Pandemi Covid-19, Jangan Sampai Pendidikan Anak Terhenti


Pandemi Covid-19, Jangan Sampai Pendidikan Anak Terhenti 1

Pada masa pandemi Covid-19 ini, semua kegiatan banyak yang berhenti. Seperti, kegiatan usaha juga banyak terhenti dan terutama aktivitas pendidikan anak di sekolah juga terhenti hampir 11 bulan ini. Hal ini tentu sangat berdampak pada asupan pendidikan anak.

Seharusnya anak banyak belajar untuk menambah pengetahuan mereka namun karena aktivitas sekolah terhenti membuat mereka tidak bisa melaksanakan belajar mengajar. Ini tentu berdampak buruk pada anak.

Namun, pandemi Covid-19 jangan sampai menghentikan aktivitas pendidikan anak usia dini. Orangtua dalam hal ini harus mengambil peran yang terbaik dalam memberikan pendidikan pada anak. Jujur saja, pendidikan itu sangat penting bagi anak sebagai generasi penerus bangsa kedepannya.

Orangtua bisa mengajari anak di rumah mengenai mata pelajarannya sebagai pengganti guru di sekolah. Hal itu bisa dilakukan sebagai daya upaya anak tetap mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Jangan sampai, pandemi menghalangi anak mendapatkan hak pendidikannya. Anak harus tetap diberikan edukasi dan ilmu pengetahuan oleh orangtuanya. Orangtua tentu mengerti mata pelajaran anak dan dapat mengajari anak mengenai itu.

Dalam kehidupan saat ini, orangtua jangan membiarkan anak hanya bermain dan bermain. Anak harus belajar meski libur panjang datang saat ini. Dari siapa saja, bisa juga seorang anak mendapatkan pendidikan, tinggal orangtua mau untuk mengajari anak dan bersedia menemani anak setiap hari.

Selain itu, anak harus dilatih untuk berpikir kreatif dan mengembangkan kemampuan atau bakatnya agar nanti kelak dapat berguna ketika dia dewasa. Orangtua harus terus melatih anak dan memberikan kebutuhan yang terbaik buat anak.

Jangan pernah menyerah dengan pandemi. Pandemi Covid-19 bukan berarti menggagalkan orangtua dalam mendapatkan hak pendidikannya. Orangtua harus lebih kreatif dan lebih baik lagi dalam proses pembinaan dan pemenuhan pendidikan anak di usia dini.

Pendidikan itu sangat penting sekali, dalam proses pembentukan karakter dan pengetahuan anak lebih baik dan lebih maju kedepannya. Sudah saatnya kita maju bersama dengan meningkatkan hak pendidikan pada anak. Kalau bukan kita yang bekerja dalam pemenuhan pendidikan itu, lalu siapa lagi?.

Semoga saja, kehidupan kita semakin baik di masa pandemi ini dan pandemi segera berakhir agar aktivitas segera normal. Dan, hak pendidikan anak tetap dipenuhi dengan baik sehingga anak bisa bersaing dengan orang lainnya. Mari kita jaga anak dengan baik dan kita beri kebutuhan terbaik buatnya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juandi M

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap