Panduan Bisnis Digital Yang Benar

Panduan Bisnis Digital Yang Benar

yang benar merupakan informasi yang sangat berharga bagi mereka yang mau mulai menjalani suatu bisnis di . Mengingat kebutuhan hidup yang semakin banyak dan semua memerlukan uang untuk membelinya maka membuka suatu usaha online adalah pilihan yang sangat bijak untuk menambah pemasukan keuangan. 

Namun untuk membuka suatu usaha tak mudah. Salah satu yang sering ditanyakan orang adalah jenis usaha apa yang kita bisa dijalani dan menguntungkan? Pada prinsipnya semua jenis usaha menguntungkan dan menjanjikan asalkan kita serius menjalaninya. Baik itu bisnis online ataupun bisnis di dunia fisik. Tapi yang paling menjanjikan adalah bisnis online yang mempunyai banyak kelebihan. Seperti bisa dijalankan dengan modal kecil dan pangsa pasar yang sangat luas.

Bagi kamu yang mau bisnis tapi mempunyai keterbatasan dalam modal keuangan maka sangat tepat untuk melakoni . Karena jenis bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal, modal kecil dan modal besar. Pendek kata, sebagai pemula bisa melakukan bisnis online dengan modal kecil atau tanpa modal. Sehingga resiko kerugian bisa diminimalisir.

Bisnis online menjadi pilihan sebagian orang dalam menghasilkan uang. Di samping cara lain bekerja sebagai karyawan pada orang lain. Dan mungkin kamu juga tertarik pada bisnis online ini. Namun bisnis di ini memerlukan online yang kamu lakoni bisa menguntungkan.

Alasan Memilih

Bisnis online dapat dilakoni oleh semua kalangan seperti ibu-ibu, anak remaja, pengangguran, karyawan, buruh bangunan, pekerja pabrik, mahasiswa, pelajar, PNS, honorer, dan lain-lain. Ada banyak alasan bagi mereka untuk memilih online ini. Berikut ini beberapa alasan yang sering dilontarkan oleh mereka dalam memilih , antara lain :

  1. Menambah pemasukan keuangan

Bagi kalangan karyawan atau ibu rumahtangga banyak yang menekuni bisnis online ini sebagai alat untuk menambah pemasukan keuangan. Gaji mereka di kantor sudah tidak memenuhi dalam mencukupi kebutuhan keluarga di rumah. Begitupula bagi seorang ibu rumahtangga yang berusaha membantu penghasilan suami dalam mencukupi kebutuhan keluarga.

  1. Hobi

Ada sebagian orang yang memilih bisnis online berdasarkan hobi yang mereka miliki. Mereka hobi menulis artikel. Kemudian artikel itu dijual dan dibeli oleh orang. Hobi itu dapat menghasilkan uang yang bermanfaat bagi dirinya.

  1. Mandiri 

Alasan lain yang kerap dijadikan alasan untuk melakoni bisnis online ini adalah keinginan untuk bersikap hidup mandiri. Mereka tidak lagi ingin meminta uang pada orangtua. Mereka ingin mandiri dan membiayai kuliah dari keringatnya sendiri. Alasan ini pada umumnya dilontarkan oleh mereka yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan pelajar SMK atau SMA.

Rincian Biaya Modal Marketing

Untuk memulai bisnis online tidak seribet seperti yang dipikirkan orang. Yang penting adalah aksi dan aksi. Memulai bisnis online ini sangat sederhana dan mudah. Siapapun dapat melakukannya. Namun sama seperti usaha dalam dunia nyata, marketing memerlukan modal usaha. Berikut ini rincian biaya modal usaha marketing bagi pemula, antara lain:

  1. Koneksi

Bagi mereka yang mau bisnis online maka modal usaha utama yang perlu dipersiapkan adalah koneksi . Kamu bisa menggunakan koneksi secara gratis jika di daerah kamu terdapat area hotspot wifi gratis. Namun yang paling baik digunakan adalah membeli kuota data . Yang dimulai dari harga Rp 17 ribu sebesar 1,5 Gb selama satu bulan.

  1. Laptop atau ponsel android

Modal usaha berikutnya yang mesti dimiliki calon pelaku marketing adalah ponsel pintar atau laptop. 

 

Baca juga  Era Disrupsi Digital, Dampaknya terhadap Jurnalisme & Media

Cara Mindset Bisnis Online Yang Benar

Seperti dilansir oleh elevenconsignment.com bahwa yang sering dilupakan orang dalam memulai bisnis online adalah pola pikir yang benar. Tanpa mindset yang benar terkait bisnis online maka kamu akan sulit meraih kesuksesan. Kalau diumpamakan mindset yang benar terkait bisnis online adalah fondasi rumah. Dan fondasi rumah harus dibangun terlebih dahulu sebelum membangun bagian rumah yang lain.

Pola pikir yang salah terhadap bisnis online akan mengakibatkan langkah yang dilakukan ke depan semakin salah. Jika pola pikir terhadap bisnis online sudah benar maka segala usaha dan langkah di masa selanjutnya akan semakin mudah dan membuahkan hasil positif. Dari semua itu dapat dikatakan pola pikir yang benar terhadap bisnis online menentukan kesuksesan bisnis online di masa selanjutnya.

Lalu bagaimana jika kamu sudah memiliki pola pikir yang benar terhadap bisnis online tapi masih gagal? Kegagalan itu tidak akan menjadikannya terpuruk. Tapi ia bisa bangkit lagi untuk menapaki kesuksesan berkat mindset yang benar. Ia akan belajar dari kesalahan yang telah dilakukannya. Berdasarkan riset kesuksesan bisnis online 80 persen ditentukan mindset yang benar dan sisanya oleh sistem.

Lalu bagaimanakah contoh pola pikir yang benar terhadap bisnis online yang mendekatkan kepada kesuksesan? Berikut ini contoh mindset bisnis online yang benar, antara lain :

– Rezeki setiap orang berbeda-beda. Dan Tuhan sudah mengaturnya menurut kadar masing-masing

Rezeki orang dalam bisnis online tak sama. Dua orang melakukan jenis bisnis online yang sama. Namun hasilnya tak sama. Ada orang yang mendapatkan keuntungan lebih besar. Dan seorang lagi mungkin mendapatkan keuntungan lebih sedikit. 

Pada saat melakoni bisnis online mungkin kamu mendapatkan keuntungan sedikit. Maka itu rezeki kamu yang sudah ditentukan takarannya oleh Tuhan. Bersyukurlah dan teruskan ikhtiar dan doa. Sebaliknya jika kamu memperoleh keuntungan sangat besar dari bisnis online maka itu jatah kamu dan syukuri serta jangan lupa untuk berbagi dengan sesama.

-Tidak berharap cepat kaya dari bisnis online

Inilah kesalahan yang sering dialami oleh pebisnis online pemula. Mereka beranggapan bisnis online yang mereka jalani akan membuat mereka kaya secara mendadak. Bisnis online sama seperti bisnis dalam dunia nyata. Tidak ada kesuksesan yang instant. Apalagi bagi mereka yang malas-malasan. Bisnis online tidak menjanjikan seseorang cepat kaya dalam satu hari.

Terkadang pola pikir yang salah terhadap bisnis online digembar-gemborkan dengan iklan di media blog atau website. Iklan penjualan yang menawarkan suatu bisnis online yang menjanjikan kekayaan secara cepat. Contoh iklan promosi : hanya dalam satu minggu, kamu akan mampu menghasilkan ratusan juta rupiah.

Pola pikir yang benar terhadap bisnis online adalah tidak berharap kamu cepat kaya mendadak dari bisnis online. Semua mesti dibangun dari nol. Jadi apabila kamu beranggapan dari bisnis online akan cepat kaya mendadak maka kamu bisa memperbaiki mindset yang salah tersebut. Dengan cara berpikiran bahwa kesuksesan dalam bisnis online memerlukan waktu.

-Memerlukan proses untuk mendapatkan kekayaan

Mindset yang benar lainnya dalam bisnis online adalah berpikir bahwa untuk mendapatkan penghasilan atau kekayaan yang besar dari bisnis online membutuhkan proses dan perjuangan. Dan terkadang proses waktu dan perjuangan sangat lama. Ada yang baru sukses setelah memakan waktu puluhan tahun. Sehingga jika kamu mendengar ada salah seorang pelaku bisnis online yang sukses dan kaya maka kamu mesti melihat perjuangan dan prosesnya yang pasti lama dan memerlukan perjuangan keras.

Dari situlah kamu bisa memahami dan menolak mindset yang salah terhadap bisnis online. Seperti : Dalam satu minggu bisnis online google adsense menghasilkan Rp 100 juta. Bisnis online hanya ngeblog menghasilkan Rp 100 juta per bulan. Semua itu memerlukan proses dan membangun dasar dari nol. Apa yang kamu benih maka itulah yang akan kamu dapatkan di masa depan. 

-Mindset yang benar lainnya, dalam menekuni bisnis online pastinya kamu pernah merasakan kegagalan. Kegagalan itu mesti tidak membuat kamu terpuruk. Karena kegagalan bukanlah akhir semuanya. Kamu pasti sudah mengetahui cerita Kolonel Sanders yang mengalami kegagalan ribuan kali dalam menawarkan resep bumbu ayam goreng. Dan pada kali keseribu, ia mampu menawarkan bumbu ayam goreng hingga menjadi suatu bisnis raksasa di seluruh dunia.

Kamu bisa menyaksikan pula bagaimana percobaan yang dilakukan oleh Thomas Alva Edison yang mengalami kegagalan ribuan kali. Hingga ia mendapatkan kesuksesan dengan menemukan bola lampu pada keseribu percobaan. Jadi kegagalan yang kamu alami saat ini bukanlah kegagalan. Kamu bisa mulai bangkit lagi untuk menapaki puncak kesuksesan.

Demikianlah cara mindset marketing yang benar. Sehingga kamu bisa menjalani bisnis di dengan mudah dan menapaki keberhasilan secara gemilang.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Digstraksi Official

   

Digstraksi adalah platform untuk mempertemukan penulis independen & pembaca yang haus informasi.