaktifan sebagai sikap positif dan daya penggerak peserta didik untuk berinisiatif melakukan aktifitas . Ketiga, yaitu perlu terlibat langsung dan berpengalaman supaya anak dapat membangun pengetahuannya sendiri melalui aktifitas yang ada.

Baca juga  Mengenal "MASKNE" Jerawat yang muncul akibat pemakaian Masker

 

Adanya beberapa dampak dalam bidang pendidikan, terutama dalam proses yaitu:

  1. Dampak dari proses selama adalah kurangnya pemahaman siswa ketika diberi penjelasan secara online, karena itu sifatnya abstrak ketika tidak dijelaskan menggunakan media . Hal tersebut membuat para siswa sulit untuk memahaminya.
  2. Dampak yang dialami oleh guru yaitu tidak dapat melaksanakan proses secara maksimal seperti guru tidak dapat menjelaskan materi dengan baik ketika melakukan diskusi melalui aplikasi zoom atau google meet, ada peserta didik yang tiba-tiba keluar dari panggilan karena kendala sinyal.
  3. Dampak adanya ini adalah tidak semua siswa dan guru siap menghapi . Misalnya ada beberapa siswa yang tidak memiliki handphone oleh sebab itu mereka harus meminjam handphone kepada kedua orang tua mereka ataupun kepada yang lain. Guru tidak dapat menilai proses siswa secara keseluruhan. Guru hanya dapat memberi nilai siswa melalui hasil kerja yang telah dikumpulkan oleh mereka.
  4. Proses memerlukan adanya bimbingan dari guru ataupun orang tua. Misalkan ketika , saat -19 ini orangtua berperan aktif untuk mengajari anaknya agar memahami materi yang guru jelaskan. Selain itu, orang tua juga harus membeli kuota internet setiap bulannya untuk melaksanakan pembelajaran . Dampak positifnya adalah orang tua menjadi lebih mengerti tentang teknologi.
  5. Dampaknya ada materi yang kurang jelas dan harus bertanya kepada orang tua, tetapi orangtua tidak mengerti materi yang telah diajarkan oleh gurunya.
Baca juga  Dua Tahun Sekolah Daring, Begini Tips agar Tidak Bosan dan Lebih Efektif

Begitulah dampak proses pembelajaran selama -19 membawa beberapa dampak negatif maupun positif bagi sektor pendidikan, terutama dalam proses mengajar .

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Anisah Luthpi Adawiyah